Makanan Penyebab Asam Urat yang Mesti Anda Hindari!

Makanan Penyebab Asam Urat yang Mesti Anda Hindari!
Makanan penyebab asam urat yang mesti anda hindari. Foto:Ist/Net

Tahukah kamu makanan penyebab asam urat? Mengalami sakit asam urat tentu sangat menyiksa diri. Asam urat atau dikenal dengan nama gout merupakan gejala nyeri sendi yang diakibatkan karena kadar asam urat dalam darah terakumulasi pada sekitar sendi dan membentuk sebuah kristal.

Memang tidak ada mnakanan yang menyebabkan asam urat secara pasti. Namun apabila kadar asam urat kamu sedang naik atau tinggi, sebaiknya kamu menghindari makanan-makanan yang menyebabkan asam urat.

Pada setiap tubuh manusia, terdapat zat yang namanya purin. Purin ini terbentuk secara alami. Purin ini juga terdapat pada beberapa jenis makanan tertentu. Saat tubuh akan memecah purin, tubuh secara otomatis memproduksi asam urat.

Maka semakin banyak kadar purin yang mesti dipecah, semakin banyak pula kadar asam urat yang mesti diproduksi oleh tubuh. Inilah yang menyebabkan asam urat kambuh. Lalu apa sajakah makanan penyebab asam urat yang mesti anda hindari?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut kami uraikan makanan-makanan yang menyebabkan asam urat:

10 Jenis Makanan Penyebab Asam Urat

  1. Jeroan

Makanan penyebab asam urat yang pertama yakni jeroan. Jeroan ini adalah makanan yang harus dihindari agar anda tidak merasakan sakit asam urat. Jeroan hewan sepert hati, ginjal dan otak hewan mengandung purin yang sangat tinggi yang bisa menyebabkan asam urat tinggi.

2. Daging Merah

Sama seperti jeroan hewan, daging merah seperti daging sapi dan domba, mengandung purin yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan asam urat naik. Untuk mengganti sumber protein, anda bisa mengganti daging merah dengan daging putih seperti daging ayam. Lebih bagus juga jika anda konsumsi sumber protein nabati seperti tahu dan tempe.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kacang panjang dan kacang polong juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat tinggi. Sama seperti daging merah dan jeroan, sayuran hijau tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sayuran hijau bisa menambah kadar asam urat dalam darah meski tak separah jeroan dan daging merah. Jika anda keukeuh ingin konsumsi sayuran hijau, konsumsi sewajarnya jangan berlebihan.

4. Ikan laut

Jenis ikan laut seperti sarden, kerang laut dan ikan teri masuk dalam daftar makanan penyebab asam urat tinggi. Hindari konsumsi ketiga makanan laut tersebut jika kadar asam urat Anda sudah tinggi. Ketiga makanan laut tersebut memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi akan menyebabkan kadar asam urat dalam darah naik.

Jika anda tetap ingin makan makanan laut, pilihannya yakni, lobster, kepiting. Makanan tersebut memiliki kandungan purin namun tak setinggi sarden, kerang dann ikan teri, sehingga bisa dikonsumsi dengan porsi terbatas.

5. Daging Kalkun dan Angsa

Selain daging merah, daging kalkun dan angsa juga termasuk dalam makanan penyebab asam urat tinggi yang mesti anda hindari. Daging angsa dan kalkun memang sangat nikmat, namun kandunga purin dalam dua daging unggas tersebut sangat tinggi.

Apabila kadar asam urat dalam tubuh anda tidak ingin naik, makan hindari konsumsi daging angsa dan kalkum. Kamu bisa konsumsi daging putih lainnya seperti daging ayam.

6. Minuman Manis

Minuman manis juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat tinggi. Minuman manis seperti minuman kemasan, minuman soda, dan minuman rasa buah, harus anda hindari agar kadar asam urat dalam darah tidak meningkat.

