Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaArtikelAwas! Malas Mandi Bikin Kamu Mudah Sakit dan Kesuburan Reproduksi Menurun

Awas! Malas Mandi Bikin Kamu Mudah Sakit dan Kesuburan Reproduksi Menurun

Malas mandi ternyata berbahaya buat kesehatan lho! Banyak orang yang jarang mandi karena alasan cape habis kerja, cuaca dingin, dan alasan lainnya. Terutama saat hari libur, seseorang akan malas untuk mandi lantaran tidak banyak melakukan aktivitas.

Aktivitas mandi seharusnya rutin dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari. Padahal seharusnya mandi dilakukan lebih baik dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Mandi bukan sebatas aktivitas untuk membersihkan tubuh dari kotoran, namun mandi juga mesti dilakukan demi menjaga kesehatan. Bagi kamu yang sering malas untuk mandi, ubahlah kebiasaan tersebut jika tidak ingin terkena dampak buruk akibat kamu malas mandi.

Berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi jika kamu jarang mandi, bukan hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, namun jarang mandi juga akan mempengaruhi psikis seseorang.

Lalu apa sajakah dampak buruk jika kita malas mandi?

1. Mudah Terserang Penyakit

Kamu yang jarang mandi akan mudah terserang penyakit. Mandi sendiri merupakan salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai kuman yang menempel pada tubuh akan hilang terbawa guyuran air dan sabun mandi.

Tubuh apabila tersiram air dingin bisa juga meningkatkan aktifitas sel darah putih, sehingga tubuh tidak akan mudah lemas jika mau beraktivitas. Kamu yang suka mandi secara teratur tidak akan mudah terkena penyakit. Jadi mulai saat ini, jangan malas mandi ya!

2. Bisa Turunkan Kesuburan Reproduksi

Kamu yang suka jarang mandi perlu tahu ini. Ternyata kebiasaan jarang mandi bisa membuat kesuburan reproduksi menurun lho! Jadi mulai sekarang rajinlah mandi, jika ingin kesuburan reproduksi kamu terjaga.

Sebuah penelititan di London, Inggris menyebut, mandi pagi hari dengan menggunakan air dingin akan meningkatkan produksi hormon estrogen bagi cewek dan hormon testosteron bagi cowok. Nah kamu yang ingin tetap subur reproduksinya, jangan malas mandi ya!

3.  Bisa Membuat Kulit Keriput dan Penuaan Dini Pada Wajah

Kulit manusia itu butuh air agar tetap cerah dan lembab. Apabila kamu jarang mandi atau hanya mandi sehari sekali, maka kamu akan beresiko cepat keriput dan mengalami penuaan dini.

Bagi kamu yang tidak mau mengalami penuaan dini pada usia muda, jangan malas mandi. Mandi minimal sehari dua kali, pagi dan sore, lalu rasakan khasiatnya.

4. Malas Mandi Timbulkan Penyakit Kulit Seperti Kurap, Jamur dan Panu

Tubuh yang jarang mandi akan rentang terhadap berbagai penyakit kulit seperti kurap, panu dan penyakit lainnya yang diakibatkan jamur. Orang yang jorok dan hanya mandi sekali dalam sehari pada kulit tubuhnya akan menempel debu dan kuman sehingga akan mudah terkena penykit kulit.

Jika tubuh kamu jarang terkena air mandi, maka kuman akan membuat rasa gatal pada kulit. Kulit pun terinfeksi, jika kebiasan malas mandi tidak diubah, maka resiko kamu terkena penyakit kulit semacam kadas, kurap dan panu akan semakin tinggi.

Meski kamu yang jarang mandi tidak melakukan aktivitas di luar rumah, namun kuman-kuman yang ada di sekitar kita seperti kuman pada bantal, sofa, tempat tidur dan lainnya tetap akan menempel pada tubuh kita. Rajinlah mandi agar tubuh kamu tidak terkena penyakit gatal-gatal akibat jamur.

5. Jarang Mandi Membuat Tubuh Mudah Lemas

Semakin kamu malas mandi, secara otomatis tubuh akan menjadi semakin lemas untuk melakukan berbagai aktivitas. Jarang mandi akan membuat tubuh jadi tak bertenaga dan kamu akan merasa ngantuk.

6.  Malas Mandi Bikin Tambah Stres

Malas mandi ternyata bisa membuat rasa stres atau frustasi semakin berlipat. Maka dari itu rajinlah mandi agar fikiran kamu lebih bugar. Wangi aromaterapi pada sabun mandi akan membuat kamu lebih semangat hidup. Dengan rajin mandi fikiran kita akan lebih jernih.

7. Rentan Terkena Penyakit Demam dan Flu

Sebagian orang mungkin ogah mandi di pagi hari apalagi dengan air dingin. Namun jika kamu jarang mandi pagi, suhu tubuh akan lebih meningkat dan kamu akan merasa lebih gerah ketika siang hari.

Saat suhu tubuh meningkat, kamu akan mudah terserang sakit demam dan flu. Apabila sudah demam dan flu, tubuh akan lemas dan perlu istirahat. Mulai sekarang jangan malas mandi, upayakan mandi sehari dua kali pagi dan sore hari, agar suhu tubuh tidak mudah naik dan kamu tidak akan mudah sakit.

8. Jarang Mandi Akan Membuat Kamu Sulit Tidur

Kamu yang jarang mandi bisa saja mengalami susah tidur atau insomnia. Seseorang yang hanya mandi sehari sekali tubuhnya tidak akan bersih 100 persen dari kuman, kotoran dan debu yang menempel pada tubuh. Kuman, kotoran dan debu yang menempel pada tubuh akan membuat tubuh gerah dan gatal sehingga membuat efek tidak nyaman saat akan tidur. Kamu pun akan sulit tidur.

9. Jarang Mandi Bikin Kamu Susah konsentrasi

Jarang mandi juga akan membuat  otak kamu tidak bekerja maksimal, sehingga kamu akan kehilangan konsentrasi dalam bekerja misalnya. Jarang mandi tentu bahkan selain membuat tubuh lemas, juga akan membuat kamu sering mengantuk. Kondisi mengantuk akan membuat kamu tidak konsentrasi.

Itulah beberapa dampak buruk jika kamu malas mandi. Mulai saat ini rajinlah mandi minimal dua kali sehari, pagi dan sore hari. Mandi bukan hanya agar kamu tampil bersih, namun banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, terimakasih. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img