Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Pinang yang Berkhasiat Menguatkan Gigi Hingga Kencangkan Organ Intim

Manfaat Buah Pinang yang Berkhasiat Menguatkan Gigi Hingga Kencangkan Organ Intim

Khasiat maupun manfaat buah pinang sudah dikenal lama oleh masyarakat. Buah pinang selama ini banyak digunakan untuk ramuan sirih kaum perempuan dan juga digunakan dalam berbagai upacara adat.

Pinang (Areca catechu) merupakan tumbuhan monokotil yang masuk jenis palem. Tanaman yang tingginya bisa mencapai 25 meter ini juga populer disebut jambe, batang mayang, pining, atau pineng. Dalam bahasa Inggris disebut betel palm.

Hampir semua bagian tanaman ini bisa dimanfaat, baik untuk pengobatan maupun untuk perabot rumah. Namun sangat jarang hasil tanaman ini dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang pahit dan agak beracun.

Buah pinang sering disebut buah batu karena kerasnya. Buah dengan bentuk bulat seperti telur ini terdiri tiga lapis mirip buah kelapa. Bagian terluar berupa kulit buah tipis (epicarp) dan bagian tengahnya berupa sabut (mesocarp).

Sedangkan lapisan ketiga adalah bagian dalam atau intinya (endocarp) yang berbentuk biji yang lunak. Manfaat buah pinang adalah dari bijinya, baik untuk dijadikan obat, jamu, untuk sirih, ataupun diolah menjadi aneka produk makanan.

Indonesia termasuk pengekspor buah pinang yang cukup besar. Baik dalam bentuk utuh maupun ekstrak biji buah pinang. Meskipun memiliki nilai ekonomi yang tinggi, namun pinang belum dibudidayakan secara masif.

Penelitian menemukan banyaknya kandungan biji buah pinang. Seperti dikutip dari riset Farmasi UGM, kandungannya meliputi alkaloid (arekolin, arekain, arekolidine, guvasine, guvakolin, dan isoguvasine), tanin, fenolik, flavan, lignin, asam galat, getah, dan minyak atsiri.

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyaknya fitokimia dalam biji pinang ini sangat berkhasiat karena bersifat antivirus, antibakteri, antialergi, antiinflamasi, anti karsinogenik, antioksidan, dan vasodilatasi. Berikut ini beragam manfaat buah pinang untuk kesehatan.

Menguatkan Gigi

Orang tua kita telah membuktikan khasiat buah pinang dalam menyehatkan dan menguatkan gigi. Dengan mengunyah sirih akan membuat gigi dan mulut bebas bakteri. Anda bisa mengunyah potongan biji pinang dan membuang setelahnya.

Menyembuhkan Cacingan

Manfaat buah pinang lainnya adalah khasiatnya dalam mengobati dan menyembuhkan cacingan. Kandungan fitokimia buah ini ternyata ampuh mengusir dan mengatasi cacing parasit dalam perut.

Mengatasi Pendarahan dan Luka

Pendarahan karena luka atau benturan bisa diatasi dengan biji buah pinang. Tinggal tumbuk saja beberapa biji buah pinang lalu balurkan pada luka. Kandungan kimianya ampuh mengeringkan luka.

Meredakan Sakit Pinggang

Rasa nyeri dan sakit pada bagian pinggang bisa karena banyak faktor. Bisa karena terlalu lama duduk atau karena penyakit. Untuk meredakannya tinggal tumbuk biji dan daun pinang lalu balurkan pada pinggang yang sakit.

Mengencangkan Organ Intim

Manfaat buah pinang juga bisa untuk mengencangkan organ intim terutama buat ibu yang habis melahirkan. Penggunaan mencuci organ intim dengan tumbukan biji pinang ini ternyata juga telah berlangsung lama.

Meningkatkan Gairah

Mungkin seperti namanya, biji buah pinang juga berkhasiat dalam meningkatkan gairah bagi suami istri. Hal ini karena kandungan arekolin dalam buah ini. Minum rebusan biji pinang yang ditambahkan madu tanpa berlebihan.

Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Manfaat buah pinang untuk kecantikan juga khasiatnya dalam membuat kulit sehat, lebih halus, kencang, dan menyamarkan garis penuaan dini. Tumbuk saja beberapa biji buah pinang lalu jadikan sebagai masker wajah dan kulit.

Mengatasi Jerawat di Wajah

Kandungan tanin dan minyak asiri dalam biji buah pinang juga berkhasiat dalam mengatasi jerawat yang membandel. Haluskan saja biji pinangnya lalu oleskan atau gunakan sebagai masker pada wajah tanpa campuran air.

Itulah berbagai manfaat buah pinang untuk kesehatan dan kecantikan. Namun karena sifat biji pinang agak beracun, sebaiknya hindari mengonsumsinya, kecuali yang telah berbentuk ekstrak agar khasiat buah pinang lebih optimal. (R9/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru