Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelMakanan Penyebab Tumor Otak Ini Perlu Anda Waspadai!

Makanan Penyebab Tumor Otak Ini Perlu Anda Waspadai!

Makanan penyebab tumor otak mungkin belum banyak yang mengetahui. Padahal, sejumlah makanan yang kerap kita konsumsi, juga bisa memicu pertumbuhan sel tumor pada otak. Kasus kematian karena tumor otak di Indonesia cukup tinggi.

Tumor otak sendiri berbeda dengan kanker otak. Dokter spesialis saraf RSUD Wangaya Bali, dr I Ketut Sumada SpS, menyebut, tumor daging tumbuh tidak cepat menyebar dan tidak ganas. Tumor tak hanya tumbuh di otak, namun tumor bisa tumbuh di semua jaringan tubuh, termasuk organ dalam dan juga kulit.

Sedangkan, tumor akan disebut kanker apabila daging tersebut tumbuh dengan tingkat penyebaran yang begitu cepat setiap harinya. Sel kanker juga akan cepat menyebar ke organ lainnya lewat pembuluh darah. Lalu apa sajakah makanan penyebab tumor otak?

Perbedaan Tumor dan Kanker

Sebelum kita bahas makanan apa saja yang bisa menyebabkan kanker otak, kita akan jelaskan lebih jauh dulu perbedaan tumor dan kanker otak. Pertama, tumor dan kanker bisa dibedakan dari rentang waktu pertumbuhannya.

Tumor biasanya tumbuh perlahan-lahan dalam kurun waktu satu hingga dua tahun dan ukurannya akan tetap. Sedangkan kanker, biasanya akan terus tumbuh dengan cepat dalam hitungan bulan dan menjadi ganas hingga menyebar ke suluruh tubuh.

Sumada mengatakan, jika tumor ganas ditemukan pada stadium 1, maka potensi kesembuhannya akan lebih besar, berbeda dengan kasus tumor ganas yang ditemukan dudah stadium 3 atau lanjut, tingkat kesembuhannya sangat minim. Hal tersebut karena sel tumor telah menjalar ke organ-organ lainnya dalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya tumor otak, sebaiknya anda hindari dan batasi konsumsi makanan penyebab tumor otak sejak saat ini.

Lebih lanjut Sumada menjelaskan, untuk kasus tumor otak, lokasi asal penyebaran primer ataupun  sekunder harus ditemukan. Kata dia, penyebaran primer adalah penyebaran yang tumbuh secara murni pada bagian otak dan tidak ditemukan pada bagian lainnya.

Sedangkan penyebaran sekunder adalah penyebaran dari organ tubuh lainnya menuju ke otak. Untuk pendeteksian tumor otak dapat dilakukan dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan CT Scan.

Menurutnya tidak semua tumor bakal jadi kanker. Tumor itu benjolan yang jinak, sedangkan kanker benjolan yang ganas. Namun tumor yang mengarah ke kanker bisa saja terjadi, namun tidak semua ganas.

Tumor otak bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Maka dari itu, selain harus rutin olahraga dan memeriksakan diri ke dokter, anda juga perlu memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Bisa saja, apa yang anda mengonsumsi merupakan salah satu makanan penyebab tumor otak.

Makanan Penyebab Tumor Otak

Walaupun tumor otak penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun pencegahan harus dilakukan sejak dini. Salah satu cara mencegah tumor otak, yakni menghindari atau membatasi konsumsi makanan-makanan yang menyebabkan terjadinya tumor otak. Berikut kami rangkum makanan yang bisa menjadi penyebab tumor otak:

1. Daging Olahan

Mengonsumsi daging olahan seperti sosis, daging yang diawetkan, bacon dan peperoni, bisa meningkatkan resiko anda terkena tumor. Seperti dilansir Cancer Center, mengonsumsi 50 gram daging olahan setiap hari akan meningkatkan seseorang terkena tumor kolorektal atau kanker kolon.

2. Makanan dan Minuman Berpemanis

Selain berpotensi menimbulkan penyakit diabetes, makanan dan minuman berpemanis beresiko memicu pertumbuhan sel tumor. Riset terbaru menyebut bahwa gula bisa memberikan “makanan” untuk pertumbuhan kanker atau tumor. Untuk menghindari terkena kanker otak, mulai saat ini berhenti konsumsi makanan tidak sehat yang berbahan pemanis buatan seperti, aspartame, siklamat dan sakarin.

3. Olahan Serba Dibakar

Makanan penyebab tumor otak lainnya adalah bahan pangan yang diolah dengan suhu tinggi atau dibakar. Makanan yang melewati proses pembakaran ternyata bisa menjadi pemicu kanker. Saat bahan makanan dibakar, akan timbul zat karsinogenik atau sering disebut polycyclic aromatic hydrocarbon (PAHs).

Agar terhindar dari risiko timbulnya zat karsinogenik, ada baiknya jika anda masak makanan harus dengan suhu  rendah. Selain itu, batasi asupan makanan yang diolah dengan cara dibakar bara api langsung atau arang. Anda bisa memasak makanan dengan cara yang lebih sehat seperti mengukus, merebus ataupun memanggang makanan dengan suhu relatif rendah.

4. Produk Makanan Yang Terkontaminasi Pestisida

Makanan penyebab tumor otak lainnya yakni produk makanan yang terkena paparan zat kimia. Pun dengan buah dan sayuran yang terkontaminasi pestisida, ternyata bisa memicu tumbuhnya tumor bahkan kanker otak. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan darimana asal buah dan sayur yang hendak dikonsumsi. Pastikan pula anda mencuci sayuran dan buah dengan bersih.

5. Alkohol

Seseorang yang secara rutin mengonsumsi minuman beralkohol sangat bereriko terkena tumor atau kanker. Pecandu alkohol akan berpotensi terkena kanker tenggorokan, kanker payudara, kanker hati dan kanker kolon alias usus besar.

National Cancer Institute menyatakan semakin banyak volume alkohol yang dikonsumsi, akan meningkatkan resiko seseorang terkena kanker. Berdasarkan hasil studi, dari 600ribu pecandu alkohol di 19 negara maju di dunia, menyebut semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula seseorang berisiko terkena kanker yang berhubungan dengan pencernaan.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab tumor otak yang perlu anda waspadai. Mulai saat ini kurangi konsumsi makanan tidak sehat, perbanyak olahraga dan konsumsi sayuran, buah dan makanan sehat tanpa pengawet. Terimakasih, semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img