Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Leunca untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Manfaat Leunca untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Manfaat leunca untuk kecantikan bagi sebagian wanita mungkin terasa aneh. Leunca bagi masyarakat Tatar Sunda memang sudah tidak asing lagi mengingat leunca adalah makanan lalapan khas parahyangan.

Leunca adalah sayuran buah berwarna hijau segar bulat berbentuk buah chery dan tumbuh secara menggerombol pada setiap cabang tangkainya. Leunca yang terlalu tua akan berubah warna menjadi hijau keungu-unguan.  

Biasanya leunca kerap kita dapati di areal pekarangan yang mana awalnya leunca muncul di Asia Barat dan menyebar ke  Asia Tenggara hingga ke Indonesia.

Di negara-negara lain, leunca banyak digunakan untuk hal kesehatan. Nama lain dari leunca adalah Solanum nigrum, dalam bahasa Jawa dan Melayu leunca biasa disebut ranti, dan dalam bahasa Inggris black nightshade.

Manfaat Leunca untuk Kecantikan

Tanaman yang mempunyai batang tegak dan banyak cabangnya ini diketahui merupakan yang tumbuh musiman, dengan masa tanam 40-60 hari untuk sekali panen. Tingginya yang mencapai 30-175 cm ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sedangkan manfaat yang didapatkan ketika mengkonsumsi leunca dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Berikut manfaatnya:

Meregenerasi Kulit

Kandungan B1 dan C yang terkandung dalam leunca berguna untuk meregenerasi kulit. Cara kerjanya yaitu dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, dan menimbulkan flek hitam.

Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat leunca untuk kecantikan selanjutnya dapat menjaga kelembaban kulit jika diolah menjadi  minyak esensial. Leunca mempunyai zat pembangun ceramid yaitu asam linoleat (linoleic acid).

Meredakan Jerawat Ringan

Bagi wanita atau pria yang sering jerawatan, ternyata bisa diatasi dengan leunca. Kandungan yang bekerja pada leunca untuk masalah ini adalah asam linoleat.

Cara lain untuk mengatasi masalah ini Anda dapat memakan buah dan sayur yang terdapat kandungan vitamin C, serta jenis kacang-kacangan seperti kedelai.

Alternatif lain untuk merawat kecantikan adalah dengan memperhatikan pola makan dan berolahraga secara teratur.

Selain manfaat leunca untuk kecantikan ini, Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin yang baik bagi tubuh, dan tetap menjaga kesehatan kulit dengan pola hidup yang sehat. (Muhafid/R6/HR-Online)