Manfaat Daun Saga Rambat yang Ampuh Atasi Batuk dan Sariawan

Manfaat Daun Saga
Manfaat daun saga rambat ampuh atasi berbagai masalah kesehatan salah satunya batuk dan sariawan. Foto:Ist/Net

Manfaat daun saga bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing. Padahal daun saga telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional kita untuk mengobati radang tenggorokan, batuk, dan sariawan.

Tanaman saga lebih populer dengan sebutan saga rambat atau saga telik (Abrus precatorius). Tumbuhan ini berbeda dengan jenis saga pohon (Adenanthera pavonina) meskipun juga sering disebut saga.

Saga rambat merupakan tanaman merambat yang dicirikan dengan bijinya yang berwarna saga atau jingga kemerahan. Tanaman ini banyak tumbuh liar di sekitar kita dan sering dianggap gulma karena menempel pada tumbuhan induknya.

Karena itulah banyak orang yang sering membasmi dan membuang tanaman ini. Padahal manfaat daun saga sangat mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit. Kandungan nutrisi daun berbentuk bulat ini juga lengkap.

Hasil penelitian Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) menemukan kandungan daun saga rambat ini. Diantaranya kandungan protein, kalsium, vitamin C, A, B1, dan B6. Juga terdapat senyawa oksalat, flisirizinat, glisirizin, pentosan, dan polygalacturomic acid.

Selain itu pada daun saga ini juga ditemukan senyawa saponin, flavonoid, dan sejumlah kandungan kimia seperti Isoorientin, luteolin, Abrussaponin I, II, Abruquinone D, E, F, dan L-Abrine, Precatorin I, II, III.

Manfaat Daun Saga Rambat untuk Kesehatan dan Pengobatan

Banyak kandungan kimia dan senyawa aktif dalam daun tanaman ini membuatnya sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit. Berikut ini beragam manfaat daun saga rambat untuk kesehatan dan pengobatan.

  1. Mengobati Batuk

Pengobatan tradisional sering menggunakan daun saga rambat ini untuk meredakan dan mengobati batuk. Untuk menggunakannya, rendam beberapa lembar daun saga dalam air mendidih dan minum airnya.

2. Mengatasi Sariawan

Daun saga rambat juga telah dikenal lama ampuh dalam mengatasi sariawan karena kandungan asam abrusgenat dan abrus lactone. Untuk hasil yang efektif, masak daun ini dan daun sirih dan gunakan untuk berkumur.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun saga yang kaya dengan senyawa aktifnya sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Minum air rebusan daun saga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah kuman dan polutan penyakit.

4. Mengatasi Panas Dalam

Gejala panas dalam seperti tenggorokan kering, bibir kering dan pecah, ataupun sariawan bisa diatasi dengan tanaman herbal ini. Minum saja rebusan sekitar 10 lembar daun saga dan lakukan secara teratur.

5. Meredakan Hipertensi

Manfaat daun saga rambat lainnya karena kandungannya yang juga efektif untuk mengatasi penyakit hipertensi. Agar hasilnya efektif, minum air rebusan daun saga, daun pegagan, dan daun keji beling.

6. Mengobati Sakit Mata

Sakit mata yang ditandai dengan rasa pedih, gatal, hingga  peradangan bisa diatasi dengan daun saga rambat ini. Masyarakat biasanya mendekatkan mata yang sakit pada uap air rebusan daun saga yang mendidih.

7. Melembabkan dan Mencerahkan Kulit

Kandungan glisirizin dalam daun saga berkhasiat menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit lebih sehat. Anda bisa menggunakan air rebusannya untuk mandi atau mengoleskannya pada kulit.

8. Menebalkan dan Menyuburkan Rambut

Manfaat daun saga untuk kecantikan juga tak kalah hebatnya. Herbal yang kaya fitokimia juga ampuh untuk menebalkan dan menyuburkan rambut. Anda tinggal menumbuk daun saga dengan air sedikit dan gunakan sebagai masker rambut.

9. Menghalau Penuaan Dini

Penelitian di University of Vienna menemukan tingginya kandungan antioksidan daun saga. Selain baik diminum air rebusannya Anda juga bisa membuat masker untuk wajah agar terlihat lebih kencang dan mengatasi penuaan dini.

Demikianlah berbagai manfaat daun saga rambat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dengan menggunakan ini dari dalam maupun perawatan dari luar akan memberikan manfaat lebih optimal. (R9/HR Online)

Loading...