Manfaat Tertawa Menurut Peneliti Kesehatan, Bisa Memperkuat Imun Tubuh

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan. Photo: Net/Ist.
Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan. Photo: Net/Ist.

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan ternyata bisa memperkuat imun tubuh. Tak hanya itu, ada beragam manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan yang sangat baik bagi tubuh.

Tertawa mungkin menjadi salah satu ekspresi setiap orang dalam meluapkan rasa kegembiraannya.

Selain bisa membuat kita lebih awet muda, tertawa juga dapat dijadikan obat terbaik, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Dirangkum dari berbagai sumber, para peneliti kesehatan di beberapa negara sudah melakukan berbagai penelitian guna menyelediki secara mendalam manfaat dari tertawa.

Penelitian tersebut salah satunya dilakukan para peneliti di The Loma Linda University, California, yakni Dr. Stanley Tan dan Dr. Lee Berk.

Berikut ini hasil riset yang dilakukan para peneliti terkait manfaat sehat tertawa bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Tertawa Menurut Peneliti Kesehatan

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Saat merasa bahagia, suasana hati Anda menjadi lebih sehat. Tertawa menjadi salah satu ekspersi kebahagiaan yang dapat meningatkan sirkulasi dan konsumsi oksigen, serta menurunkan hormon stres.

Dengan tertawa Anda dapat melepaskan energi negatif yang bisa memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, tertawa juga bisa membuat tubuh mampu melawan bakteri dan infeksi pada saluran pernapasan.

Mengoptimalkan Fungsi Organ

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan bukan hanya menjaga kesehatan mental saja, tapi juga membuat sistem organ dalam tubuh bekerja optimal, seperti paru-paru, jantung dan otak.

Jadi bagi yang punya penyakit jantung, tertawa bisa menjadi salah satu cara penanganan terbaik.

Hal itu karena tertawa dapat menormalkan lagi tekanan darah, sekaligus meningkatkan aktivitas aerobik.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan yang berikutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Para peneliti mengungkap bahwa, ketika seseorang tertawa terjadi pelebaran pada pembuluh darah yang membuat aliran darah menjadi lancar.

Bagi mereka yang penderita hipertensi, hal tersebut tentnya sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darahnya.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan juga diyakini mampu meningkatkan kinerja otak lebih optimal. Karena tertawa dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stres.

Selain itu, saat tertawa maka hormon dopamin dan endorfin pada tubuh juga akan meningkat. Otak pun akan merasa lebih nyaman sehingga daya ingat Anda jadi lebih kuat.

Bukan hanya itu, tertawa juga dapat membuat tubuh Anda akan mengalami relaksasi seperti halnya sedang melakukan meditasi.

Melepaskan Kegangan Otot

Manfaat tertawa juga memiliki keterkaitan langsung melalui peregangan otot pada tubuh Anda. Menariknya, efek relaksasi yang dirasakan bukan hanya otot wajah, tapi seluruh tubuh.

Tertawa juga mampu melepaskan hormon yang dapa membuat Anda lebih senang. Jadi, kalau Anda ingin menghilangkan ketegangan fisik maupun mental tidak ada salahnya tertawalah.

Wajah Awet Muda

Manfaat tertawa menurut ahli kesehatan diantaranya bisa membuat wajah terlihat awet muda secara alami.

Jadi, Anda tak perlu repot-repot lagi memakai krim anti-aging dan lainnya jika ingin kulit wajah tampak awet muda.

Tertawa menjadi cara alami yang bisa Anda lakukan untuk merawat kesehatan serta kecantikan wajah, supaya selalu terlihat awet muda.

Karena, saat Anda tertawa otot-otot di wajah dan rahang akan meregang, sehingga hal ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.

Anda Menjadi Lebih Positif

Banyak orang menghadapi depresi, kecemasan, dan kesedihan. Tak jarang hal ini membuat Anda merasa sulit menghadapinya.

Untuk mengatasinya, tertawa menjadi salah satu solusi terbaik lantaran dengan tertawa Anda akan merasa lebih optimis dalam menjalani hidup.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan juga dipercaya dapat menurunkan berat badan berlebih.

Karena, saat tertawa secara tidak sadar Anda membuang kalori, dan metabolisme tubuh tengah bekerja optimal.

Pembakaran lemak di dalam tubuh terjadi saat Anda sedang tertawa, sehingga bobot badan pun akan mengalami penurunan.

Buat Anda yang saat ini tengah menjalani program diet sebagai upaya menurunkan berat badan, bisa dibarengi pula dengan sering tertawa.

Menjaga Sistem Pernapasan

Tertawa turut menjaga dan merawat fungsi sistem pernapasan. Manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan sangat baik bagi penderita penyakit asma.

Karena saat tertawa terjadi pengosongan paru-paru dari udara kotor di luar yang berpotensi dapat merusak fungsi organ pernapasan.

Apalagi Anda yang memiliki penyakit asma, sebaiknya cari hiburan yang bisa membuat Anda tertawa, sehingga penyakit asma dapat dikendalikan.

Melatih Otot Perut

Salah satu manfaat tertawa menurut peneliti kesehatan adalah untuk melatih otot perut. Ketika Anda tertawa, otot-otot perut akan mengembang dan berkontraksi.

Hal ini sama seperti saat Anda dengan sengaja melatih otot perut. Bahkan, otot yang tidak bekerja ketika tertawa juga akan terasa rileks.

Kalau Anda malas berolahraga tapi ingin punya perut rata, mungkin dengan cara tertawa bisa menjadi solusi alternatif untuk memiliki bentuk perut impian.

Memicu Pelepasan Endorfin

Endorfin merupakan obat alami penghilang rasa sakit. Dengan tertawa Anda sudah bisa melepaskan endorfin yang dapat membantu meringankan rasa sakit, dan membuat Anda merasa lebih baik. (Eva/R3/HR-Online)


Loading...