Senin, Oktober 25, 2021
BerandaArtikel11 Manfaat Buah Langsat yang Ampuh untuk Kulit dan Atasi Sembelit

11 Manfaat Buah Langsat yang Ampuh untuk Kulit dan Atasi Sembelit

Manfaat buah langsat selama ini dicampuradukkan dengan buah duku. Meskipun bentuk buah langsat memang mirip sekali dengan duku namun keduanya merupakan jenis buah yang berbeda dari tanaman yang berlainan pula.

Langsat (Lansium domesticum) merupakan tumbuhan tropis yang banyak ditemukan di Asia. Tumbuhan ini memang masih dalam satu keluarga dengan duku (Lansium parasiticum). Meski begitu banyak perbedaan keduanya.

Meskipun warna kulit kedua buah ini mirip namun buah langsat memiliki kulit buah lebih tipis ketimbang duku. Begitu juga rasa buah langsat lebih asam dibandingkan duku yang manis.

Rasa asam inilah yang justru mengindikasikan banyaknya manfaat buah langsat untuk kesehatan tubuh. Ini terlihat dari kandungan buah langsat yang kaya kalori, karbohidrat, protein, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan lemak.

Buah langsat juga mengandung beragam senyawa aktif yang penting untuk tubuh. Seperti kandungan polifenol dan antioksidan yang berkhasiat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Manfaat Buah Langsat untuk Pengobatan dan Kesehatan

Rasa masam buah langsat sangat cocok untuk diolah menjadi camilan dan campuran minuman buah. Berikut ini berbagai manfaat buah langsat untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

1.Sumber Energi Tubuh

Tingginya kandungan kalori dan karbohidrat buah ini membuatnya sangat baik sebagai sumber energi tubuh. Makan buah setelah melahirkan atau sehabis berolahraga akan segera mengembalikan energi tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat alami dalam buah langsat berkhasiat dalam melancarkan sistem pencernaan. Makan buah ini juga ampuh untuk mengatasi konstipasi atau sembelit, diare, dan gangguan susah BAB.

3. Penurun Panas Tinggi

Manfaat buah langsat juga ampuh untuk menurunkan demam dan panas tinggi. Hal ini karena adanya kandungan serat maupun polifenol buah ini. Bikin jus dari buah ini dengan ditambahkan madu agar lebih efektif.

4. Mengobati Cacingan

Selain daging buahnya, bagian biji buah ampuh dalam meredakan dan mengatasi cacingan yang sering dialami anak-anak. Minumkan tumbuhan biji buah yang telah dikeringkan dengan ditambahkan madu karena agak pahit.

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Manfaat buah langsat juga ampuh untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung atau stroke. Hal ini karena kandungan kalium dan antioksidannya yang berguna mengontrol tekanan darah.

6. Mengatasi Malaria

Buah langsat, termasuk kulit buahnya, juga berkhasiat dalam mengatasi penyakit malaria. Anda bisa membuat minuman infus water dengan daging buah dan sedikit kulit buahnya.

7. Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat buah langsat juga karena kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain dengan mengonsumsi secara langsung ada juga bisa membuat air infus untuk memelihara tulang dan gigi.

8. Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan dan senyawa aktif buah ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Saat ini ekstrak buah langsat banyak dijual untuk perawatan kulit dan mencerahkan wajah yang efektif.

9. Mengusir Nyamuk

Bagian kulit buah langsat juga ampuh dalam mengusir nyamuk. Penelitian IPB menemukan khasiat kandungan senyawa dalam kulit buah ini yang mengusir nyamuk. Keringkan kulit buahnya dan bakar seperti obat nyamuk.

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat buah langsat juga sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Kandungan asam folat dan vitamin B1, B2, dan B3 sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan metabolisme dan sistem syaraf.

11. Baik Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buat Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan disarankan untuk memasukkan buah langsat dalam menu diet anda. Selain kaya serat, buah ini juga mengandung senyawa aktif yang membantu membakar lemak tubuh.

Itulah berbagai manfaat buah langsat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah langsat sangat bak untuk menjauhkan tubuh dari penyakit. Anda bisa membuatnya menjadi infus water dengan tambahan madu. (R9/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img