Masker Rambut Alami yang Bagus untuk Problem Rontok, Kering dan Berketombe

masker rambut alami
Ilustrasi masker rambut alami. Foto: Istimewa

Masker rambut alami merupakan pilihan yang murah namun efektif untuk perawatan rambut indah. Selain bisa bikin sendiri, masker rambut yang bagus ini juga mampu mengatasi masalah rambut rontok, bercabang, hingga berketombe.

Rambut merupakan mahkota terindah bagi kaum hawa. Memiliki rambut yang indah dan sehat tak hanya bisa meningkatkan rasa percaya diri, namun juga penting untuk menjaga penampilan.

Karena itulah tak sedikit wanita yang rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk perawatan rambut di salon. Bahkan perawatan mahal ini bisa dilakukan seminggu sekali atau bahkan lebih.

Padahal, ada banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut. Selain harganya murah, Anda bebas melakukan perawatan rambut agar hasilnya lebih efektif.

Bahan Masker Rambut Alami yang Bisa Dibikin Sendiri

Perawatan rambut sehat tak cukup hanya dengan menggunakan sampo ataupun kondisioner. Seperti halnya kulit tubuh, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Nah, buat Anda yang ingin memiliki rambut indah dan sehat, berikut ini beberapa bahan untuk masker rambut alami. Melakukan perawatan sendiri di rumah lebih efektif mengatasi berbagai problem rambut rontok atau berketombe.

Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah buaya (Aloe vera) sudah populer sebagai bahan alami yang sangat baik untuk merawat rambut indah. Bahan ini juga banyak digunakan produk shampo karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk rambut.

Tanaman ini kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan menutrisi rambut. Kandungan saponin berguna sebagai anti mikroba dan berkhasat untuk perawatan rambut rontok dan membuat rambut menjadi lebih tebal dan sehat.

Telur Ayam

Telur tak hanya kaya protein yang dibutuhkan akar rambut untuk pertumbuhannya. Nutrisi masker rambut alami juga penting untuk mengatasi rambut kering dan rusak sekaligus mampu melindungi rambut dari kotoran dan debu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni termasuk bahan alami yang efektif untuk digunakan sebagai kondisioner rambut. Nutrisinya akan mampu meresap dan melembabkan kulit kepala dan akar rambut. Rambut juga akan lebih lebat dan sehat alami.

TCL

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga banyak mengandung nutrisi yang penting untuk kulit kepala dan akar rambut. Perawatan dengan masker rambut alami bisa mengatasi rambut kusut dan berketombe serta menjadikan rambut lebih tebal dan bercahaya.

Buah Pisang

Buah pisang mengandung vitamin C dan B6, potasium, magnesium, kalium dan mangan yang baik untuk memberikan nutrisi untuk rambut sehat. Perawatan dengan bahan ini akan membuat rambut lebih tebal dan lembut.

Teh Hijau

Selain baik untuk diet dan kesehatan, teh hijau mengandung katekin yang ampuh mengatasi rambut yang rusak dan bercabang. Perawatan dengan masker rambut alami akan melindungi rambut dari kotoran yang merusak rambut.

Buah Wortel

Wortel tak hanya kaya vitamin A dan C, namun juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut. Kandungan beta-carotene wortel ampuh mengatasi rambut kering dan rontok serta membuat rambut lebih sehat dan indah.

Buah Strawberry

Buah imut yang disukai banyak orang ini kaya dengan vitamin A, B, B2, B3, B5, B6, dan C. Buah ini juga mengandung asam folat, kalsium, potasium, dan beta karoten yang berkhasiat mengatasi rambut rusak dan bercabang.

Cara Membuat Masker Rambut Alami

Merawat rambut secara mandiri dengan bahan alami sebenarnya sangat mudah. Anda juga bisa menggunakan masker rambut sebagai perawatan dua kali seminggu agar hasilnya efektif.

Untuk membuat masker rambut yang bagus dari bahan-bahan di atas tinggal menghaluskan buah pisang, wortel, atau yang Anda perlukan. Kemudian campurkan dengan madu dan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Pilihan bahan-bahan alami di atas sesuai dengan jenis rambut dan kondisi kerusakan yang dialami. Dengan perawatan menggunakan masker rambut alami akan mengatasi masalah rambut dan membuatnya sehat dan indah. (R9/HR-Online)

Loading...