Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut
Manfaat lidah buaya untuk rambut. Foto:Ist/Net

Manfaat lidah buaya untuk rambut. Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, lidah buaya juga bagus untuk kesehatan rambut kamu lho.

Kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang berwarna bening secara langsung ke rambut kamu. Penggunaan gel lidah buaya secara langsung bagus untuk kesehatan rambut. Selama ini lidah buaya dianggap bagus untuk kecantikan kulit. Terbukti banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar lidah buaya.

Lidah buaya atau aloe vera bagus untuk kesehatan rambut karena mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, C, E, B12. Selain itu lidah buaya mengandung asam lemak, asam amino esensial, mineral tembaga serta zinc.

Lalu apa sajakah manfaat lidah buaya untuk rambut? Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami uraikan apa saja manfaatnya;

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Mengurangi Gatal di Area Kulit Kepala

Manfaat lidah buaya yang pertama yakni dapat mengurangi gatal-gatal pada area kulit kepala. Kondisi gatal pada rambut ini biasanya diakibatkan ketombe yang terjadi akibat dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik muncul di kulit kepala lantaran terjadi peradangan pada kulit kepala sehingga mengelupas lalu munculah ketombe.

Peradangan pada kulit kepala tersebut dapat dikurangi dan dicegah dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan asam lemak pada lidah buaya bersifat antiradang, sehingga menggunakan lidah buaya akan mengurangi rasa gatal akibat ketombe.

2. Memperbaiki Rambut Rusak

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang kedua yakni bisa memperbaiki rambut  rusak. Rambut yang rusak biasanya ditandai dengan kondidi rambut yang kasar, kering dan bercabang. Terpapar sinar matahari, keseringan menata rambut hingga menggunakan produk perawatan rambut yang tidak tepat, menjadi penyebab rambut rusak.

Cobalah mengoleskan gel lidah buaya pada rambut kamu jika rusak. Kandungan vitamin dan kolagen dari lidah buaya dipercaya mampu memperbaiki kerusakan pada rambut.

3. Mengatasi Rambut Berminyak

Selain ampuh memperbaiki rambut rusak, lidah buaya juga bisa mengatasi rambut yang berminyak. Rambut berminyak terjadi lantaran produksi minyak berlebih pada kulit kepala, rambut berminyak juga terjadi karena ada sisa-sisa produk perawatan rambut yang sering kamu gunakan.

Dengan menggunakan lidah buaya produksi minyak berlebih pada rambut bisa ditekan. Caranya oleskan gel lidah buaya pada rambut dan kepada, jika kamu rutin melakukannya, rambutmu akan menjadi lebih lembut dan sehat.

4. Memperkuat Helaian Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang keempat yakni bisa memperkuat helaian rambut. Mengandung vitamin A, E dan C, lidah buaya terbukti ampuh memperkuat sel-sel rambut. Selain membuat rambut lebih kuat, menggunakan lidah buaya juga akan membuat rambut kamu tampak berkilau.

5. Mengurangi Kerontokan Rambut

Lidah buaya juga bagus untuk mengatasi kerontokan rambut. Vitamin B12 dan asam folat pada lidah buaya menjadi nutrisi baik untuk mengurasi rambut rontok.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya juga bisa merangsang proses tumbuhnya rambut lho. Lidah buaya sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sejak dulu. Oleskan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, maka aliran darah pada kulit kepala akan semakin meningkat. Dengan begitut pertumbuhan rambut akan lebih cepat.

7. Membuat Rambut Tampak Sehat Berkilau

Mengoleskan lidah buaya pada rambut secara rutin akan membuat rambut kamu tampak sehat dna berkilau. Rutinlah menggunakan lidah buaya agar kesehatan rambut kamu tetap terjaga.

Selain untuk menyuburkan rambut, manfaat lidah buaya untuk kulit juga tak kalah ampuhnya. Bahkan manfaat lidah buaya juga sangat efektif untuk perawatan kecantikan wajah.

Padahal, tanaman berbentuk lidah buaya yang berduri ini ternyata juga ampuh untuk kulit wajah dan tubuh maupun untuk meningkatkan kesehatan. Bahkan kabarnya, herbal ini juga efektif untuk mengatasi penyakit HIV/AIDS.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa kami sampaikan. Agar mendapatkan hasil maksimal, rutinlah menggunakan lidah buaya pada kulit kepala dan rambut kamu. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengambil lidah buaya, kupas ambil gelnya lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. (Jujang/R8/HR Online)

Loading...