Senin, Oktober 18, 2021
BerandaArtikelManfaat Teh Celup Bekas untuk Perawatan Rumah, Murah dan Praktis

Manfaat Teh Celup Bekas untuk Perawatan Rumah, Murah dan Praktis

Manfaat teh celup bekas memang jarang diketahui orang. Memang kalau dilihat dari sekilas, teh celup bekas tidak mempunyai manfaatnya sama sekali. Sehingga, jika sudah digunakan pasti akan dibuang.

Padahal, beragam manfaat bisa didapatkan dari teh celup bekas ini. Mulai untuk solusi masalah perawatan dan membersihkan barang yang ada di dalam rumah sampai kesehatan dan kecantikan.

Memang, untuk air dari teh itu selain memiliki rasa nikmat, juga sangat menyehatkan. Karena, didalamnya terdapat kandungan vitamin A, C dan E, nutrisi, polifenol dan sebagainya.

Manfaat Teh Celup Bekas

Kebanyakan orang setelah menyeduh teh celup, maka  tersebut biasanya langsung dibuang ke tempat sampah begitu saja.

Hal itu disebabkan, karena orang jarang mengetahui akan kegunaan dari teh celup bekas tersebut.

Penasaran apa saja manfaat teh celup bekas untuk perawatan barang di rumah sampai kesehatan? Berikut ini ulasannya.

Menghilangkan Noda di Toilet

Membersihkan atau menghapus noda di toilet memang tidak lah mudah, terlebih noda tersebut sangat membandel.

Memang saat ini banyak tersedia berbagai pembersih toilet yang bisa didapatkan di toko-toko. Namun, pembersih noda itu terbuat dari bahan kimia, yang selain berbahaya untuk kesehatan kulit juga kadang-kadang merusak keramik kamar mandi.

Padahal, manfaat teh celup bekas bisa menghilangkan noda yang ada di toilet. Caranya, taruh beberapa kantung teh tersebut ke toilet, kemudian diamkan selama beberapa menit.

Sesudah itu, bilas dengan air bersih secukupnya. Dan noda-noda yang membandel itu bakal ikut terhanyut atau larut dalam air bilasan tersebut.

Membersihkan Karpet

Manfaat teh celup bekas selanjutnya adalah bisa menyegarkan dan membersihkan karpet dalam rumah.

Tidak jarang pemilik rumah yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, sering membersihkan bekas noda hewan tersebut pada karpet.

Bukan bekas noda hewan peliharaan saja, melainkan juga disibukkan dengan membersihkan bekas pipis anak atau bisa juga lembab setelah terkena hujan.

jika tidak segera dibersihkan noda cairan tersebut, maka karpet akan mengeluarkan bau yang kurang sedap, seperti apek dan sebagainya.

Lantas bagaimana cara mengatasi aroma apek dari karpet tersebut tanpa harus pergi ke laundry? Anda bisa memanfaatkan teh celup bekas.

Caranya, taburkan segenggam serbuk teh kering yang berasal dari  teh celup tersebut ke atas permukaan karpet.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu bersihkan sisa teh itu dengan menggunakan vakum cleaner atau penyedot debu.

Mengilapkan Lantai Kayu

Manfaat teh celup bekas lainnya adalah dapat membantu mengilapkan lantai rumah yang terbuat dari kayu.

Caranya, sebelumnya persiapkan cairan untuk membersihkan lantai dan air, setelah itu ditambahkan 1-2 cangkir teh bekas itu. Kemudian pel atau gosok semua lantai dari kayu itu, dan diamkan sampai mengering.

Membersihkan Kaca

Noda pada kaca yang berasal dari lemak memang sangat sulit dihilangkan. Jika berbagai cara sudah dilakukan namun noda lemak atau kotoran lainnya yang menempel di kaca tersebut tidak hilang juga, maka Anda bisa memanfaatkan teh celup bekas.

Lalu bagaimana memaksimalkan manfaat teh celup bekas itu untuk membersihkan noda membandel pada kaca?.

Caranya tidak lah sulit, cukup siapkan satu sampai dua teh bekas lalu seduh dengan air panas. Kemudian masukkan teh tersebut ke dalam saringan kopi. Pembersih kaca yang ramah lingkungan pun sudah jadi dan siap digunakan.

Mencegah Karat

Selain untuk kesehatan, manfaat teh celup bekas juga berkhasit untuk merawat peralatan dapur, seperti terbebas dari karat.

Caranya sangat mudah, ambil 2  teh celup bekas yang masih basah, kemudian digosokan dengan benar ke area peralatan dapur yang mudah berkarat.

Mengatasi Aroma Tak Sedap di Dalam Kulkas

Walaupun sudah dibersihkan, namun lemari pendingin atau kulkas masih juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan ampas dari teh celup bekas.

Caranya, simpan  teh celup bekas itu ke dalam kulkas, biarkan beberapa saat. Bau yang ada di dalam kulkas tersebut akan terserap ke  teh celup itu.

Apabila  teh celup tersebut sudah kering, maka ganti dengan yang lainnya. Mudah bukan?

Merawat Sepatu Kulit

Manfaat teh celup bekas juga bisa untuk merawat sepatu kulit kesayangan Anda. teh ini dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam sepatu serta menjaganya tetap bersih.

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan aroma tak sedap di sepatu kulit Anda, tinggal siapkan satu sendok makan isi dari kantong teh tersebut. Kemudian menaburi ke dalam sepatu dan biarkan sampai semalaman.

Sedangkan untuk membersihkan sepatu kulit, caranya, kantong ceh celup bekas yang masih basah digosokkan ke sepatu dengan gerakan melingkar.

Selain sangat membantu untuk menyerap bau, juga akan menarik keluar kelembaban yang menjadi biang kerok munculnya bakteri.

Menyegarkan Udara

Manfaat teh celup bekas juga dapat menyegarkan udara di dalam rumah. Sebab, di dalam teh ini mempunyai sifat antibakteri serta bisa dipakai untuk menetralisir bau.

Selain itu, menambahkan bau wangi aromatik yang bagus untuk di dalam rumah atau kamar Anda.

Caranya, teh celup bekas tersebut dijemur di bawah sinar matahari sampai mengering. Kemudian menambahkannya beberapa tetes minyak esensial kesayangan Anda, dan akhirnya penyegar ruangan sudah siap dipakai.

Selain di dalam rumah, teh celup bekas itu juga bisa digantungkan di dalam mobil, kamar mandi atau tempat lainnya.

Atau, bisa juga dengan cara lainnya. Siapkan botol spray, lalu tuangkan dua cangkir teh yang sudah diseduh dari kantong teh dan masukkan ke dalam botol semprot.

Setelah itu, bisa ditambahkan air perasan lemon sebanyak empat sendok makan, serta beberapa tetes minyak esensial.

Nah, manfaat teh celup bekas sangat beragam bukan? Jadi manfaatnya tidak hanya untuk kesehatan, melainkan juga bisa berguna untuk merawat rumah Anda. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img