Mau Berobat ke Penang? Berikut Pro dan Kontranya

berobat ke penang
Lima rumah sakit yang menjadi rujukan untuk berobat ke Penang. Foto : Istimewa

Penang, yang terletak di sebelah barat laut semenanjung Malaysia, merupakan negara bagian dengan populasi terpadat yang terkenal sebagai pusat kuliner di negeri jiran.

Selain itu, Penang juga sangat populer sebagai destinasi wisata medis, yang menjadi pilihan banyak pasien dari seluruh dunia termasuk pasien asal Indonesia.

Hal ini terbukti dari ratusan ribu pasien Indonesia yang berobat ke Penang setiap tahun. Saking banyaknya pasien asal Indonesia, wisata medis ke Penang menjadi semacam trend.

Tapi seperti yang dilansir oleh www.berobatkepenang.com, yang merupakan kantor perwakilan rumah sakit Penang di Indonesia.

Sebelum Anda memutuskan untuk ikut-ikutan trend ini, ada baiknya Anda pelajari dulu lebih lanjut pro dan kontra berobat ke Penang.

Mari kita bahas satu-satu.

Pro dan Kontra Berobat ke Penang

Pro

Faktor pro yang pertama adalah dari segi tenaga medis. Tim dokter di Penang terkenal profesional dan ramah. Mereka sangat mengerti, bahwa para pasien asal Indonesia sudah mengorbankan waktu dan tenaga untuk datang berobat ke Penang.

Atas dasar itu, bisa dipastikan bahwa kalau Anda berobat ke sana mereka akan memastikan bahwa Anda mendapatkan pelayanan dan hasil yang terbaik.

Mungkin sekilas terkesan sepele, karena toh masalah profesionalitas dan keramahan merupakan bagian dari sumpah jabatan, yang sudah selayaknya dimiliki dan dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai dokter.

Tapi kalau Anda pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan berhadapan dengan dokter yang tidak profesional dan tidak ramah, Anda akan mengerti mengapa faktor ini sangat penting.

Faktor kedua adalah dari segi fasilitas. Rumah sakit di Penang dilengkapi dengan fasilitas medis yang mumpuni.

Peralatan medis canggih yang tersedia ini sangat mendukung untuk proses penyembuhan pasien supaya bisa pulih lebih cepat.

Sudah sangat klasik ketika pasien berobat ke rumah sakit tertentu dan akhirnya harus dirujuk ke tempat lain, karena rumah sakit tersebut tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk menangani kondisi medis pasien.

Hal ini tidak perlu Anda khawatirkan akan terjadi seandainya memutuskan untuk berobat ke Penang.

Yang ketiga adalah faktor waktu dan biaya. Pertimbangan ekonomi bisa dibilang merupakan faktor paling penting.

Percuma jika sebuah rumah sakit memiliki tim dokter yang profesional dan ramah, dilengkapi dengan fasilitas medis terbaik di dunia, tapi biaya pengobatannya tidak terjangkau oleh pasien.

Biaya berobat di Penang tidak berbeda jauh dengan jika pasien berobat di Indonesia. Jadi tidak mengherankan, jika banyak pasien Indonesia yang lebih memilih untuk berobat ke rumah sakit di Penang, dibandingkan dengan di rumah sakit lokal.  

Setelah kita membahas faktor-faktor pro untuk berobat ke Penang, mari kita bahas kontranya, supaya Anda mendapatkan informasi yang lengkap dan seimbang sebelum mengambil keputusan.

Kontra

Jarak dan lokasi. Meskipun Malaysia khususnya Penang relatif dekat dengan Indonesia, tetap saja untuk ke sana pasien harus naik pesawat.

Belum lagi harus menginap di hotel karena untuk pulang pergi berobat ke sana, dan mengunjungi rumah sakit, paling tidak akan memakan waktu 2 hari.

Biaya transport dan akomodasi perlu dikalkulasi dan menjadi bahan pertimbangan pasien. Dan yang tidak kalah penting tentu saja adalah masalah waktu. Pasien tentu saja harus meluangkan waktu ditengah kesibukannya untuk bisa berobat ke Penang.

Kesimpulan

Nah setelah mempelajari baik faktor-faktor pro maupun kontra berobat ke Penang, Anda bisa menjadikan informasi-informasi yang sudah kita bahas ini, sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan.

Rasanya kurang bijak kalau Anda memutuskan untuk berobat ke Penang hanya karena ikut-ikutan saja. Setiap pasien tentunya memiliki kondisi dan situasi yang berbeda, jadi yang baik dan cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda.

Sekali lagi, dapatkan informasi yang lengkap dan seimbang untuk dipelajari sebelum memutuskan. Jadi berobat ke mana yang sesuai untuk Anda? Keputusan di tangan Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...