Memilih Aki Mobil Berkualitas Terbaik

Memilih Aki Mobil

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Memilih Aki Mobil Berkualitas Terbaik. Salah satu komponen penting yang dibutuhkan pada mobil ialah aki.

Ketika masa aki telah habis tentu perlu adanya penggantian, maka diperlukan pemilihan aki yang tepat agar mobil Anda dapat bekerja secara maksimal.

Kali ini akan kita ulas mengenai beberapa cara memilih aki mobil yang bisa Anda terapkan.

Memilih Aki Mobil

Pastikan Sesuai dengan Mobil Anda

Setiap mobil tentunya memiliki spesifikasi tersendiri dalam tiap komponennya. Sehingga penting bagi Anda untuk mempelajari terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dan yang harus dihindarkan dari mobil Anda.

Misalnya saja aki, dimana dari tiap mobil memiliki standarisasi, jenis serta tipe tersendiri yang berbeda-beda.

Ketika Anda telah mengetahui tipe aki apa yang sekiranya cocok, kemudian ingin mengupgrade dari aki sebelumnya.

Maka pastikan tegangan (voltage) aki lama harus setara dengan yang baru. Selain itu kenaikan ampere aki tidak sampai lebih dari 15% dari standart mobil tersebut.

Pertimbangkan Brand Aki

Beberapa merk aki mobil dengan kualitas yang unggul tersedia di pasaran. Namun kualitas yang dijaminkan belum tentu sesuai dengan standart mobil yang Anda miliki.

Maka cara memilih aki mobil yang baik selanjutnya ialah dengan mempertimbangkan kembali brand apa yang sekiranya cocok dengan mobil Anda.

Beberapa brand aki yang saat ini cukup populer di masyarakat yakni Yuasa, Amaron, Delkor, GS, dan beberapa brand lainnya. Dengan kualitas unggulan dan terpercaya, brand-brand tersebut dapat Anda pertimbangkan.

Memilih Aki Kering atau Basah

Diantara jenis aki mobil yang ada ialah aki basah dan aki kering. Aki kering memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aki basah.

Diantaranya ialah rentang waktu penggunaan yang lebih lama. Namun aki kering tetap memiliki kekurangan, seperti harganya yang relatif mahal serta daya tahan yang kurang terhadap panas.

Jika Anda lebih memilih aki basah yang lebih murah serta daya tahan yang lebih kuat, maka jangan lupa untuk lebih sering mengecek kondisi cairan elektrolit pada aki tersebut.

Pastikan terlebih dahulu apabila volume cairan aki ada diantara batas minumun dan batas maksimum.

Perhatikan Kapasitas Aki

Selain beberapa tahapan tersebut, cara memilih aki mobil yang baik selanjutnya ialah memperhatikan kapasitas aki.

Tidak memandang apakah aki kering ataukah basah, keduanya memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

Cek terlebih dahulu ampere, dimensi, ukuran, serta tegangan yang ada pada aki tersebut. Jika telah sesuai dengan standart mobil Anda, jangan lupa untuk menghindari memilih aki yang memiliki tegangan lebih tinggi dibanding standar mobil.

Hal ini dapat menimbulkan komponen-komponen pada mobil Anda menjadi cepat rusak itulah cara yang direkomendasikan memilih aki mobil, semoga bermanfaat! (Deni/R4/HR-Online)

Loading...