10 Makanan yang Mengandung Vitamin E untuk Imunitas Tubuh dan Kulit

Makanan yang mengandung vitamin E
Makanan yang mengandung vitamin E. Foto: Istimewa

Makanan yang mengandung vitamin E akhir-akhir ini banyak dicari dan dibutuhkan orang. Manfaat vitamin E tak hanya penting untuk kesehatan kulit dan kesuburan, namun sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Pandemi Corona yang semakin meluas dengan jumlah korban yang semakin banyak perlu diantisipasi dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi obat virus Corona belum juga ditemukan hingga saat ini.

Vitamin E, seperti dikutip dari Wikipedia, bukanlah unsur tunggal melainkan senyawa yang terbentuk dari dua molekul berbeda, yaitu tocopherol dan tocotrienol.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E sangat penting karena manfaatnya yang besar untuk tubuh. Selain meningkatkan imunitas tubuh, juga untuk meningkatkan kesuburan, meredakan stres dan menekan risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Khasiat vitamin E juga untuk meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini juga penting untuk membantu penyembuhan luka.

Yang tak kalah pentingnya, vitamin E juga merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Asupan nutrisi ini juga akan mencegah kerusakan membran sel.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E Terbanyak

ASI merupakan makanan terbaik yang kaya vitamin E. Vitamin ini juga banyak terkandung dalam makanan berminyak dan sayuran. Berikut ini jenis makanan vitamin E yang bisa dipilih.

Bayam

Bayam termasuk sayuran sumber vitamin E yang sebaiknya sering dikonsumsi. Vitamin E-nya mencapai 2 mg dalam 100 gram bayam. Sayuran ini juga kaya vitamin C, K, kalsium, zat besi, folat dan karoten.

Brokoli

Brokoli diketahui banyak mengandung vitamin A, K, dan nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan vitamin E juga sangat tinggi dengan senyawa antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kacang Hazelnut

Hazelnut juga jenis makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi. Selain mengandung vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh, kacang ini juga banyak mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9.

Kacang Tanah

Kacang tanah juga sangat kaya dengan vitamin E. Kandungan ini mencapai 4,39 mg dalam setiap 100 gram. Kacang tanah juga diketahui kaya dengan mineral penting seperti zat besi, kalsium, selenium, fosfor, tembaga dan seng.

Telur

Telur mengandung vitamin E cukup tertinggi. Jumlahnya mencapai 1,03 mg dari 10 gram telur. Makanan ini juga kaya kalori dan sumber energi yang baik untuk tubuh.

Almond

Kandungan vitamin E dalam kacang almond sangat tinggi, yaitu mencapai 6,78 mg dalam satu ons. Kacang ini juga mengandung nutrisi yang penting dalam menurunkan kolesterol tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Biji Bunga Matahari

Biji-bijian ini juga termasuk jenis makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi. Makanan kuaci baik dikonsumsi karena juga mengandung selenium yang berkhasiat melindungi dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Biji Labu

Masyarakat sering memanfaatkan biji labu untuk cemilan. Ternyata biji labu banyak mengandung vitamin E dan antioksidan karoten yang sangat baik untuk melindungi tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Buah Alpukat

Buah alpukat sudah lama dikenal mengandung vitamin C dan E. Dalam 100 gram buah ini terkandung 2.07 mg vitamin E dan 10 mg vitamin C. Selain baik untuk imunitas tubuh, nutrisi ini juga penting untuk menghaluskan kulit.

Mangga

Jenis buah yang mengandung vitamin E tinggi lainnya adalah mangga. Buah populer dengan rasa manis ini kaya vitamin A, C, kalium dan nutrisi lainnya yang berkhasiat untuk kulit dan imunitas tubuh.

Itulah berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin E tertinggi. Mengonsumsi makanan sumber vitamin E secara rutin berkhasiat melindungi tubuh dari virus serta menjaga kesehatan kulit dan kesuburan. (R9/HR-Online)