Masa Inkubasi Virus Corona di Dalam Tubuh, Berapa Waktu yang Dibutuhkan?

Masa Inkubasi Virus Corona
Ilustrasi Masa Inkubasi Virus Corona. Fotro: Istimewa

Sebagai salah satu virus yang berbahaya, ketika menginfeksi tubuh seseorang, maka masa inkubasi virus Corona COVID-19 menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan.

Pada dasarnya, masa inkubasi merupakan selang waktu yang digunakan oleh Corona hingga menimbulkan gejala-gejala pertama kali yang muncul.

Sehubungan dengan virus yang dapat menular, masa inkubasi ini adalah waktu yang diperlukan guna melipatgandakan dirinya hingga mampu menimbulkan gejala pada inangnya atau tubuh manusia.

Mungkin di benak kita saat ini timbul suatu pertanyaan, berapa lama sebenarnya masa inkubasi yang dibutuhkan oleh Corona ketika berada dalam tubuh seseorang? Sehingga seseorang tersebut dapat dinyatakan positif terinfeksi.

Masa Inkubasi Virus Corona

Pandemi virus Corona memang menjadi permasalahan yang sangat pelik di bidang kesehatan seluruh dunia. Mengingat persebarannya yang sangat cepat, tentu saja menjadi kekhawatiran bagi berbagai pihak hingga lapisan masyarakat.

Bukan hanya sebagai masalah di bidang kesehatan saja. Adanya kasus virus Corona yang melanda sejumlah negara juga mempengaruhi pergerakan dan pertumbuhan ekonomi secara global.

Baca juga: Kelemahan Virus Corona, Mulai dari Suhu Panas Hingga Peran Antibodi

Sebagai bentuk penanganan dan pencegahannya, maka tidak hanya diambil alih oleh pemerintah saja, melainkan semua khalayak umum harus ikut berpartisipasi dengan mendukung segala kebijakan yang terbaik.

Salah satu tindakan yang dapat diwujudkan pertama kali ketika gejala virus Corona menginfeksi tubuh seseorang, maka segera berikan penanganan yang tepat agar tidak semakin menyebar. Hal tersebut tentunya juga berkaitan dengan masa inkubasi virus Corona.

Agar kita lebih waspada dan juga siap siaga, berikut ini penjelasan terkait masa inkubasi dari virus COVID-19.

Penjelasan WHO Terkait Masa Inkubasi untuk Virus COVID-19

Menurut WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa sebagian besar perkiraan masa inkubasi untuk virus COVID-19 yaitu berkisar antara satu hingga empat belas hari.

Sedangkan masa inkubasi yang paling umum yaitu sekitar lima hari. Namun, perkiraan tersebut akan mereka perbarui kembali saat lebih banyak data terbaru yang tersedia.

Penjelasan CDC Terkait Masa Inkubasi Virus Corona

Selain WHO, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga memberikan penjelasan mengenai masa inkubasi dari virus COVID-19 ini.

Melalui situs resminya, CDC memberikan pernyataan bahwa masa inkubasi untuk virus COVID-19 atau timbulnya gejala terinfeksi yaitu pada dua hingga empat belas hari.

Saat seseorang terbukti atau positif terinfeksi virus Corona Covid-19, awalnya dilaporkan dengan mengalami berbagai gejala ringan sampai penyakit parah. Bahkan tak main-main, hingga adanya kematian.

Baca juga: Gejala Awal Virus Corona, Dari Flu Sampai Diare

Ketika seseorang terinfeksi virus Corona dengan menimbulkan gejala yang ringan, maka gejala tersebut dapat muncul selama masa inkubasi virus Corona yaitu dua hingga empat belas hari setelah paparan virus tersebut.

Adanya masa inkubasi semacam itu, berdasarkan periode inkubasi virus MERS-CoV yang sempat mewabah pada tahun 2012 yang lalu.

Gejala Terinfeksi Virus Corona

Bukan lagi menjadi pengetahuan yang baru bagi masyarakat luas. Virus Corona merupakan virus yang ketika berhasil menginfeksi tubuh seseorang, maka bagian tubuh yang diserang adalah paru-paru.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masa inkubasinyadari dua hingga empat hari akan menimbulkan gejala ringan seperti demam, batuk, hingga sesak napas.

Dalam masa inkubasi virus Corona, terdapat kasus yang menyatakan bahwa ketika seseorang terinfeksi juga dapat menunjukkan gejala seperti demam yang diikuti dengan batuk kering.

Timbulnya batuk kering ini akan mengakibatkan masalah yang lebih serius lagi yaitu mengganggu pernafasan. Batuk tersebut berulang secara terus menerus dalam waktu satu jam.

Dalam kurun waktu 24 jam, terkadang pasien positif virus Corona akan mengalami tiga kali periode batuk. Batuk yang ditunjukkan ini berbeda dengan batuk biasanya.

Baca juga: Berkendara Motor di Tengah Wabah Virus Corona

Batuk yang dikarenakan adanya infeksi virus Corona, maka akan terasa lebih buruk. Saat gejala jelas terlihat pada tubuh manusia yang terinfeksi, menurut para ilmuwan, dibutuhkan waktu rata-rata lima hari.

Akan tetapi, penting pula untuk diwaspadai bahwa tidak semua orang yang terinfeksi menunjukkan gejala setelah lima hari. Justru sebagian orang mengalami gejala terinfeksi virus Corona lebih dari lima hari.

Itulah penjelasan terkait masa inkubasi virus Corona yang sangat penting untuk kita ketahui. Tentunya, dengan memahami masa inkubasi untuk virus Corona ini memudahkan kita dalam melakukan pencegahan penyebarannya. (R10/HR-Online)

Loading...