Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Cina
Daun Sirih Cina. Foto: Net/Ist

Manfaat Daun sirih cina memiliki kegunaan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Daun sirih cina ini biasa disebut sebagai tanaman gulma atau ketimpang air.

Sirih cina memiliki nama ilmiah Peperomia Pellucida yang biasa hidup di tempat yang lembab seperti di pekarangan rumah dan sawah.

Tanaman tersebut tidak dapat hidup langsung terpapar oleh sinar matahari. Sebab paparan sinar matahari dapat menyebabkan sirih cina menjadi layu dan mengering.

Perkembangbiakan daun sirih cina dapat melalui biji maupun generatif atau tumbuh secara kawin atau pembuahan.

Selain itu, tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, seperti di Jawa disebut seladan atau suruhan, orang Sunda menyebutnya dengan rangu-rangu dan orang Maluku menyebutnya gofu goroho.

Perlu diketahui, sirih cina bukan hanya daunnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun seluruh bagian tanaman sirih cina dapat bermanfaat sebagai obat karena mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti tanin, alkoloid, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri.

Manfaat Daun Sirih Cina

Daun sirih cina memiliki khasiat anti-inflammatory, antibiotik dan bersifat analgesik yang bermanfaat mengobati beragam penyakit. Berikut manfaatnya:

Obat Bisul, Abses, Jerawat dan Radang Kulit

Cara menggunakan sirih cina untuk mengobati bisul, jerawat, abses dan radang kulit yaitu dengan cara mengambil dua rumpun pohon sirih cina dengan tinggi sekitar 7-10 cm.

Cuci bersih bahan tersebut, kemudian rebus dengan air 1,5 gelas menjadi 1 gelas. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Obat Sakit Kepala dan Demam

Ada dua cara untuk pengolahannya, cara pertama ambil 15 lembar daun sirih cina dan cuci bersih. Kemudian tumbuk dan tempelkan pada pelipis kanan dan kiri.

Cara kedua, rebus dua batang ukuran sekitar 7-10 cm kemudian cuci bersih. Rebus batangnya dengan air 300 ml (1,5 gelas) hingga 1 gelas. Dosisnya sehari 2 kali 1 gelas.

Obat Saki Perut

Ambil batang sirih cina secukupnya kemudian tumbuk hingga halus. Peras dengan kain bersih dan minum hasil air perasannya.

Obat Luka Bakar

Ambil sirih cina secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Lalu tempelkan tumbukan sirih cina pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Lakukan beberapaka hari sekali sampai luka bakar benar-benar sembuh.

Obat Sakit Ginjal

Caranya pun sama dengan yang lain, cukup ambil beberapa tanaman sirih cina kemudian cuci bersih. Setelah itu rebus dengan air sebanyak 1,5 gelas menjadi 1 gelas. Minum segelas setiap 2 kali sehari.

Selain manfaat daun sirih cina sebagai tanaman obat, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias di halaman rumah. (Muhafid/R6/HR-Online)