9 Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi untuk Kulit dan Tulang

makanan yang mengandung kolagen
Ilustrasi makanan yang mengandung kolagen. Foto: istimewa

Mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi tak hanya baik untuk membuat awet muda. Makanan sumber kolagen sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kekuatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh.

Kolagen adalah jenis protein yang sangat penting dalam menyusun dan menguatkan tubuh. Bahkan menurut Wikipedia, 30 persen total protein dalam tubuh adalah kolagen.

Kolagen berasal dari bahasa Yunani yang berarti menghasilkan pelekat atau bersifat lekat. Hal ini karena kolagen berbentuk serat yang sangat kuat dan lentur, bahkan mampu menahan tekanan.

Fungsi kolagen sangat penting dalam membangun struktur organik pada tulang, otot, sendi, gigi dan kulit. Secara alami tubuh akan memproduksi sendiri kolagen untuk menguatkan tubuh.

Namun seiring berjalannya usia, tubuh akan berhenti memproduksi kolagen sendiri. Karena itulah orang tua atau yang telah menginjak usia 30-40 tahun disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Saat ini ada banyak produk kolagen yang dijual di pasaran. Mengonsumsi suplemen kolagen juga merupakan cara pintas bagi para lanjut usia untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kolagen.

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen Terbesar

Kolagen berperan penting bagi tubuh. Selain menguatkan tulang dan gigi, kolagen juga penting untuk regenerasi sel kulit yang telah mati, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan hormon dan libido.

Makan buah dan sayuran yang mengandung kolagen tinggi lebih alami ketimbang mengonsumsi suplemen kolagen. Berikut ini beragam jenis makanan tersebut.

Ikan

Ikan, khususnya ikan laut, tak hanya kaya omega, namun juga banyak mengandung kolagen yang baik untuk kulit dan tulang. Ikan yang kaya kolagen diantaranya salmon, tuna dan ikan makarel.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam atau brokoli kaya dengan kandungan klorofil yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen tubuh. Mengonsumsi sayuran yang mengandung kolagen tinggi bermanfaat menguatkan tulang dan menghaluskan kulit.

Sayuran Berwarna Merah

Sayuran yang berwarna merah juga termasuk makanan yang mengandung kolagen. Hal ini karena mengandung antioksidan dan likopennya berguna meningkatkan produksi kolagen. Tomat, paprika merah atau grapefruit sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Kacang-kacangan

Makanan ini diketahui mengandung banyak protein yang dibutuhkan dalam pembentukan kolagen untuk tubuh. Mengonsumsi kacang-kacangan berguna membantu memenuhi kebutuhan kolagen tubuh.

Daging Ayam

Ayam dikenal kaya protein yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi ini juga penting dalam pembentukan kolagen. Selain pada dagingnya, protein ayam banyak terdapat pada tulang muda dan lehernya.

Kaldu dari Tulang

Bagian tulang hewan juga dikenal sebagai makanan yang mengandung kolagen. Baik tulang sapi, tulang ayam, hingga tulang ikan sangat baik diolah menjadi kaldu ataupun dibuat masakan berkuah yang dikonsumsi secara rutin.

Putih Telur

Bagian putih telur diketahui mengandung proline yang berguna dalam merangsang produksi kolagen tubuh. Senyawa ini juga dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan kolagen tubuh.

Bawang Putih

Bumbu masak ini terbilang ratunya herbal. Selain kaya nutrisi dan zat penting untuk kesehatan, juga sebagai salah satu bahan masakan yang mengandung kolagen yang dibutuhkan. Gunakan herbal ini untuk masakan Anda secara rutin.

Buah Tropis

Beragam jenis buah tropis seperti jeruk, alpukat, keluarga berri dikenal banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang mampu mendongkrak produksi kolagen dalam tubuh. Variasikan makanan Anda dengan buah ini untuk mencukupi kebutuhan kolagen.

Itulah berbagai jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan kolagen tubuh. Makanan ini sangat bagus dikonsumsi orang berusia di atas 30 tahun untuk menjaga kekuatan tulang dan kesehatan kulit. (R9/HR-Online)