Membuat Dalgona Coffee di Rumah dengan Mudah

Membuat Dalgona Coffee
Dalgona Coffee. Foto: Net/Ist

Membuat dalgona coffee kini sedang trend di tengah wabah covid-19. Membuat dalgona ini bisa menjadi pengusir rasa jenuh yang ampuh selama Anda di rumah.

Sebagaimana diketahui, akhir-akhir ini pemerintah menganjurkan agar semua masyarakat melakukan sosial distancing, sehingga kegiatan yang bersifat di luar rumah dikurangi, bahkan berkerumun pun tak diperbolehkan.

Untuk mengisi kegiatan selama di rumah, tidak ada salahnya mencoba beberapa hal baru, termasuk mencoba belajar memasak, membuat minuman serta kegiatan produktif lainnya.

Membuat Dalgona Coffee

Untuk membuat menu yang lagi trend ini, Anda bisa menyiapkan sejumlah bahan yang memang tidak begitu sulit didapatkan. Bahan-bahannya antara lain: 2 sdm bubuk kopi hitam instan, 2 sdm gula pasir, 2 sdm air panas, susu almond, 400 ml krimer cair.

Setelah bahan-bahan di atas disiapkan, selanjutnya adalah proses pembuatannya. Ikuti langkah berikut:

  1. Siapkan mangkuk dan kemudian masukkan kopi hitam instan ke dalam mangkuk. Tambahkan gula pasir serta sedikit air pas.
  2. Kocok bahan-bahan tersebut menggunakan mixer atau kocokan telur secara manual hingga berbusa dan berubah warna menjadi coklat muda dengan tekstur creamy.
  3. Siapkan gelas yang berisi es batu bila ingin disajikan secara dingin. Kemudian tuangkan susu almond serta krimer cair ke dalam kopi yang sudah diolah tersebut.
  4. Selanjutnya tambahkan bubuk matcha atau coklat untuk kreasi toping kopi ini.
  5. Bila ingin membuat dalgona coffee dalam keadaan panas, Anda bisa memanaskan susunya terlebih dahulu. Jika ingin menghindari kandungan lemak berlebih, Anda bisa memilih jenis susu rendah lemak.

Khasiat Minuman Dalgona Coffee

Sampai hari ini belum ada peneliti yang melakukan penelitian terhadap dalgona coffee. Meski begitu, kita dapat melihat kandungan dari tiap bahan saat proses pembuatannya. Berikut khasiat dari bahan dalgona coffee untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Energi

Kandungan kafein dalam kopi sangat berguna untuk meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan fungsi otak. Sementara manfaat gula juga sumber energi dalam tubuh.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Manfaat dari membuat dalgona coffee ternyata salah satunya sangat baik untuk kesehatan tulang jika dilihat dari komposisi yang ada, yakni adanya susu yang mana sangat baik untuk tulang Anda.

Kandungan dalam susu seperti fosfor, kalsium, kalium, hingga vitamin K2 yang dapat membantu untuk membentuk tulang sehat dan kuat.

Menambah protein

Selain baik untuk kesehatan tulang, susu juga mengandung asam amino yang menjadi sumber protei lengkap. Protein memiliki beberapa peran penting bagi tubuh salah satunya adalah pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan sel.

Mengurangi Risiko Penyakit  Kronis

Selain dapat meningkatkan energi dan mengurangi stress, kopi juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, kopi juga dipercaya dapat menurunkan beberapa risiko penyakit kronis.

Dari penjelasan membuat dalgona coffe di atas yang begitu mudah, bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan saat di dalam rumah. Sehingga, kemampuan membuat minuman olahan Anda bertambah. (Muhafid/R6/HR-Online)