Kawasaki Ninja ZX 25R Versi Balap Siap Saingi Honda CBR250RR

Kawasaki Ninja ZX 25R
Tampilan Kawasaki Ninja ZX 25R. Foto : net/ist

Kawasaki Ninja ZX 25R 4-silinder resmi diperkenalkan di negara asalnya Jepang. Informasi Ninja ZX 25R yang merupakan versi balapnya ini, dilaporkan di Yanmashi Web Motor Show belum lama ini.

Sebenarnya, Ninja 250 cc 4-silinder ini direncanakan diperkenalkan di Osaka pada 20 Maret, serta di Tokyo Jepang pada 28 Maret 2020.

Namun, karena adanya wabah virus Corona, akhirnya motor balap yang akan dipakai diajang One-Make race di negara Matahari terbit 2021 nanti itu baru terungkap.

Sementara itu, gara-gara wabah Covid-19 juga membuat debut Kawasaki Ninja ZX 25R di Indonesia terpaksa ditunda.

Sehingga para penggemar setia motor balap ini harus menunda keinginan memiliki Ninja 250 4 silinder, yang memiliki mesin dengan performa terbaik ketimbang saingannya.

Padahal, penggemar motor balap besutan pabrikan otomotof asal Jepang ini sudah menetapkan jadwal serta proses pemesanan atau inden, namun terpaksa juga harus direvisi.

Menurut beberapa sumber, bahwa peluncuran motor Ninja terbaru itu rencananya di Indonesia akan diluncurkan pada 4 April 2020, di acara pada Kawasaki Bike Week.

Namun, menurut kabar karena ditunda peluncurannya sehingga tidak sedikit bagian dari motor Kawasaki terbaru ini yang diganti. Hal itu guna menambah performa motor.

Spek Kawasaki Ninja ZX 25R

Kawasaki Ninja terbaru versi balapnya ini bisa diandalkan di track balap, sekaligus merupakan penantang dari Honda CBR 250 RR.

Pasalnya, mesin yang digunakan bersilinder 4 segaris berkubikasi 250 cc. Adapun mesin yang dipakai diperkirakan bertenaga maksimal sampai 46ps pada 15.000 rpm.

Sehingga, dengan begitu Kawasaki Ninja ZX 25R menjanjikan pengalaman mengedarai motor balap yang mengesankan, serta dan lebih dari versi biasanya.

Terlebih, motor besutan Kawasaki ini dibekali dengan komponen spesial, yang dirancang khusus supaya melaju kencang di lintasan sirkuit.

Bodi dan Aerodinamika

Hampir semua bodi Kawasaki Ninja terbaru ini berbahan serat karbon. Bodinya tersebut bertudung buta, serta terdapat beberapa aerodinamika dan air intake guna mendongkrak tenaga.

Bodi Kawasaki Ninja ZX 25R juga tetap memakai grafis bawaan berwarna hitam, dengan striping sarang lebah.

Sementara seat cowl, cowl model balap, serta tank pad-nya berasal dari pembuat aksesoris A-TEC.

Jika melihat dari gambar Kawasaki Ninja balap ini akan kelihatan motor yang indah. Seperti visor yang dipasang lebih tinggi serta sedikit melengkung dari standar.

Pemasangan tersebut berkaitan dengan aerodinamika ketika melaju di sirkuit. Pasalnya, motor terbaru Kawasaki ini merupakan motor balap.

Untuk spidometer-nya adalah bawan pabrik, akan tetapi dibalut cover dengan bahan serat karbon.

Sedangkan pada bagian pencahayaan utama, Kawasaki Ninja ZX 25R menggunakan dual-keen LED headlight serta stoplamp yang tertutup sangat rapi.

Selain itu, dipasang juga hand protector untuk menjaga keselamatan pengendara. Untuk hembusan anginnya yang dari depan hanya dapat melalui lubang di bawah visor.

Motor balap besutan Kawasaki ini juga ditambah pirantu untuk bagian pengereman. Dipasangkan air scoop guna mengaliran angin menuju kaliper.

Fungsi dari air scoop adalah untuk meredam panas dari jepitan kampas rem menuju ke piringan cakram. Air scoop serta sepatbor bagian depan juga dari bahan serat karbon.

Suspensi

Pada sektor suspensi di bagian depan, tetap menggunakan upside down plus Separate Function Fork-Big Piston, yang bisa meredam dengan baik ketika di sirkuit.

Akan tetapi untuk belakangnya sama seperti yang ada pada Kawasaki Ninja ZX 10R, yang dapat diatur tingkat rebound serta compression.

Karena Kawasaki Ninja ZX 25R, maka ban yang digunakan juga khusus mengaspal di sirkuit, yaitu memakai ban besutan brand Dunlop tipe Sportmax, baik di depan atau belakang.

Sementara untuk mendukung pengendara di lintasan balap, maka injakan kakinya atau  footstep menggunakan aftermarket lansiran Sniper, yang posisinya bisa dirubah sesuai keinginan.

Gear Set dan Rantai

Untuk bagian gear set serta rantainya menggunakan punya RK, yang berasal dari Jepang dan sudah terkenal serta terpercaya di ajang MotoGP.

Sistem pembuangan memakai unit besutan Beet Nassert-R Evolutin Type II. Sedangkan sparepart seperti dudukan plat nomor, spion atau sepatbor belakang tidak dipakai.

Meski belum diluncurkan secara resmi, namun yang pasti Kawasaki Ninja ZX 25R membawa fitur canggih, seperti Power Modes, Kawasaki Quick Shifter, serta Kawasaki Traction Control. (Adi/R5/HR-Online)