Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Kubis untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menjaga Tekanan Darah

Manfaat Kubis untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menjaga Tekanan Darah

Manfaat kubis untuk kesehatan jarang diketahui orang. Padahal, dalam setiap lembarannya terdapat manfaat kubis yang sangat luar biasa bagi kesehatan.

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah didapat dengan harga sangat murah. Biasanya sayuran ini sering kita jumpai dalam berbagai makanan, seperti sup atau mie goreng.

Meskipun sangat mudah ditemukan, namun tidak semua orang menyukai kubis. Mungkin karena sayuran ini tidak memiliki rasa yang kuat di lidah. Padahal sebenarnya dalam setiap lembar kubis tersimpan beragam manfaat penting bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber, kubis kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat vitamin B6, vitamin C, kalsium dan juga serat.

Selain itu, sayuran jenis ini juga mengandung banyak mineral di dalamnya, seperti magnesium, mangan, serta potassium. Kubis juga mengandung kalori yang sangat rendah.

Dari beragam kandungan bergizi tersebut membuat kubis memiliki banyak manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini ulasannya;

Beragam Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sayuran jenis kubis ini merupakan sumber polifenol. Kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh karena dapat mencegah terbentuknya platelet.

Selain itu, kubis juga dapat menurunkan tingkat risiko penyakit kardiovaskular, dan mengontrol tingkat kolesterol.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat kubis untuk kesehatan salah satunya bisa meningkatkan kekuatan otak, karena sayuran ini sangat bermanfaat untuk otak.

Kubis mengandung vitamin K. Vitamin ini mampu membantu memperbaiki saraf melemah atau rusak, dan meningkatkan kesehatan otak.

Menjaga Tekanan Darah

Kubis yang berwarna merah menjadi sumber antosianon, yakni salah satu jenis flavonoid yang bermanfaat menjaga tekanan darah, dan menurunkan kekakuan arteri.

Manfat dari kubis, khususnya kubis yang berwarna merah sangat efektif untuk mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kubis untuk kesehatan lainnya yaitu bisa membantu melancarkan pencernaan. Tekstur kubis yang renyah merupakan sumber serat tak larut, sehingga kondisi pencernaan tetap sehat.

Karena, serat tak larut sangat bermanfaat untuk bakteri baik di dalam usus, yang mana kandungan tinggi serat mampu membantu melancarkan pencernaan serta meredakan konstipasi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat Tulang

Manfaat kubis untuk kesehatan berikutnya yaitu bisa membantu memperkuat tulang. Hal itu karena kubis mengandung banyak mineral seperti magnesium, kalsium, dan potassium.

Sayuran jenis kubis ini sangat penting guna melindungi tubuh agar terhindar dari risiko tulang keropos dan rapuh.

Membantu Turunkan Berat Badan

Karena kubis rendah kalori sehingga sangat tepat untuk membantu turunkan berat badan. Karena sayuran ini juga mengandung serat tinggi yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, secara otomatis kamu akan mampu membatasi mengonsumsi makanan sebagai upaya menurunkan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat kubis untuk kesehatan kulit karena sayuran ini kaya akan kandungan vitamin C yang larut di air sehingga akan membantu terbentuknya kolagen.

Hal tersebut merupakan protein yang dapat memberikan fleksibilitas dan struktur bagi kesehatan kulit.

Mencegah Katarak

Kubis juga bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak, karena sayuran ini sebagai sumber beta karoten, sangat baik bagi kesehatan mata, sekaligus dapat mencegah terbentuknya katarak.

Beragam manfaat tersebut di atas bisa diperoleh dari kubis. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat dari sayuran ini, jadi sebaiknya konsumsi kubis secara rutin. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img