Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Ini yang Bisa Kamu Lakukan
Kesulitan daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id, ini yang bisa kamu lakukan. Foto:Ist/Net

Kesulitan daftar kartu pra kerja? Memang, saat ini banyak masyarakat yang mengaku kesulitan saat mendaftar kartu pra kerja di laman www.prakerja.go.id.  Hal tersebut pun Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky.

Dia mengakui jika saat ini para peserta banyak yang mengalami kesulitan saat daftar kartu pra kerja. Animo masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut sangat tinggi. Bahkan sejak dibuka Sabtu 11 April 2020 kemarin, pendaftar sudah mencapai 2 juta orang.

Bahkan menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, karena membludaknya peserta yang mengakses website prakerja.go.id, pemerintah sampai harus menambah kapasitas servernya. Kata dia, pernah dalam satu menit pendaftar kartu pra kerja mencapai sekitar 80 ribu orang secara bersamaan. Itulah mengapa sering terjadi kesulitan daftar kartu pra kerja.

Selain menambah server, hal teknis lainnya juga mendapat perbaikan, seperti pada verifikasi surel dan unggah foto. Airlangga pun meminta kepada masyarakat untuk memaklumi jika memang masih terjadi kesulitan mendaftar kartu pra kerja pada awal pembukaan.

Kesulitan Daftar Kartu Prakerja, Datangi Kantor Dinas Tenaga Kerja

Untuk kamu yang mengalami kesulitan daftar kartu prakerja di di www.prakerja.go.id, kamu bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja di daerahnya masing-masing seluruh Indonesia. Nantinya, petugas dari Dinas Tenaga Kerja akan membantu kamu dan memfasilitasi kamu selama proses pendaftaran.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemda melalui Dinas Tenaga Kerja akan menyediakan beberapa unit komputer dan membantu mendampingi kamu yang sebelumya kesulitan mendaftarkan diri sebagai peserta kartu pra kerja.

Hanya saja, Airlangga mengimbau, pendampingan terhadap masyarakat yang ingin mendaftar secara tatap muka dengan petugas harus tetap menerapkan protokoler covid-19.

Nah jika kamu kesulitan daftar kartu pra kerja, kamu bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja masing-masing Kabupaten/Kota tempat kamu tinggal. Cari tahu dan minta bantuan kepada petugas berwenang.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Masih Terbuka, Siapa Saja Boleh Daftar

Sementara itu, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky mengatakan, saat ini pendaftaran kartu pra kerja masih dibuka untuk siapa saja yang ingin mendaftar.

Kata dia, pendaftaran kartu pra kerja tidak dibatasi. Jika masyarakat kesulitan daftar kartu pra kerja, maka bisa menghubungi nomor layanan masyararakat kartu pra kerja 021-25541246.

Sebagai Informasi pendaftaran kartu Prakerja resmi dibuka Sabtu (11/4/2020) lalu. Pendaftaran gelombang pertama dilakukan mulai dari 11 sampai 16 April 2020. Peserta lolos pendaftaran akan  diumumkan tanggal 17 April 2020. Setiap minggunya, peemrintah menyiapkan kuota sebanyak 164.000 peserta kartu pra kerja.

Panji Winanteya Ruky, pendaftaran kartu pra kerja akan dilakukan hingga akhir bulan September 2020. Direncanakan, selama tahun 2020 ini, pemerintah akan merekrut 30 gelombang pendaftar kartu pra kerja. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk program kartu pra kerja dengan target 5,6 juta penerima manfaat.

Kesulitan Daftar Kartu Pra Kerja, Begini Caranya

Bagi kamu yang belum bisa mendaftarkan diri sebagai peserta kartu pra kerja, berikut kami uraikan syarat dan cara daftarnya. Kriteria peserta kartu pra kerja harus WNI yang berusia minimal 18 tahun saat mendaftar dan tidak sedang mengikuti pelatihan ataupun pendidikan formal.

Kamu yang mendaftar secara online terlebih dulu harus membuka website resmi www.prakerja.go.id.  Kemudian membuat akun dan mendaftarkan diri sebagai calon peserta. Dalam pendaftaran, kamu akan dites kemampuan dasar dan motivasi.

Bagi kamu yang kesulitan daftar kartu pra kerja dan dinyatakan belum lolos pada pendaftaran gelombang pertama, kamu bisa melakukan pendaftaran kembali, caranya mudah kamu hanya perlu membuat akun pra kerja yang baru, lalu kembali mendaftarkan diri di website resmi prakerja.go.id. Peserta yang belum lolos bisa kembali daftar  namun tidak perlu mengulang dari awal, nanti akan aada petunjuknya dari web resmi.

Kamu pun bisa menghubungi nomor telepon layanan Kartu Pra Kerja (021) 25541246 pada hari Senin sampai Jumat mulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 19.00 WIB, atau mengirim e-mail di alamat info@prakerja.go.id.

Pelatihan Secara Online

Diberitakan sebelumnnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selama masa darurat pandemi Corona, peserta yang lolos pendaftaran kartu pra kerja akan mengikuti pelatihan secara online, dan tidak dulu dilakukan di balai latihan kerja (BLK).

Kata dia, jika pandemi corona sudah selesai, maka pelatihan program kartu pra kerja dapat dilakukan di balain latihan kerja (BLK) di 4 wilayah yang tsudah ditetapkan menjadi lokasi pelaksanaan program Kartu Pra Kerja tahun 2020 ini. Keempat wilayah tersebut yakni Kepulauan Riau, Bali, Surabaya dan Sulawesi Utara.

Sedangkan, pelatihan secara online yang diikuti para peserta selama masa pandemi corona, bisa mengakses website kapan saja dan dimana saja.  Nah itulah beberapa solusi jika kamu kesulitan daftar kartu pra kerja. Selamat mencoba, semoga sukses.(Jujang/R8/HR Online)