Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita PangandaranMenjelang Ramadan, Pemdes Jayasari Pangandaran Bersihkan TPU

Menjelang Ramadan, Pemdes Jayasari Pangandaran Bersihkan TPU

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menjelang masuknya bulan suci Ramadan, Pemdes Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran melaksanakan bakti sosial membersihkan Tempat Pemakaman Umum.

Kepala Desa Jayasari, Oban Sobandi, mengatakan, dalam kegiatan rutin yang selalu digelar setiap menjelang ramadan dan di tengah wabah covid-19 ini, pihaknya sengaja melibatkan puluhan petugas untuk membersihkan TPU. Sehingga, masyarakat tidak berkerumun di lokasi.

“Untuk menghindari kerumunan massa yang lebih banyak, maka untuk tahun ini kami melaksanakan pembersihan makan dilakukan oleh pemerintah desa. Biasanya setiap menjelang Ramadan masyarakat beramai-ramai membersihkan makam, namun kali ini Pemdes yang melakukannya,” ujar Oban kepada HR Online, Sabtu (11/04/2020).

Untuk mebersihkan TPU ini, kata Oban, pihaknya mengerahkan sebanyak 12 mesin rumput. Sehingga, dalam 2 hari bisa selesai.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat yang akan nyekar atau pun berziarah diharapkan ditunda terlebih dahulu alias berdoa di rumah masing-masing. Jika pun memaksa untuk ke makam, masyarakat agar tidak bergerombol atau berkerumum.

“Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus patuh terhadap apa yang sudah disarankan pemerintah. Hal itu semata-mata demi kita, demi kesehatan kita semua dalam rangka menghindari penyebaran virus corona,” paparnya. (Enceng/R6/HR-Online)