Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfat Tanaman Putri Malu, Bisa Redakan Batuk Hingga Luka

Manfat Tanaman Putri Malu, Bisa Redakan Batuk Hingga Luka

Manfaat Tanaman Putri Malu bagi kesehatan ternyata belum diketahui banyak orang. Manfaat tanaman tersebut bisa dikatakan demikian, karena saking mudahnya ditemui di pinggir jalan, di pinggir saluran irigasi atau di kebun-kebun, sehingga banyak orang mengabaikannya.

Tanaman ini memiliki sensitifitas untuk melindungi diri, yaitu jika tanaman tersebut disentuh, maka daunnya akan menutup dan mengatupkan daun-daun yang lainnya.

Tanaman putri malu masuk pada kategori tumbuhan liar. Ia memiliki sifat antivenom, anti asma, anti konvulsan dan anti depresan.

Selain itu, tumbuhan liar tersebut mengandung tonik, emetik, asam amino non protein, terpenoid, asam lemak, sterol dan tanin.

Manfat Tanaman Putri Malu

Tanaman yang sangat sensitif tersebut ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang dapat diandalkan sebagai obat alternatif untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah bermacam-macam khasiat yang bisa didapatkan dari tanaman putri malu.

Meredakan Batuk

Manfaat Tanaman ini ternyata dapat meredakan penyakit batuk berdahak. Solusi tersebut bisa dirasakan jika orang yang terkena batuk tersebut banyak mengkonsumsi air rebusan tanaman putri malu, dengan cara merebus tanaman putri malu dengan ukuran 10 sampai 15 gram dan air secukupnya.

Jika air tersebut telah dingin, maka mulailah minum air tersebut dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu.

Menyembuhkan Luka

Manfaat Tanaman Putri Malu dapat membantu proses percepatan dalam menyembukan luka. Hal tersebut dapat terjadi, karena dalam tanaman putri malu terdapat fenol yang dapat mengikis habis bakteri yang berefek pada infeksi kulit.

Mengobati demam

Manfaat dari Tanaman Putri Malu dapat mengobati penyakit demam yang disertai sakit kepala. Kandungan yang terdapat pada tanaman putri malu mampu mengontrol keadaan suhu tubuh agar setiap saat tingkat suhunya selalu normal.

Mengobati Luka Bagi Penderita Diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran yang berada dibawah naungan Universitas Brawijaya Kota Malang, ternyata manfaat dari Tanaman Putri Malu sangat manjur untuk mengobati luka yang ada pada penderita diabetes.

Dikatakan demikian, karena akar dari Tanaman Putri Malu yang dalam bentuk ekstrak kloroform, dapat berkhasiat untuk mengobati luka bagi para penderita diabetes.

Mengatasi Penyakit Hepatitis

Manfaat Tanaman Putri Malu juga dapat mengatasi penyakit bagi penderita hepatitis. Virus Hepatitis yang menyerang kesehatan tubuh manusia, dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi air rebusan dari tanaman putri malu

Dapat Melancarkan Saluran Kemih

Manfaat Tanaman Putri Malu salah satunya dapat melancarkan saluran pada kemih. Daun putri malu mengandung anti bakteri untuk membunuh dan mencegah serangan virus, bakteri dan kuman yang menyerang tubuh. Manfaat yang bisa dirasakan jika penderita saluran kemih banyak mengkonsumsi air rebusan  tanaman ini.

Melindungi Kesehatan Gigi

Manfaaat Tanaman Putri Malu juga mampu melindungi kesehatan gigi. Tentunya gigi merupakan anggota tubuh yang sangat vital untuk tampil di muka umum.

Orang biasanya jika gigi rusak, rasa percaya dirinya hilang. Dari dulu, tanaman putri malu sering dipakai untuk membersihkan bagian gigi atau dipakai melenyapkan bau yang tidak sedap.

Demikianlah berbagai manfaat Tanaman Putri Malu yang dapat kita coba khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita. Bagi para penderita penyakit seperti penyakit di atas, cobalah dari sekarang mengkonsumsi tanaman putri malu, terus berjuang dan jangan lupa berdoa, agar lekas sembuh. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -