Manfaat Daging Burung Puyuh untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Daging Burung Puyuh

Manfaat daging burung puyuh bukan hanya dijadikan teman nasi saja, namun juga sangat baik untuk kesehatan. Meski berukuran kecil, tapi daging burung puyuh ini mujarab untuk mengobati penyakit.

Memang sangat jarang yang mengetahui akan manfaatnya. Karena biasanya orang hanya tahu manfaat burung puyuh yaitu telurnya saja yang biasa dimakan.

Burung yang satu ini bentuknya hampir sama dengan ayam ukuran kecil. Meski dikatakan burung, namun puyuh tidak bisa terbang seperti burung lain pada umumnya.

Manfaat Daging Burung Puyuh untuk Kesehatan

Orang biasanya menernak burung puyuh untuk mengambil telurnya saja. Sebab telurnya itu mempunyai kandung gizi yang sangat baik.

Padahal selain telur, daging burung puyuh juga bisa dimakan dan mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaatnya itu, berikut ini penjelasannya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Mengatasi Anemia

Manfaat daging burung puyuh yang pertama adalah bisa mengatasi anemia. Sebab di dalamnya terkandung zat besi.

Zat besi yang terdapat di dalam burung puyuh itu, merupakan salah satu unsur yang menyusun hemoglobin di dalam darah.

Jadi, dengan mempunyai jumlah hemoglobin yang dalam batas normal, maka proses suplay sari makanan dan oksigen di dalam darah bakal berjalan dengan lancar.

Sehingga dengan memakan daging puyuh secara rutin, bisa terbebas dari sering pusing dan rasa lemas, yang merupakan gejala anemia.

Sangat Baik untuk Jantung dan Diet

Manfaat daging burung puyuh lainnya yakni sangat baik untuk kesehatan jantung, dan juga bisa menjadi pendukung bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Di dalam dagingnya yang sangat enak serta menyehatkan itu, ,memang terkandung lemak. Akan tetapi, lemaknya tersebut merupakan bersifat tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

Jadi, lemak tak jenuh tersebut bisa mengontrol kadar kolesterol yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Jika pada pembuluh darah sudah menyempit, maka bisa menganggu sirkulasi darah di dalam tubuh, salah satunya yang membuat jantung menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, daging burung puyuh ini bukan hanya membuat kenyang, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jangtung dan tidak bikin gemuk.

Mencegah Osteoporosis

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, sangat disarankan untuk memakan daging burung puyuh yang sudah diolah menjadi masakan.

Sebab, dagingnya ini bisa memperlambat osteoporosis atau kondisi berkurangnya kepadatan tulang, yang memang sangat rentan menyerang usia lanjut.

Jadi manfaat daging burung puyuh bisa mencegah osteoporosis, karena di dalamnya kaya akan kandungan senyawa penyusun tulang yakni kalsium serta fosfor.

Menjaga Kulit Tetap Sehat

Dengan adanya vitamin E yang ada di dalam daging puyuh ini, maka tentunya bisa menyehatkan dan mengencangkan kulit Anda.

Sebab, vitamin E adalah senyawa yang merupakan salah satu elemen terpenting di dalam dunia kecantikan.

Kegunaan dan vitamin E ini bisa mempercepat regenerasi sel kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memilik sifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

Jadi, jika kulit Anda ingin tetap sehat dan kencang, maka rutin-rutin lah mengonsumsi daging puyuh ini.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daging burung puyuh lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata. Jadi, bukan hanya wortel yang mengandung vitamin A, melainkan daging puyuh juga sama, meski tidak setinggi wortel.

Bukan hanya dagingnya saja, untuk telut puyuh terutama bagian kuningnya juga bisa menjaga kesehatan mata.

Sebab, di dalam kuning telur itu ada kandungan zat zeaksantin serta luthein, yang sangat baik untuk retina mata.

Jadi, zat zeaksantin serta luthein ini dikalim dapat menjaga mata dari cahaya biru, yang memang bisa menggangu indera penglihatan.

Meringankan Penyakit Pernapasan

Bagi penderita TBC, asma atau disttrofi vascular vegetative, bisa diringankan gejala tersebut dengan memakan daging puyuh.

Memang daging yang sangat baik untuk penyakit napas itu adsalah tupai dan daging kelelawar. Namun jika tidak tega memakan daging itu, maka burung puyuh bisa dijadukan alternatif.

Sangat Baik untuk Janin

Manfaat daging burung puyuh lainnya yaitu sangat baik untuk ibu hamil. Karena, dipercaya sangat bagus untuk kesehatan janin.

Hal itu dikarenakan, di dalam daging puyuh ada banyak mengandung nutrisi, yang sangat baik untuk pertumbuhan janin agar sehat dan cerdas.

Pada daging puyuh juga terdapat senyawa yang sangat berguna untuk mengoptimakan pertumbuhan janin, seperti lemak baik, vitamin, protein, mineral serta kolin.

Jadi setelah mengetahui manfaat daging burung puyuh, maka mulai dari sekarang daging tersebut bisa diolah dijadikan sebagai lauk. (Adi/R5/HR-Online)