Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A31, Ponsel yang Pas untuk Pemula

Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A31

Kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31 perlu diketahui untuk yang ingin membeli smartphone ini. Pasalnya, meski HP OPPO A31 ini adalah produk yang bagus, namun tidak menutup kemungkinan ada kekurangannya.

OPPO A31 merupakan smartphone yang masuk dalam kelas entry level. Ponsel besutan vendor China ini, membawa spek yang sangat mumpuni.

Selain itu, seri A31 ini adalah salah satu dari varian A besutan OPPO yang tentunya dibekali dengan teknologi canggih.

Sedangkan kehadiran di pasar ponsel Indonesia, OPPO A31 mulai masuk pada Februari 2020 lalu, dengan menargetkan pangsa pasar pengguna pemula.

Dengan targetnya tersebut, tentu smartphone tersebut dijual dengan harga terjangkau. Yang pasti ada kelebihan dan kekurangan dari HP OPPO A31 ini.

Lantas apa saja kelebihan serta kekurangannya itu? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan dari HP OPPO A31

Produk-produk OPPO keluaran sekarang semakin berkembang, terutama dari teknologi yang dibawanya, seperti kamera, RAM serta prosesor.

Sehingga tidak salah jika OPPO terus bertengger di peringkat 5 besar, dalam hal penjualan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

RAM Besar

Tidak disangsikan lagi jika penjualan HP OPPO A31 saat ini termasuk laris manis. Hal itu dikarenakan di dalamnya dibekali dengan spek yang mumpuni.

Seperti pada sektor RAM yang memiliki kapasitas besar. Tidak tanggung-tanggung seri A31 ini dipasang RAM dengan kapasitas 4 GB.

Dengan besaran memori atau RAM seperti itu, maka performa dari ponsel ini akan kencang, serta tidak bakalan mengalami lag atau masalah.

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31, terlebih dulu mengupas keunggulan dari smartphone yang baru hadir di Indonesia ini.

Selain RAM yang besar, OPPO A31 juga menyediakan penyimpanan internal yang gede, sebesar 128 GB.

Internal memori yang besar tersebut, maka Anda bisa menyimpan berbagao macam file, mulai dari lagu, film, sampai foto atau berkas lainnya.

Apabila ROM itu masih kurang besar, Anda bisa menambahnya dengan menggunakan slot eksternal menggunakan microSD, yang besarannya maksimal 256 GB.

Kamera Terbaik

Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31 tidak lepas dari kamera yang dibawanya.

Namun, untuk kamera pada ponsel OPPO A31 bukanlah sebuah kekurangan, melainkan bisa dikatakan keunggulan lain yang dimilikinya.

Smartphone ini membawa tiga kamera di belakang. Masing-masing 12 MP lensa utama, kemudian 2 MP untuk portrait serta 2 MP kamera makro.

Keunggulan dari kamera makronya itu sanggup mengambil atau menangkap objek bidikan foto dari jarak fokus minimal empat centimeter.

Namun jangan khawatir tentang hasilnya, karena tetap memberikan hasil yang lebih tajam sampai ke detail terkecil.

Sedangkan sensor kedalaman pada kamera OPPO A31 ini, dapat menghasilkan lebih banyak potret yang hasilnya menakjubkan.

Kelebihan kamera HP Oppo A31 bukan hanya itu. Perangkat ini juga memiliki beragam fitur kamera menarik.

Seperti portrait style terbaru serta dazzle color mode, yang pasti kualitasnya tidak hampir mirip dengan smartphone OPPO kelas premium.

Nah untuk kamera depan juga bisa memuaskan pecinta selfie. Sebab, HP ini dibekali dengan kamera selfie beresolusi 8 MP, ditambah dibekali teknologi AI Beautification.

Baterai Besar

Selain kamera dan RAM, kelebihan HP OPPO A31 juga tidak lepas dari baterai yang dipasang.

Penyimpanan baterai OPPO A31 berkapasitas besar, yaitu 4230 mAh. Dengan besarnya baterai tersebut maka dapat menikmati video HD hingga 14 jam lebih, serta bermain game hingga 7 jam lebih.

Prosesor Kompatibel Dengan Ponsel

Selain itu, kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31 juga tidak melupakan kemampuan otaknya. Pasalnya, otak ini sebagai inti dari performa dan kinerja ponsel.

Dengan menggunakan prosesor MediaTek Helio P35 Octa-Core dengan kecepatan 2.32 GHz, maka ponsel ini sangat kompetibel dengan perangkat.

Sehingga, prosesornya itu tidak cuma lancar ketika dipakaio bermain game atau memutar video, namun juga dapat mengelola konsumsi daya baterai sampai serendah mungkin.

Kelebihan lainnya dari OPPO A31 adalah memakai dedicated slot yang dapat menampung dua SIM Card, serta 1 microSD.

Kekurangan HP OPPO A31

Masih membahas kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31. Untuk kekurangannya terlihat pada tampilan desain bodi yang masih monoton biasa-biasa saja.

Tidak seperti HP OPPO A12 yang bodi belakangnya sangat menarik seperti gambar potongan berlian, dan gradasi warnanya juga pas.

Sedangkan untuk OPPO A31 di bagian belakang terlihat polos, tidak ada embel-embel apapun. Sehingga terlihat monoton atau biasa-biasa saja.

Kekurangan lainnya, meski kapasitas baterai begitu besar akan tetapi sayangnya tidak dibekali dengan fitur fast charging atau pengisian cepat.

Kemudian bagian layar memang berukuran besar yakni 6,5 inci, plus desain terbaru Nano-Waterdrop Notch untuk memasang kamera depan.

Sayangnya untuk resolusi 1600 x 720 piksel atau HD+, tentu tidak masih jauh di bawah standard sebagai ponsel kekinian.

Dengan mengulas kelebihan dan kekurangan HP OPPO A31, bisa dijadikan referensi Anda yang ingin memiliki perangkat ini. (Adi/R5/HR-Online)