Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami, Tidak Sulit dan Lebih Aman

Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami
Ilustrasi membuat hand sanitizer. Foto : iStock

Membuat hand sanitizer sendiri terutama dengan menggunakan bahan alami lebih baik ketimbang beli di apotek atau toko alat kesehatan. Sebab, membuat hand sanitizer dari bahan alami ini lebih aman, baik itu untuk kulit atau organ tubuh lainnya.

Seperti kita ketahui bahwa dengan adanya wabah Covid-19 atau virus Corona, yang menyerang hampir seluruh negara di belahan dunia ini, menjadikan bukan hanya masker saja yang langka, melainkan hand sanitizer juga sama.

Selain langka, harga pembersih tangan itu pun pasti akan mahal, dari harga sebelum wabah virus Corona menerjang termasuk negara Indonesia.

Untuk itu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri, dengan menggunakan bahan alami yang bahkan tidak sulit didapatkan.

Seperti yang diungkapkan oleh Heni, warga Kota Banjar, Jawa Barat. Dia mengolah daun sirih dan sebagainya, yang ada di pekarangan rumahnya untuk dijadikan hand sanitizer alami.

Sementara cara pembuatannya, Heni dapatkan tutorial dari Youtube, serta membaca beberapa artikel yang dirilis di internet.

Bahan Alami untuk Membuat Hand Sanitizer

Sesuai dengan anjuran dari pemerintah, untuk mencegah dan membunuh virus Corona itu maka harus sering mencuci tangan, baik itu memakai sabun antiseptik atau sejenisnya dan hand sanitizer.

Namun masalahnya, untuk menggunakan sabun tidak simple jika dibawa ke mana-mana. Sedangkan hand sanitizer sudah langka di apotek atau toko kesehatan, jika pun ada harganya tidak murah.

Selain daun sirih yang bisa dijadikan hand sanitizer, ternyata masih ada lagi bahan alami yang dapat dibuat pembersih tangan antiseptik.

Penasaran bahan alami apa saja itu? Berikut daftarnya beserta cara membuat hand sanitizer dari bahan tersebut.

Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Cara membuat pembersih tangan antiseptik dari sirih dan kulit rambutan tidak lah sulit. Yang pertama siapkan terlebih dulu dua bahan alami tersebut, kemudian botol spray sebagai wadahnya.

Setelah bahan sudah siap, maka daun sirih dan kulit rambutan direbus, namun jangan bersamaan, karena yang akan dimabil adalah ekstrak dari dua bahan alami itu.

Lalu, kedua ekstrak tersebut dicampurkan ke dalam botol spray yang sudah diisi air secukupnya. Anda juga menambahkan minyak zaitun beberapa tetes saja, supaya kulit tetap lembut.

Mengapa memakai daun sirih untuk membuat hand sanitizer, karena daun ini memiliki sifat antiseptik. Sedangkan kulit rambutan mempunyai sifat antioksidan.

Namun, jika kulit rambutan tidak ada bisa Anda ganti dengan menggunakan kulit dari buah manggis, sebab mempunyai sifat yang sama.

Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Daun kemangi serta lidah buaya juga bisa dijadikan hand sanitizer alami. Pasalnya, sama seperti daun sirih, daun kemangi juga memiliki sifat antiseptik, serta lidah buaya mempunyai sifat antioksidan.

Cara membuat hand sanitizer dari bahan itu, pertama kupas terlebih dulu lidah buaya-nya. Kemudian dihaluskan berbarengan dengan daun kemangi, bisa memakai blender atau sejenisnya. Setelah itu, disaring untuk memperoleh ekstraknya.

Untuk menambah wangi, larutkan bubuk daun jeruk dengan menggunakan air secukupnya. Setelah itu, campur bubuk daun jeruk plus air dengan ekstrak dua bahan tersebut.

Sesudah itu, dimasukkan ke dalam botol spray, dan siap digunakan untuk membersihkan tangan Anda.

Minyak Esensial dan Lidah Buaya

Membuat hand sanitizer selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan minyak esensial plus lidah buaya. Untuk membuatnya pun tidak lah sulit.

Cukup dengan mencampurkan minyak esensial dan lidah buaya yang sudah jadi gel ke dalam botol spray yang sudah diisi alkohol.

Mengapa harus menggunakan alkohol? Sebenarnya, minyak esensial dan lidah buaya berfungsi untuk melembabkan kulit. Jadi untuk membunuh kuman yang ada di tangan bisa dengan memakai alkohol, namun kandungannya lebih dari 60 persen.

Menggunakan Lemon

Bahan lainnya yang bisa dijadikan hand sanitizer adalah lemon. Buah yang satu ini di dalamnya mengandung asam yang lumayan tinggi.

Sedangkan cara membuat hand sanitizer dari bahan lemon, pertama buah tersebut diperas terlebih dulu, lalu perasan lemon itu dicampur dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol spray. 

Ternyata buah lemon itu selain dijadikan hand sanitizer alami yang bisa membasmi kuman yang ada di tangan, juga dapat menjadikan kulit tetap cerah dan lembut.

Pakai Cuka Putih

Cuka putih bukan hanya dijadikan sebagai bahan penambah penyedap rasa pada makanan saja. Namun, bahan ini bisa dipakai untuk membuat hand sanitizer alami.

Cara membuatnya sangat mudah, tinggal mencampurkan cuka putih dengan air sedikit, kemudian masukkan ke dalam botol spray. Untuk hasil lebih baik atau menjaga kualitas, simpan terlebih dulu di lemari pendingin atau kulkas.

Cuka putih sendiri merupakan bahan yang memiliki kemampuan melarutkan residu serta menetralkan bau.

Bukan hanya itu, bahan ini juga tak beracun serta mempunyai kemampuan untuk terurai sekaligus, menjadikannya ramah lingkungan.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, cuka putih memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga, dapat membantu membunuh bakteri, plus bisa dijadikan disinfektan yang efektif.

Cara Lain Membuat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

Selain cara di atas, masih ada tips lainnya yang bisa digunakan untuk menjadikan hand sanitizer.

Bahan yang perlu disiapkan diantaranya lidah buaya, cuka putih, minyak atsiri, colloidal silver, dan alkohol.

Untuk minyak atsiri mempunyai kualitas sebagai antibakteri, antijamur, serta antimikroba. Sedangkan colloidal silver terkenal sebagai antibiotik alami dan antimikroba.

Sementara untuk membuat hand sanitizer dengan menggunakan alkohol sudah sesuai dengan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Pasalnya, alkohol dengan kandungan lebih dari 60 persen merupakan paling efektif untuk membunuh kuman.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Siapkan 120 ml atau setengah gelas air lidah buaya yang sudah disaring.

Siapkan pula cuka putih sebanyak 120 ml, 10 sampai 12 tetes minyak atsiri, dan satu sendok makan colloidal silver serta isopropil alkohol.

Jika bahan itu sudah disiapkan, langkah selanjutnya mencampurkan ke dalam mangkuk aduk sampai rata. Pakai botol spray untuk penggunaan supaya lebih praktis.

Meski membuat hand sanitizer pakai bahan alami tidak sulit, namun perlu diketahui bahwa daya tahannya berbeda dengan produk kemasan yang ada di apotek atau toko kesehatan. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...