Longsor di Rajadesa Ciamis Timbun Sungai Cijolang Berbatasan dengan Kuningan

Longsor di Rajadesa Ciamis Timbun Sungai Cijolang
Material longsor menimbun sungai Cijolang di Blok Loa, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kamis (9/4/2020). Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamis, Kamis (9/4/2020), sekitar pukul 22.00 WIB, memicu longsor di Blok Loa, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa.

Akibatnya, material longsoran tanah perkebunan milik warga kurang lebih 5 hektare itu, menutupi sungai Cijolang yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

Menurut Kepala Desa Sukajaya, Uju Jumadi, selain menutupi sungai Cijolang, longsoran tersebut juga mengancam wilayah pemukiman penduduk yang berada di Dusun Walabar, Kabupaten Kuningan.

“Sebab, material longsor masuk ke wilayah pemukiman penduduk,” ucapnya kepada HR Online, Jum’at (10/4/2020).

Uju menambahkan, saat ini petugas dari BPBD Kabupaten Kuningan sudah datang ke lokasi kejadian, untuk mengevakuasi material tanah longsor di wilayah pemukiman penduduk.

“Sementara kami dari pihak pemerintah desa sudah melaporkannya baik ke tingkat kecamatan maupun kabupaten,” katanya.

Sedangkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, Pemdes Sukajaya sudah mengirimkan petugas, aparat desa dan masyarakat untuk berjaga-jaga di lokasi kejadian.

Meski longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Rp. 500 juta. (Edji/R5/HR-Online)