Kelebihan HP Redmi 8, Smartphone 1 Jutaan dengan Baterai Jumbo 5.000 mAh

Kelebihan HP Redmi 8 bisa bikin kamu jatuh hati untuk memilikinya. Photo: Net/Ist.
Kelebihan HP Redmi 8 bisa bikin kamu jatuh hati untuk memilikinya. Photo: Net/Ist.

Kelebihan HP Redmi 8 bisa bikin kamu jatuh hati untuk memilikinya. Selain memiliki spesifikasi yang mumpuni dengan baterai jumbo, HP Redmi 8 juga dibandrol harga sangat terjangkau, yakni hanya 1 jutaan.

Smartphone pabrikan asal Tiongkok ini menjadi salah satu produk yang spesial dibandingkan dengan pendahulunya, Redmi 7.

Hal itu karena Xiaomi membekali Redmi 8 dengan desain yang lebih fresh, tahan cipratan air, chipset yang handal, hingga baterai berkapasitas besar di atas rata-rata.

Hanya dengan harga Rp 1 jutaan, kamu sudah bisa menikmati semua kelebihan tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan maupun kekurangannya, berikut ini ulasannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber;

Kelebihan HP Redmi 8

Baterai Jumbo

Smartphone dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh saat ini sudah dianggap biasa, dan Xiaomi menyadari akan hal tersebut dengan menghadirkan yang spesial pada penerus Redmi 7.

Redmi 8 dengan kapasitas baterai 5.000 mAh menjadi salah satu smartphone murah yang memiliki kapasitas daya baterai sebesar itu.

Chipset Handal

Kelebihan HP Redmi 8 juga ada pada chipset yang dibawanya, yakni Snapdragon 439 dari Qualcomm. Memang bukan sebuah prosesor super canggih dan bertenaga tinggi, namun chipset ini sangat bisa diandalkan.

Kalau dibandingkan dengan beberapa ponsel pendahulunya, perangkat mobile ini memiliki performa yang terbilang cukup kuat di kelasnya berkat clockspeed yang mencapai 1,95 GHz.

Proses fabrikasi dengan mengandalkan teknologi manufaktur 12 nm membuat smartphone ini mampu mengirit konsumsi daya.

Kapasitas Penyimpanan Cukup

Smartphone ini dibuat untuk penggunaan yang tidak terlalu intens bermultimedia atau bermain game online.

Oleh karena itu kapasitas penyimpanan yang disematkan pada Redmi 8 ini tidak terlalu besar, namun sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan aktivitas harianmu.

Dengan RAM 3GB/4GB dan memori internal 32GB/64GB sepertinya sangat cukup untuk sebuah smartphone low-end.

Fitur Perlindungan Ekstra

Sangat jarang ditemukan ada perusahaan ponsel yang mau membekali fitur perlindungan ekstra pada smartphone low-end.

Namun, Xiaomi berani memberikan fitur tersebut pada HP Redmi 8. Perangkat ini dibekali fitur yang mampu tahan terhadap cipratan air. Fitur ini biasanya cuma ada pada smartphone kelas menengah.

Bukan hanya itu, untuk ketangguhan dan ketahanan layarnya, perangkat ini juga sudah dilengkapi kaca Corning Gorilla Glass 5 yang tergolong kuat.

Sistem Operasi Terbaru

Kelebihan HP Redmi 8 berikutnya adalah penggunaan sistem operasi terbaru. Ini menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah smartphone.

Pasalnya, dengan sistem operasi terbaru akan memudahkan dalam penggunaan ponsel pintar di masa kini.

Saat ini, setiap smartphone baru pabrikan Xiaomi sudah dibekali sistem operasi terkini, termasuk Redmi 8. Xiaomi juga bakal konsisten memberikan update secara berkala pada jajaran ponsel buatannya.

Fast Charging dan USB Type-C

Baterai berkapasitas jumbo yang dimiliki HP Redmi 8 juga sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging berdaya cepat 18 Watt.

Fitur tersebut untuk memastikan sumber tenaga pada perangkat ini dapat diandalkan dengan sempurna.

Selain itu, Redmi 8 juga sudah mendukung port USB Type-C, sehingga waktu pengisian daya baterainya bisa lebih dipercepat.

Kamera Layak Diperhitungkan

Meski hanya memiliki dual lensa kamera, namun kemampuan kamera utama 12 MP pada HP Redmi 8 tak bisa disepelekan.

Dengan bukaan lensa yang cukup lebar, yaitu f/1.8, maka secara teknis smartphone ini mampu menangkap gambar lebih jelas meski dalam kondisi yang minim cahaya.

Selain itu, dalam memotret gambar, kemampuannya juga telah disempurnakan dengan disematkannya fitur dual pixel phase detection autofocus (PDAF).

Varian Warna Menarik

Kelebihan HP Redmi 8 lainnya yaitu memiliki tiga varian warna yang sangat menarik, yakni Ruby Red, Sapphire Blue, dan Onyx Black.

Selain itu, dengan kilapan warna yang memukau di bagian body belakangnya juga membuat tampilan Redmi 8 semakin eye-catching.

Harga Sangat Terjangkau

Dengan menghadirkan sederet kelebihannya itu, Xiaomi membandrol harga untuk HP Redmi 8 dengan sangat terjangkau.

Untuk varian tertinggi pada smartphone ini dibandrol harga hanya Rp 1,5 jutaan saja. Harga yang sangat murah ini membuat banyak orang tak perlu berpikir panjang lagi untuk membelinya.

Kekurangannya

Di samping kelebihannya, HP Redmi 8 memang memiliki kekurangan, namun itu tidak mempengaruhi pada performanya.

Kekurangan dari perangkat ini adalah body yang terlalu tebal, yakni 9,4 mm, sedangkan layarnya seluas 6,22 inci.

Hal ini membuat kenyamanan menggenggam smartphone dengan satu tangan sedikit terganggu jika digunakan berlama-lama.

Namun, kekurangannya ini hanyalah faktor kecil dan jarang sekali disadari para penggunanya. Itu sangat wajar, karena perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang begitu besar. (Eva/R3/HR-Online)