Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadan

Menu Sahur
Olahan makanan sehat di bulan puasa. Foto: Net/Ist

Menu sahur pertama pada bulan ramadan menjadi salah satu yang dicari sebelum menjalankan ibadah puasa. Menu yang disiapkan pun cukup beragam dari berbagai olahan makanan.

Perlu diketahui, dalam hal mengkonsumsi makanan saat menjalankan puasa sebetulnya tidak jauh berbeda dengan hari biasanya, hanya saja waktunya yang berubah.

Karena itu, Anda sebaiknya mengontrol makanan yang akan dikonsumsi agar kondisi badan tetap sehat dan tidak mengalami perubahan yang signifikan, baik berat badan menjadi naik drastis ataupun turun drastis.

Untuk menjaga kesehatan selama puasa, sebaiknya porsi makan tidak dikurangi atau ditambahkan secara berlebihan agar pencernaan di dalam tubuh tetap stabil, tubuh sehat, daya tahan kuat serta berat badan tidak naik ataupun turun drastis.

Menu Sahur yang Sehat

Guna menjaga kondisi badan agar tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan, ada beberapa hal yang perlu dipehatikan dalam hal makanan.

Bukan hanya jenis makanan saja yang sehat, namun takarannya pun juga harus seimbang agar sistem pencernaannya berjalan dengan baik. Berikut anjuran untuk menunya:

Makanan Mengandung Karbohidrat Komplek

Agar badan Anda tetap fit selama menjalankan puasa, saat sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang mana mengandung serat seperti halnya nasi merah.

Dalam menu sahur yang sehat sebaiknya tidak mengkonsumsi nasi putih lantaran menyebabkab gula akan naik begitu cepat, dan turunnya pun sangat cepat sehingga menimbulkan cepat lapar. Sedangkan dengan nasi merah tidak demikian.

Jika Anda mengkonsumsi kentang, sebaiknya jangan dikupas kulitnya ketika diolah. Sebab, kandungan serat dalam kentang berada pada bagian permukaannya, atau kulit.

Makanan Mengandung Protein

Menu sahur selanjutnya adalah makanan yang mengandung protein agar makanan yang dikonsumsi sebelumnya bisa kenyangnya terasa lebih lama, menambah kekebalan tubuh, serta lainnya.

Adapun olahan makanan yang mengandung protein untuk sahur seperti tahu, tempe, ikan, ayam, serta putih telur yang merupakan sumber protein

Makanan Mengandung Serat

Serat yang terkandung dalam buah-buahan atau pun sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh Anda, terutama saat menjalankan ibadah puasa.

Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayur seperti brokoli, bayam, wortel atau pun daun kale. Sedangkan buah Anda bisa mengkonsumsi Alpukat, Apel, Pir, pisang serta lainnya.

Sementara itu, Anda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam menu sahur ataupun saat buka puasa, seperti goreng-gorengan, apalagi memakan makanan yang pedas. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...