Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Hindari!
Beberapa jenis makanan bisa menjadi pemicu timbulnya radang tenggorokan. Foto:Ist/Net

Tahukah kamu makanan penyebab radang tenggorokan? Mengalami radang tenggorokan tentu sangat menyiksa. Mengalami radang tenggorokan juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Saat mengalami radang tenggorokan, kamu akan sakit dan sulit menelan makanan atau minuman, tenggorokan terasa gatal dan terkadang disertai batuk. Radang tenggorokan sendiri merupakan kondisi dimana tenggorokan mengalami peradangan yang disebabkan infeksi pada bagian tenggorokan.

Radang tenggorokan ini ternyata bisa menular, salah satunya melalui kontak langsung dengan penderita. Kontak langsung bisa melalui ciuman ataupun penggunaan sikat gigi yang dipakai penderita radang tenggorokan. Lalu apa sajakah makanan penyebab radang tenggorokan?

Sebelum kita bahas apa saja makanan yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, akan kita bahas dulu apa itu radang tenggorokan?

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan yang dalam bahasa medisnya faringitis streptokokus, merupakan infeksi yang terjadi pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri,virus, ataupun reaksi alergi. Gejala yang akan dirasakan oleh penderitanya adalah nyeri tenggorokan, sakit dan sulit saat menelan, mengalami demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher, mengalami bercak kemerahan di langit-langit mulut, serta terjadinya pembesaran amandel.

Bagi kamu yang mengalami radang tenggorokan, jangan sepelekan penyakit ini. Selain mengganggu ketika kita makan, radang tenggorokan apabila dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti infeksi telinga, demam rhematik, radang ginjal hingga sinusitis.

Penyebab Radang Tenggorokan

Meski makanan bukan satu-satunya penyebab terjadinya radang tenggorokan, namun anda mesti menghindari makanan penyebab radang tenggorokan. Pada umumnya sakit radang tenggorokan diakibatkan adanya bakteri streptokokus grup A pada tenggorokan.

Namun, bakteri lain seperti N. gonorrhoeae, H. influenza dan C. diphtheria, bertanggungjawab juga sebagai pemicu radang tenggorokan.Selain itu, salah satu penyebab radang tenggorokan dipicu dari makanan yang anda konsumsi. Makanan tertentu yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan radang tenggorokan.

Lalu apa sajakah makanan penyebab radang tenggorokan yang mesti anda hindari?

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

  1. Makanan yang Pedas

Makanan pedas merupakan salah satu makanan penyebab radang tenggorokan. Anda mesru menghindari atau membatasi konsumsinya jika sedang tubuh sedang tidak fit. Anda yang menderita flu biasanya ingin makan makanan pedas, namun hal tersebut malah akan membuat infeksi pada tenggorokan.

Konsumsi makanan pedas secara berlebihan akan memicu terjadinya radang tenggorokan, apalagi jika Anda dalam kondisi yang tidak sehat. Batasi atau hindari dulu makanan pedas seperti sambal, cengkeh, lada hitam, bubuk cabai, pala, dan rempah-rempah yang memiliki rasa pedas jika anda sedang tidak fit.

2. Makanan asam

Selain makanan pedas, makanan penyebab radang tenggorokan yang kedua adalah makanan asam. Zat asam pada makanan asam bisa menimbulkan iritasi tenggorokan sehingga menimbulkan peradangan. Agar terhindar dari radang tenggorokan hindari makanan dan minuman asam seperti jeruk, asam jawa, acar dan cuka.

Untuk melegakan tenggorokan anda bisa mengonsumsi minuman rempah jahe dengan air hangat.

3. Makanan Kering dan Keras

Makanan yang kering, keras, dan memiliki tekstur kasar juga merupakan makanan penyebab radang tenggorokan. Konsumsi makanan keras dan kasar akan membuat tenggorokan luka dan kering.

Makanan-makanan keras yang mesti anda hindari konsumsinya sepertibiskuit, kacang-kacangan, kue kering, sereal atau sayuran mentah. Jika anda kekeuh ingin konsumsi makanan tersebut, cobalah melunakannnya dengan air putih sebelum mengonsumsinya.

4. Susu dan Berbagai Macam Olahannya

Susu juga merupakan salah satu makanan penyebab radang tenggorokan. Susu bisa mengingkatkan produksi lendir pada tubuh, dan memicu rasa gatal pada tenggorokan. Akibatnya, tenggorokan kamu akan mengalami peradangan atau luka.

Susu juga mengandung lemak sehingga bisa memperlambat proses pencernaan. Makanan olahan susu seperti keju dan yogurt juga perlu anda hindari konsumsinya jika tenggorokan anda sedang tidak sehat.

5. Makanan berminyak

Makanan yang mengandung minyak, seperti gorengan juga menjadi salah satu makanan penyebab radang tenggorokan. Dokter pun menyarankan untuk membatasi makanan berminyak bagi orang yang tubuhnya kurang sehat atau orang sehat sekalipun.

Makanan berminyak bisa memperburuk sakit tenggorokan yang anda derita. Selain itu makanna berminyak bisa memicu timbulnya penyakit mematikan seperti kolesterol, jantung, dan lainnya.

6. Kafein dan Alkohol

Anda yang mengalami sakit flu bisa saja konsumsi kopi hangat untuk menghangatkan badan. Namun kopi yang mengandung kafein justru akan membuat tenggorokan terasa gatal. Rasa gatal ini lama kelamaan akan membuat radang pada tenggorokan. Konsumsi alkohol selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, juga akan membuat tenggorokan kering

Makanan untuk Meredakan Radang Tenggorokan

Setelah kita paparkan beberapa makanan penyebab radang tenggorokan, kita akan ulas pula makanan yang bisa meredakan radang tenggorokan. Apabila anda terlanjur sakit atau mengalami radang tenggorokan, selain menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu radang tenggorokan, anda juga disarankan makan makanan yang bisa meredakan radang tenggorokan.

Selain Antibiotik yang biasa diberikan dokter untuk menyembuhkan radang pada tenggorokan, Anda juga bisa megonsumsi makanan-makanan atau bahan alami yang dapat meredakan radang tenggorokan seperti bawang putih, jahe, madu dan teh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki antibakteri dan antivirus yang jika dikonsumsi bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung ataupun disatukan dengan makanan lainya.

2. Jahe, Madu dan Teh

Campurkan jahe, teh dna madu dalam segelas air hangat lalu minum. Ramuan ini bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan. Jadi selain kamu harus menghindari makanan penyebab radang tenggorokan, kamu juga mesti rajin minum ramuan jahe, madu dan teh ini.

3. Pisang dan Jamur

Pisang dipercaya ampuh mengobati radang tenggorokan. Memiliki berbagai vitamin baik, pisang bisa anda konsumsi untuk meredakan radang tenggorokan. Sementara jamur memiliki kandungan sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan dan meredakan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan anda.

Nah itulah beberapa makanan penyebab radang tenggorokan yang bisa kami sampaikan. Selain anda menghindari makanan penyebab sakit tenggorokan, anda juga mesti konsumsi makanan sehat lainnya. Jangan lupa olahraga secara teratur agar terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...