Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel dengan Bahan Alami

ilustrasi menghilangkan jerawat batu
Ilustrasi menghilangkan jerawat batu pada wajah. Foto : skinmiles

Cara menghilangkan jerawat batu biasanya banyak dicari anak muda. Pasalnya, dengan adanya jerawat batu pada wajah, tentu menjadi tidak sedap dipandang terlebih dalam masa puber.

Jerawat batu umumnya ada di wajah dan berwarna kemerahan, yang disertai dengan benjolan tapi tidak namun penuh nanah.

Tapi ada anggota badan lainnya yang juga bisa diserang jerawat yaitu bagian bahu, lengan atas, punggung serta dada.

Selain membuat tidak percaya diri, minder serta malu, jerawat ini juga biasanya menimbulkan gatal bahkan rasa sakit, yang pastinya sangat menyiksa.

Sebelum mengulas cara membersihkan jerawat batu, terlebih dulu membahas apa itu jerawat.

Mengutip dari berbagai sumber, jerawat ialah kondisi kulit yang terjadi ketika tersumbatnya folikel oleh sel kulit mati serta minyak.

Dengan tersumbatnya pori-pori pada kulit, maka akan menimbulkan kantong nanah yang meradang. Dan umumnya, jerawat menyerang remaja atau dewasa muda.

Seorang peneliti tentang masalah jerawat ternama di dunia, Kligmann, mengungkapkan bahwa tidak ada 1 orang di dunia, yang semasa hidupnya tanpa sebuah jerawat pada kulitnya.

Sedangkan kemungkinan penyebab jerawat itu sendiri, yaitu adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.

Sementara perubahan hormonal lainnya yang sebagai pemicu keluarnya jerawat ialah stres, pemakaian pil KB, kehamilan, serta masa menstruasi.

Adapun ciri dari jerawat batu antara lain bentuknya besar serta warnanya merah. Di dalam kantongnya itu ada nanahnya. Dan komedo putih tidak terlihat.

Sebelum membahasa cara menghilangkan jerawat batu, sebaiknya kenali dulu penyebabnya.

Selain penyebab di atas, jerawat batu bisa muncul karena faktor lainnya. Seperti genetik atau keturunan dari orang tua yang memiliki riwayat kulit berjerawat.

Bisa juga diakibatkan oleh munculnya bakteri yang bersumber dari keringat atau tingkat kelembapan yang tinggi.

Banyak berkeringat ditambah pori-pori tersumbat juga bisa menyebabkan jerawat batu. Selain itu, salah dalam memilih kosmetik serta iritasi kulit.

Penyebab lainnya bisa juga disebabkan karena penggunaan bahan kimia atau obat, seperti kortikosteroid, isoniazid, phenytoin atau lithium.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Sebenarnya banyak tersedia di toko kesehatan atau apotek yang menjual obat, krim atau salep yang bisa mengusir jerawat batu.

Namun, karena benda tersebut biasanya terbuat dari bahan kimia, maka kemungkinan bisa beresiko terhadap kulit, terlebih jika tidak cocok dengan kulit.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika memanfaatkan bahan alami yang tidak sulit di dapat, untuk dijadikan ramuan penghilang jerawat batu.

Madu, Jeruk Nipis serta Kunyit

Ketiga bahan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sejak zaman dulu bahan-bahan itu biasa digunakan untuk obat herbal yang ampuh mengobat penyakit.

Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan tiga bahan alami tersebut?.

Langkah yang pertama adalah setelah ketiga bahan itu siap, selanjutnya kunyit dihaluskan dan kemudian menambahkannya dua sendok makan madu serta jeruk nipis.

Setelah itu, ketiga bahan itu dicampurkan dan aduk sampai merata serta berbentuk pasta. Nah, pasta itulah yang digunakan sebagai masker wajah untuk mengusir jerawat batu.

Namun untuk hasil maksimal, biarkan pasta tersebut di wajah selama 10 menit. Setelah itu, cuci muka dengan menggunakan air bersih.

Kentang

Bahan alami lainnya yang dipercaya bisa menghilangkan jerawat batu adalah kentang. Apa benar jenis umbi-umbian ini bisa mengusir jerawat batu?.

Mengutip dari situs naturalremedyideas.com, kentang yang di dalamnya terkandung nutrisi sangat baik dan aman mengatasi jerawat.

Bukan hanya itu, selain mengusir jerawat, kandungan nutrisi tersebut juga sangat bagus untuk mencerahkan serta menghaluskan kulit.

Sedangkan menggunakan kentang untuk mengusir jerawat batu tidak lah sulit. Yang pertama kupas satu buah kentang kemudian dipotong-potong tipis.

Setelah itu, potongan kentang yang tipis itu ditempelkan ke bagian anggota badan seperti wajah yang ada jerawat batunya.

Biarkan selama sekitar sepuluh menit, setelah itu jika jerawat batu ada di bagian muka, maka cuci muka dengan menggunakan air dingin bersih.

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini kaya akan kandungan mineral, antioksidan, serta vitamin C dan vitamin E.

Bukan saja berkhasiat dalam perawatan rambut, lidah buaya juga dapat dijadikan herbal untuk menghilangkan jerawat batu.

Langkah yang pertama adalah mengambil daun lidah buaya, lalu daun tersebut dibelah pada bagian tengahnya, dan cukup ambil gelnya.

Setelah itu, gel lidah buaya tersebut dihaluskan. Jika sudah halus maka bisa digunakan sebagai masker wajah untuk mengusir jerawat batu.

Sama seperti cara di atas, diamkan masker dari lidah buaya itu hingga mengering. Kemudian cuci muka dengan memakai air bersih.

Putih Telur

Selain bahan di atas, putih telur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat batu yang membandel.

Pasalnya, di dalam putih telur tersebut terdapat kandungan enzim lusozim, yang dipercaya bisa menghancurkan dinding sel dari ‘serangan’ bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, putih telur juga bisa mengurangi minyak wajah yang berlebih serta mengecilkan pori-pori kulit.

Lantas bagaimana cara alami menghilangkan jerawat batu dengan memakai bahan putih telur tersebut?.

Sudah pasti yang pertama menyiapkan satu buah telur, dan hanya diambi lbagian putihnya saja.

Kemudian kocok putih telur sampai mengembang, setelah itu dioleskan ke bagian anggota tubuh yang berjerawat, dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Daun Sirih

Saat ini daun sirih menjadi sedang trending, karena daun tersebut bisa diolah menjadi hand sanitizer, yang dipercaya bisa mencegah virus Corona.

Daun sirih tidak sulit didapat karena bisa diperoleh di mana saja. Selain dijadikan hand sanitizer, daun yang baunya yang khas itu dapat juga menghilangkan jerawat batu.

Hal itu dikarenakan tingginya kandungan antiseptik yang ada di daun sirih, dan dipercaya bisa membasmi jerawat membandel.

Lalu bagaimana cara menggunakannya? Yang pertama menyiapkan sepuluh lembar daun sirih, air hangat secukupnya dan sedikit garam halus.

Untuk daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian bubuhkan sedikit garam halus. Tambahkan beberapa tetes air hangat pada tumbukan tersebut.

Setelah itu, campur sampai merata. Oleskan tumbukan tersebut ke bagian wajah atau anggota tubuh lainnya yang ada jerawat membandel. Diamkan selama 15 sampai 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.

Supaya cara menghilangkan jerawat batu itu bisa maksimal, maka ulangi setiap hari sampai jerawat hilang. (Adi/R5/HR-Online)