Lemon dan Teh Bunuh Corona? Para Ahli Tegaskan Kebenarannya

Lemon dan Teh Bunuh Corona
Ilustrasi Lemon dan Teh Bunuh Corona. Foto: Istimewa

Lemon dan teh bunuh Corona? Banyak informasi yang tersebar mengenai obat-obatan herbal yang dapat menangkal virus Corona.

Dalam hal ini, disebutkan bahwa SARS-CoV-2 dapat mengakibatkan penyakit Covid-19. Salah satu bahan alami yang dikabarkan dapat menangkal penyakit tersebut adalah teh dan juga lemon.

Kedua bahan tersebut dicampur dan kemudian dikonsumsi selagi hangat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan dan juga membunuh Corona. Lalu apakah benar?

Lemon dan Teh Bunuh Corona? Begini Penjelasannya

Demi menjaga sistem kekebalan imun dalam tubuh di tengah masa pandemi Covid-19 ini, salah satu hal utama yang sangat dianjurkan adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

Baca juga: Uji Klinis Obat Covid-19 Remdesivir Memberikan Hasil Menggembirakan

Akan tetapi, tak jarang dalam kalangan masyarakat beredar informasi mengenai makanan dan juga minuman yang dianggap mampu membunuh virus Corona pada tubuh.

Jika berbicara seputar obat herbal yang dapat digunakan sebagai penangkal virus Corona, baru-baru ini beredar kabar berupa narasi teks hoaks yang menjelaskan bahwa campuran lemon dan teh basmi Corona.

Klaim bahwa lemon dan teh bunuh Corona tersebut adalah hoaks. Akan tetapi, lemon dan juga teh memiliki berbagai manfaat yang baik ketika rutin dikonsumsi.

Manfaat Teh Bagi Tubuh

Beredarnya kabar bahwa lemon dan teh bisa menangkal Corona memang sempat menggegerkan publik. Sebenarnya manfaat teh tidak jauh berbeda dengan kandungan lemon.

Teh memang memiliki kandungan antivirus, antibakteri, antiperadangan, antijamur, dan juga antioksidan yang sangat tinggi.

Kafein, teofilin, karbohidrat, serta protein ada di dalam teh. Kandungan yang berada di dalam teh juga cukup tinggi akan zat tanin yang bermanfaat sebagai penurun gula darah secara alami.

Dibalik kabar hoaks terkait lemon dan teh bunuh Corona, anda perlu memperhatikan aturan minumnya. Untuk minum teh, sebaiknya jangan setelah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi.

Hal ini disebabkan karena kandungan zat gizi yang terdapat dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi ke dalam usus.

Manfaat Lemon Sebagai Sumber Vitamin

Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa lemon memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Diantara vitamin tersebut adalah vitamin C, antioksidan, antiperadangan, antibakteri, asam sitrat, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, serta memiliki kandungan senyawa mineral yang lainnya. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam lemon bahkan mampu untuk melarutkan lemak.

Kandungan lemon apabila dicampur dengan teh mampu memberikan zat aktif yang mempunyai sifat antivirus dan dapat mengurangi gejala batuk ringan. Akan tetapi, manfaat lemon dan teh bunuh Corona belum dapat dibuktikan secara langsung kebenarannya.

Penelusuran Tentang Khasiat Teh dan Lemon

Lemon dan teh basmi Corona? Hoaks atau fakta? Untuk diketahui, mengkonsumsi lemon dan juga teh panas tidak dapat menyembuhkan Corona.

Para ahli mengatakan, mengkonsumsi lemon dan juga teh panas yang mampu menyembuhkan virus Corona nyatanya belum terbukti kebenarannya.

Baca juga: Vaksin Virus Corona yang Sedang Diuji Klinis di WHO, Apa Saja?

Hasil penelusuran yang selanjutnya dilakukan dengan metode pencarian Google Search dengan cara memasukkan kata kunci lemon jeruk nipis Corona.

Hasil dari metode penelusuran kabar mengenai lemon dan teh bunuh Corona, memang terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai manfaat lemon dan juga jeruk nipis bagi kesehatan tubuh, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam buah lemon, terdapat sebuah senyawa bergolongan flavonoid yang salah satunya adalah hesperidin. Hesperidin inilah yang disinyalir mampu memberikan perlindungan terhadap mikroba serta virus.

Kita dapat menemui senyawa ini di kulit buah jeruk. Semua kulit jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus selalu menggunakan jeruk buah, anda juga dapat memanfaatkan kulit jeruk nipis atau jeruk lemon.

Kandungan lemon hanya mampu mencegah virus dan bukan untuk membunuh virus yang ada. Sehingga beredarnya kabar lemon dan teh bunuh Corona adalah kabar palsu karena belum terdapat bukti yang signifikan.

Baca juga: Gejala Baru Corona Bintik Merah dengan Rasa Gatal yang Berlebihan

Benarkah Pesan Berantai yang Tersebar Soal Teh dan Lemon Berasal dari Palestina?

Beredarnya pesan berantai yang berisikan lemon dan teh basmi Corona kabarnya berasal dari negara Palestina. Dalam pesan tersebut, menjelaskan bahwa tidak ada masyarakat Palestina yang meninggal akibat virus pandemi ini.

Akan tetapi, setelah dilakukan penelusuran Palestine Covid-19 lemon, tidak ada arah yang menunjukkan bukti kebenaran yang mendukung klaim berita yang tersebar di WhatsApp.

Klaim serupa terkait lemon dan teh bunuh Corona ternyata juga menyebar di banyak negara tetangga yang lainnya. Bedanya, bukan Palestina yang dijelaskan, melainkan Israel. (R10/HR-Online)