9 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Mengontrol Kolesterol dan Bikin Awet Muda

9 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Mengontrol Kolesterol dan Bikin Awet Muda
Manfaat kulit buah naga baik untuk kesehatan salah satunya bisa mengontrol kolesterol dan bikin awet muda. Foto:Ist/Net

Manfaat kulit buah naga ternyata tak kalah hebatnya dibandingkan khasiat daging buahnya. Selain sangat baik untuk kesehatan, kulit buah naga juga efektif untuk perawatan kecantikan kulit.

Buah naga (Hylocereus undatus) merupakan salah satu jenis buah eksotis yang belakangan makin populer. Buahnya yang bergizi paling cocok dibuat es buah atau dijadikan jus yang enak dan baik untuk kesehatan tubuh.

Selama ini masyarakat lebih memanfaatkan dagingnya dan membuat kulit buahnya yang berbentuk seperti naga. Padahal kulit yang tebal ini juga kaya dengan nutrisi yang tak kalah hebatnya ketimbang daging buahnya.

Ada banyak manfaat kulit buah naga yang sebaiknya Anda tahu. Hal ini karena kandungannya yang cukup lengkap. Seperti kandungan protein, karbohidrat, lemak baik, serat, fosfor, vitamin C. Kandungan ini juga terdapat dalam buahnya namun kadarnya lebih rendah.

Yang menarik, dalam kulit buah naga juga banyak terdapat fitokomia penting seperti flavonoid, polifenol, dan anthocyanin. Senyawa yang bersifat antioksidan ini jauh lebih hebat dalam kulit buahnya ketimbang daging buahnya.

Beragam Manfaat Kulit Buah Naga yang Wajib Anda Tahu

Keberadaan kulit buah tak hanya untuk melindungi dagingnya namun juga memiliki khasiat yang tak sedikit bagi manusia. Nah, berikut ini beragam manfaat kulit buah naga yang wajib Anda tahu.

1. Menangkal Tumor dan Kanker

Hasil penelitian menemukan kandungan fitoalbumin, vitamin C dan mineral lain dalam kulit buah naga yang berkhasiat menangkal beragam jenis kanker, seperti kanker payudara, darah, dan kanker paru-paru.

2. Kaya dengan Sumber Antioksidan

Karena merupakan sumber antioksidan dari senyawa antosianin yang penting untuk melindungi kesehatan tubuh, kulit buah naga juga bagus dikonsumsi. Anda juga perlu mengonsumsi olahan kulit buah ini untuk menjaga kesehatan.

3. Menangkal Penyumbatan Darah

Kandungan antosianin maupun fitokimia lainnya dalam kulit buah naga juga ampuh dalam melancarkan aliran darah. Bahkan kulit buah ini juga mampu melenturkan dan menjaga pembuluh darah agar tidak tersumbat.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kulit buah naga juga karena kandungan antosianin yang ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Anda bisa merebus kulit buah naga yang kemudian ditambahkan madu lalu diminum secara rutin.

5. Mencegah Gangguan Gastrointestinal

Kandungan serat dan senyawa penting dalam kulit buah naga juga ampuh dalam mencegah gangguan gastrointestinal yang menyerang pencernaan. Minum ekstrak kulit buah ini akan meredakan sakit yang dirasakan.

6. Pewarna Makanan Alami

Kulit buah satu ini juga bisa diekstrak sebagai pewarna makanan alami yang sangat menyehatkan. Anda bisa menggunakannya untuk membuat kue, jajanan, hingga membuat kue dengan warna merah dari kulit buah naga.

7. Baik untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Kulit buah naga yang kaya serat juga baik untuk diet menurunkan berat badan. Anda bisa membuat jus buah naga beserta kulitnya dan minum secara teratur yang akan membuat perut kenyang lebih lama.

8. Membuat Kulit Lebih Halus dan Kencang

Manfaat kulit buah naga untuk kecantkan juga karena kandungan antioksidan, vitamin C dan E yang sangat baik untuk proses regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas. Tumbuk kulit buahi ini untuk digunakan sebagai masker wajah.

9. Melebatkan dan Merawat Rambut

Kulit buah naga yang banyak mengandung enzim dan vitamin C juga berguna untuk perawatan rambut sehat. Gunakan tumbukan kulit buah ini untuk dijadikan masker rambut guna mencegah kerontokan dan ketombe.

Itulah berbagai manfaat kulit buah naga yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh dan menangkal berbagai penyakit. Saat ini banyak dijual ekstrak kulit buah ini yang bisa dikonsumsi dengan praktis. (R9/HR Online)

Loading...