Minuman manis biasanya menggunakan gula jenis fruktosa yang bisa merangsang produksi asam urat berlebih pada tubuh. Fruktosa alami juga terdapat buah-buahan seperti pir, anggur dan kurma. Mulai saat ini hindari minuman manis dan batasi konsumsi buah yang mengandung fruktosa.

7. Produk Susu

Berbagai produk susu olahan, seperti susu, keju, eskrim ataupun yogurt merupakan makanan penyebab asam urat tinggi yang mesti anda batasi dan hindari konsumsinya. Berbagai hasil penelitian menyebut, makanan yang berasal dari olahan susu bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Jika anda tetap ingin konsumsi olahan susu, konsumsilah produk olahan susu yang rendah lemak atau yang benar-benar bebas dari lemak.

Nah itulah beberapa makanan penyebab asam urat tinggi yang bisa kami sampaikan. Mulai saat ini agar kadar asam urat dalam darah tidak naik, hindari makanan-makanan tersebut.

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Untuk menurunkan atau mengatasi penyakit asam urat memang ada sejumlah alternatif yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat yang disarankan. Berikut ini daftarnya.

  1. Buah Berries

Buah berries, seperti stroberi dan blueberry sangat baik dikonsumsi orang yang menderita asam urat. Kandungan nutrisi buah ini bersifat antiinflamasi yang tinggi sehingga baik untuk meredakan nyeri akibat asam urat. Jadi selain menghindari makanan penyebab asam urat, anda juga mesti rutin konsumsi buah-buah jenis berries.

2. Buah Apel

Buah apel diketahui banyak mengandung zat malat atau malid acid yang cukup efektif dalam menetralisir asam urat sekaligus meredakan nyeri yang ditimbulkannya. Makan buah ini secara rutin agar hasilnya efektif.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat juga termasuk buah yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Selain rendah gula, buah ini juga mampu memicu peningkatan sifat basa tubuh sehingga meredakan asam urat yang ada.

4. Buah Ceri

Selain anda mesti menghindari makanan penyebab asam urat, anda juga mesti mencoba konsumsi buah ceri. Buah ini memiliki rasa asam manis, namun buah ceri juga berkhasiat mencegah asam urat. Penelitian di Boston University menemukan buah ini mampu menurunkan kadar asam urat tubuh sekaligus menghancurkan kolesterol dan lemak jahat.

5. Buah Pisang

Pisang diketahui kaya kalium dan kadar alkali namun rendah gula. Kandungan ini sangat baik dalam mengurangi nyeri sendi dan asam urat tubuh. Konsumsi makanan untuk penderita asam urat ini secara rutin karena kaya nutrisi.

6. Buah Delima

Salah satu penyebab tinggi asam urat karena adanya plak dalam arteri. Nah, buah delima ternyata ampuh dalam mencegah dan menghilangkan plak sehingga bisa mengatasi gangguan nyeri akibat asam urat. Selain menghindari makanan penyebab asam urat, kami sarankan anda juga konsumsi buah delima.

7. Seledri

Sayuran yang satu ini juga kaya dengan flavonoid, apiol, dan glikosida yang efektif meredakan rasa nyeri sendi karena asam urat. Untuk hasil yang efektif, rebus sayuran ini dan minum airnya secara rutin.

8. Buah Wortel

Makanan untuk penderita asam urat yang juga aman dikonsumsi adalah buah wortel. Buah ini juga mengandung purin namun dalam kadar yang rendah. Meskipun aman sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi buah sayuran ini dan hindari makanan penyebab asam urat seperti sayuran hijau.

9. Jeruk Nipis

Di Indonesia, jeruk nipis umumnya dibuat minuman atau campuran jus. Kandungan asam sitrat buah ini ternyata ampuh dalam melarutkan asam urat. Konsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk mencegah dan meredakan nyeri akibat asam urat.

10. Teh Hijau

Minum secangkir teh hijau juga efektif untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Jenis teh yang populer sebagai minuman diet ini juga mampu meredakan dan mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Itulah berbagai jenis makanan penyebab asam urat tinggi dan juga beberapa makanan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...