Pentingnya Mengontrol Manajemen Produksi dan Operasi untuk Keuntungan Usaha

Pentingnya Mengontrol Manajemen Produksi dan Operasi untuk Keuntungan Usaha
Pentingnya mengontrol manajemen produksi dan operasi untuk keuntungan usaha. Foto:Ist/Net

Manajemen produksi dan operasi merupakan penataan proses dalam mengolah barang mentah menjadi barang jadi sehingga dapat dijual. Manajemen produksi adalah tahapan penting dalam manajemen usaha yang berfungsi untuk mengkoordinasikan kegiatan guna mencapai tujuan.

Dalam mengatur sebuah kegiatan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan usaha sangat penting untuk mencapai tujuan agar dapat memperoleh barang dan jasa yang sesuai dengan perencanaan.

Dalam kegiatan usaha, manajemen operasi ataupun produksi meliputi pengambilan keputusan yang memiliki hubungan dengan proses produksi. Hal ini sangat penting agar tujuan dalam organisasi perusahaan atau bisnis bisa tercapai.

Proses produksi umumnya dikategorikan menjadi beberapa bagian sesuai dengan tekniknya. Teknik ini didasarkan pada produk yang diambil dari bahan mentah kemudian diproses menjadi barang yang sesuai keinginan.

Jenis produk yang dihasilkan ada beberapa jenis. Ada produk yang diperoleh dengan cara memodifikasi bahan tanpa mengubah atribut yang ada pada fisik bahan tersebut. Ada juga produk yang diperoleh dengan cara perakitan.

Fungsi Kontrol Manajemen Produksi dan Operasi Usaha

Pemahaman terkait manajemen produksi dan operasi sayangnya sering disepelekan para pelaku bisnis karena melihat bagian menghabiskan dana tidak sedikit. Padahal dari sinilah sebuah bisnis bisa melakukan efisiensi.

Untuk memahami pentingnya manajemen produksi dalam kegiatan bisnis, berikut ini berbagai fungsinya yang sebaiknya diketahui.

1. Perencanaan

Perencanaan sangat penting dan berkaitan dengan pengorganisasian kegiatan produksi yang akan dilakukan, khususnya dalam periode tertentu. Dengan perencanaan yang baik tentunya akan berpengaruh pada efisiensi penggunaan anggaran.

Perencanaan dalam manajemen produksi dan operasi juga penting agar perusahaan bisa menentukan harga jual dari produk yang dihasilkan secara lebih baik untuk mendapatkan keuntungan.

2. Proses Pengolahan

Proses pengolahan dilakukan berdasarkan suatu metode atau teknik tertentu yang digunakan dalam mengolah masukan. Tahapan sangat penting terutama untuk pemanfaatan sumber daya secara optimal.

3. Jasa Penunjang

Hal ini sangat diperlukan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan daya saingnya dengan meningkatkan hasil produksi yang lebih berkualitas.

Jasa penunjang merupakan sarana yang diperlukan untuk penetapan metode yang akan digunakan agar proses pengolahan dapat berlangsung lancar, efisien dan efektif.

4. Pengendalian dan Pengawasan

Untuk  menjamin pelaksanaan kegiatan yang seusai dengan yang direncanakan, maka penting dilakukan pengendalian dan pengawasan. Ini juga penting agar tujuan dalam proses pengolahan terlaksana denan baik.

Aspek Dalam Manajemen Produksi dan Operasi

Seiring tingkat persaingan yang semakin tinggi, kualitas produk yang dihasilkan haruslah mampu memiliki nilai kompetisi yang lebih baik. Manajemen produksi dan operasi akan membantu perusahaan memenangkan persaingan.

Menjalankan dan mengelola bagian produksi tidak hanya sebatas membeli bahan yang murah saja. Yang tak kalah penting adalah kegunaan hasil produksi yang berkualitas dan tahan lama.

Berikut ini beberapa ruang lingkup yang menjadi perhatian bidang produksi yang sebaiknya Anda tahu.

1. Peningkatan produktivitas.

2. Menggunakan keuntungan dalam usaha atau industri.

3. Melindungi karyawan dari bahaya saat proses produksi yang berdampak pada fisik karyawan.

4. Mencegah dan membuang material-material yang bisa berbahaya.

Hal-hal itulah yang perlu diperhatikan dalam memanej produksi dan operasi agar tercipta hasil produksi yang berkualitas. Namun harus diakui, kegiatan dalam manajemen produksi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Belum lagi aturan dan hukum terkait buruh yang berlaku dan juga beberapa hambatan lainnya yang berefek pada membengkaknya biaya produksi. Namun bagian ini sangat penting untuk keuntungan jangka panjang.

Demikianlah informasi terkait manajemen produksi dan operasi yang sangat penting dalam sebuah manajemen perusahaan atau bisnis. Kualitas produk yang terjamin tidak hanya akan memberikan laba penjualan namun juga membangun branding produk. (R9/HR Online)