Manfaat Buah Kersen yang Anti Tumor dan Baik untuk Kulit

Manfaat Buah Kersen yang Anti Tumor dan Baik untuk Kulit
Buah kersen banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya mecegah tumor dan baik untuk kulit. Foto:Ist/Net

Manfaat buah kersen mungkin tak sepopuler tanaman yang memang banyak terdapat di sekitar rumah. Saat masih anak-anak kita tentu sering memetik buah kersen yang telah merah dan memakannya.

Kersen (Muntingia calabura) merupakan tanaman yang sering tumbuh liar. Buah kersen berbentuk imut berwarna hijau yang akan berubah menjadi merah setelah matang. Buah ini mirip dengan buah ceri.

Kersen dan ceri adalah tanaman yang berbeda, meski masih alam satu keluarga. Tanaman ceri (Muntingia cerasus) kurang populer di tanah air. Kersen sendiri populer dengan beberapa sebutan seperti talok atau baleci.

Buah kersen memiliki rasa yang manis meski teksturnya agak kasar. Selain daunnya, manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh ternyata sangat besar. Kandungan nutrisinya berkhasiat obat, terutama untuk mengatasi asam urat dan kram perut.

Buah kersen, seperti dikutip dari Wikipedia, diketahui mengandung protein, lemak baik, serat, vitamin C (ascorbic acid), vitamin B1 (tiamin), niacin, riboflavin, karotin, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Buah ini juga kaya dengan berbagai senyawa aktifnya seperti betakaroten, flavonoid, dan senyawa yang bersifat antioksidan, antinflamasi, dan antitumor. Kena itulah penting mengonsumsi buah ini secara berkala untuk kesehatan tubuh.

9 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Dibalik bentuknya yang mungil, buah ini ternyata memberikan khasiat yang besar untuk tubuh. Berikut ini berbagai manfaat buah kersen untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

1. Mencegah Infeksi dan Meningaktakn Imunitas Tubuh

Kandungan antioksidan dan antibiotik alami dalam buah kersen sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Makan buah ini juga sangat baik untuk meredakan dan mengatasi infeksi.

2. Menetralkan Asam Lambung

Manfaat buah kersen lainnya adalah dari kandungannya yang bersifat anti-inflamasi. Karena itu segera konsumsi buah mungil ini saat terasa sakit di ulu hati akibat naiknya asam lambung ataupun karena penyakit GERD.

3. Mengatasi Asam Urat

Siapa sangka jika buah kersen juga ampuh meredakan sakit asam urat. Kandungan fitokimia dalam buah imut ini juga berkhasiat dalam mengatasi nyeri akibat penyakit ini. Makan buah ini agar hasilnya efektif.

4. Menurunkan Gula Darah

Meskipun rasanya yang manis, manfaat buah kersen juga baik untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah yang naik. Bahkan biah ini diketahui aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes.

5. Mengatasi Hipertensi

Buah kersen juga diketahui mengandung nitric oxide yang berkhasiat melancarkan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Penderita hipertensi perlu makan buah ini untuk mengatasi penyakitnya.

6. Menangkal Tumor

Manfaat buah kersen juga karena kandungannya yang bersifat anti-tumor. Untuk mencegah dan mengatasi sel kanker dalam tubuh, konsumsi daun dan buah kersen secara bersamaan agar hasilnya efektif.

7. Melancarkan Pencernaan

Makan buah kersen juga baik untuk mengatasi mual, muntah, nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Kandungan antibakteri buah ini berkhasiat menjaga kesehatan pencernaan.

8. Membuat Kulit Awet Muda

Manfaat buah kersen untuk kecantikan juga dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini penting untuk merangsang produksi kolagen yang penting untuk proses regenerasi sel kulit.

9. Mengatasi Flu

Buah kersen juga kaya dengan vitamin C yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit flu dan pilek. Makan buah ini saat muncul gejala bersin dan flu.

Demikianlah berbagai manfaat buah kersen untuk kecantikan dan kesehatan yang sangat baik. Konsumsi buah ini secara berkala juga baik untuk menjauhkan dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh. (R9/HR Online)