Ingin Memulai Bisnis Startup? Baca Ini Dulu!

Ingin Memulai Bisnis Startup, Baca Ini Dulu!
Saat ini banyak anak muda ingin memulai bisnis startup. Foto:Ist/Net

Saat ini banyak anak muda ingin memulai bisnis startup namun bingung darimana. Maraknya bisnis startup belakangan tampaknya memang ikut menggairahkan keinginan anak muda untuk menciptakan sesuatu yang inovatif.

Tingginya penetrasi internet di Indonesia, populasi masyarakatnya yang makin melek internet, dan pertumbuhan perusahaan rintisan digital yang masif menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda untuk mencoba bisnis ini.

Yang menarik, startup bisnis online ataupun sebuah perusahaan rintisan buatan entrepreneur Indonesia semakin dilirik oleh para investor asing. Bahkan tak sedikit para pendiri bisnis online dan pemodal luar negeri yang seakan berburu usaha ini.

Menjalankan dan memulai bisnis startup tak hanya menyenangkan. Memiliki startup yang berhasil sukses juga bisa memberi kepuasan yang tiada tara. Usaha serta kerja keras kita dalam membangun sebuah bisnis selama ini akan terbayarkan.

Ini Ide dan Cara Memulai Bisnis Startup yang Semoga Bisa Menginspirasi

Ada banyak mimpi yang ingin diwujudkan oleh seseorang, baik itu pelajar, mahasiswa, atau yang baru lulus dari perguruan tinggi. Ini wajar mengingat idealisme anak muda pada pemikiran pekerjaan yang menantang.

Namun tak sedikit pula anak muda yang lebih realistis tanpa perlu melamar ke perusahaan besar yang diinginkannya. Apalagi persaingan kerja juga tidak mudah. Inilah saatnya anak muda untuk memulai bisnis startup yang sedang populer.

Nah, buat Anda yang tertarik terjun dalam bisnis digital ini, berikut ini beberapa ide yang semoga bisa memberikan inspirasi untuk mengawali dan menjalankan bisnis stratup.

1.Memulai dari Ide Simpel

Masih bingung ingin membuat produk atau layanan seperti apa yang cocok untuk dijual? Daripada pusing mengapa tidak mencoba memulainya dari hobi Anda? Sebagai pebisnis Anda nantinya dituntut bekerja 24 jam perhari, 7 hari seminggu.

Contohnya bila Anda memiliki hobi bermain basket, maka Anda dapat memulai bisnis dengan membuat situs online yang menjual jersey, sepatu, dan berbagai macam aksesoris lainnya yang dapat dikenakan para atlet.

2. Buatlah Keunikan

Keunikan produk sangat diperlukan dalam memulai bisnis startup. Ini penting agar bisnis Anda bisa menawarkan sesuatu yang berbeda yang selama ini masih belum pernah diberikan para kompetitor Anda pada pelanggannya.

Jika anda menawarkan produk atau layanan yang sama, Anda perlu bersaing harga dengan kompetitor. Namun jika Anda memiliki sesuatu yang beda dan unik, orang tentunya akan memilih Anda, berapapun harga yang dipatok.

3. Tidak Perlu Takut Modal

Modal adalah salah satu faktor penting dalam memulai bisnis startup. Modal ini bisa Anda dapatkan dari tabungan Anda sendiri, investor, pinjaman dari bank, atau pun sumber lainnya.

Namun bila modal Anda masih belum cukup akan tetapi tidak ingin berhutang, maka Anda dapat membuat startup yang lini bisnisnya tanpa modal yang besar. Sehingga Anda cukup menjadi reseller suatu produk atau layanan.

4. Bisnis yang Legal Itu Lebih Berkah

Jadikanlah bisnis Anda sebagai bisnis yang legal dan juga diakui secara hukum. Langkah memulai bisnis startup adalah menentukan struktur hukum dan pilihlah nama untuk bisnis yang akan Anda dirikan.

Setelah itu daftarkan nama bisnis ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual sebagai salah satu merek dagang resmi dan juga sah di mata hukum. Dengan demikian, Anda nantinya bisa menuai keuntungan jangka panjang dari bisnis Anda.

Itulah sekilas informasi tentang sejumlah ide maupun tahapan cara memulai bisnis startup yang semoga bisa menginspirasi. Dengan sedikit kreativitas Anda bisa melengkapi informasi di intenet maupun aktif berdiskusi dalam forum-forum online. (R9/HR Online)