Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariLuar Biasa, PKM Banjarsari Ciamis Bikin APD dari Plastik Mika

Luar Biasa, PKM Banjarsari Ciamis Bikin APD dari Plastik Mika

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Di tengah minimnya alat pelindung diri (APD), karyawan Puskesmas Banjarsari, Kabupaten Ciamis, mampu menciptakan masker transparan dengan menggunakan plastik mika. 

Kepala Puskesmas Banjarsari, Agus Sudarisman, mengatakan, karyawannya yang kreatif membuat APD dari bahan baku plastik mika itu, dikarenakan minimnya APD untuk tenaga kesehatan.

“Alat pelindung yang dibuat oleh dokter yang bertugas di Puskesmas Banjarsari, sangatlah membantu bagi karyawan kami yang melakukan pemeriksaan terhadap para pasien,” katanya kepada HR Online sambil memperlihatkan masker buatan karyawannya, Senin (6/4/2020).

Terlebih, lanjutnya, alat bantu ini sangat simple dan aman untuk digunakan. Selain itu, warnanya transparan dan nyaman saat digunakan.

Agus menuturkan, awal mula karyawannya membuat masker tersebut, terinspirasi dari minimnya APD bagi tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Banjarsari selama ini. 

“Model alatnya itu bukan masker. Namun alat pelindung seperti halnya kaca helm,” tuturnya.

Menurutnya, masker transparan ini bisa dipakai saat petugas memakai seragam APD sebagai pelindung wajah, agar tidak terkontaminasi langsung oleh udara atau nafas pasien.

Dikatakan Agus, sejak mewabahnya virus Corona atau Covid-19, setiap puskesmas saat ini mengalami kekurangan APD.

Sehingga, para karyawan harus kerja lebih ekstra serta berpikir keras untuk menciptakan APD sendiri, demi menjaga kesehatan mereka. (Suherman/R5/HR-Online)

- Advertisment -