Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisLSM dan Ormas Bersatu Lawan Covid-19 di Cipaku Ciamis

LSM dan Ormas Bersatu Lawan Covid-19 di Cipaku Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Beberapa LSM dan Ormas yang ada di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis mendeklarasikan Aliansi LSM Ormas Bersatu Lawan Covid-19, Senin (7/4/2020). Deklarasi tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan (Sekmat) Cipaku.

“Pada 6 April 2020, kami LSM dan Ormas Cipaku berembuk untuk membuat relawan Covid-19,” kata Hendra Sundara yang ditunjuk sebagai penasehat.

Tujuan dari deklasari LSM Ormas Bersatu tersebut, lanjut Hendra dalam rangka membantu para relawan lain yang saat ini kewalahan dalam pencegahan Covid-19.

“Kami ingin membantu relawan lain yang saat ini mungkin cukup keteteran dalam melakukan antisipasi penularan Covid-19,” ungkap Hendra.

Karena alasan tersebut, LSM dan Ormas yang ada di Cipaku kemudian membentuk tim Aliansi LSM Ormas Bersatu Lawan Covid-19 tahun 2020 bersama Sekmat Cipaku.

Hendar menegaskan nantinya para anggota aliansi akan membantu pemerintah dalam menyosialisasikan cara hidup sehat, termasuk cara menangkal Covid-19.

“Intinya alinsi siap berjibaku membantu pemerintah dalam bersosialisasi pada warga, bagaimana cara hidup sehat demi menangkal penularan Covid -19,” katanya.

Ketika ditanya apakah akan ada bantuan pangan untuk warga yang terdampak Covid-19, Hendra menjawab terkait hal tersebut masih perlu dibahas oleh pengurus.

“Memang belum sampai ke sana, hari ini baru pembentukan struktur kepengurusan, termasuk saya tadi memandu rapat untuk pembentukan pengurus. Sedangkan segala rencana dan program mungkin besok akan dibahas lagi dalam rapat,” tandasnya.

Baca Juga: Social Distancing Ala Petani di Cipaku Ciamis

Pantauan HR Online, dari struktur organisasi terlihat penanggung jawab Aliansi adalah pihak Muspika Kecamatan, sementara penasihat selain Hendra Sundara, terdapat nama Oih Burhanudin, politisi PDIP sekaligus anggota DPRD Ciamis, serta nama-nama lainnya.

Sementara untuk jabatan ketua, aliansi LSM Ormas Bersatu Lawan Covid-19 ini dipimpin oleh Asep Somantri. (Edji/R7/HR-Online)