Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Menurunkan kolesterol tinggi secara alami sebenarnya mudah dilakukan, salah satunya dengan mengubah gaya hidup. Foto: Net/Ist.
Menurunkan kolesterol tinggi secara alami sebenarnya mudah dilakukan, salah satunya dengan mengubah gaya hidup. Foto: Net/Ist.

Menurunkan kolesterol tinggi secara alami sebenarnya mudah dilakukan, salah satunya dengan mengubah gaya hidup. Cara menurunkan kolesterol tinggi ini terbukti ampuh.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan yang benar membuat kadar kolesterol di dalam darah akan terkontrol baik.

Banyak orang yang tidak menyadari akan meningkatnya kolesterol karena memang tidak ada gejala yang dirasakan.

Tingginya kolesterol terjadi ketika kadar kolesterol di dalam darah di atas kadar normal, yakni >200 mg/dL.

Dirangkum dari berbagai sumber, low density lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat. Bila dibiarkan hal ini akan meningkatkan risiko timbulnya beragam penyakit, seperti stroke dan jantung.

Agar terhindar dari risiko munculnya komplikasi penyakit, Anda harus tahu cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol.

Seorang ahli gizi dan dokter dari Inggris, Sarah Franciosi, menjelaskan, ada beberapa langkah sederhana menuju gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini beberapa langkah agar kadar kolesterol dalam darah tetap normal yang dianjurkan dokter Sarah Franciosi dari Inggris.

Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Olahraga Rutin

Rutin melakukan olahraga setiap hari agar tubuh berkeringat, meskipun itu hanya sebentar akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Penelitian menemukan, selain menghindarkan diri dari stres karena pekerjaan, gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga bisa membantu turunkan kolesterol.

Sarah Franciosi menjelaskan, olahraga secara teratur akan membantu high density lipoprotein (HDL) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat.

Karena, kolesterol HDL membantu menghilangkan kolesterol berlebih dari aliran darah, serta mengembalikannya ke hati.

Untuk itu ia menyarankan setidaknya lakukan olahraga 30 menit saja dalam sehari, bisa olahraga yang intensitasnya sedang, seperti senam kebugaran atau jalan cepat.

Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang secara rutin 5 kali dalam seminggu atau lebih.

Pilih Metode Memasak yang Lebih Sehat

Gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami salah satunya bisa dilakukan dengan memilih metode memasak yang lebih sehat.

Memasak makanan dengan cara digoreng memang mudah dan cepat. Tapi cara tersebut bisa menghancurkan kandungan vitamin yang ada dalam sayuran.

Apalagi dengan menambahkan mentega atau minyak ke dalam wajan, tanpa disadari jumlah lemak jenuh harian Anda pun akan bertambah.

Sarah Franciosci menyarankan agar memilih metode memasak yang lebih sehat, yang tidak membutuhkan banyak minyak atau mentega.

Metode memasak yang lebih sehat misalnya dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Metode bisa mengurangi lemak jenuh.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Menurunkan kolesterol tinggi secara alami bisa juga dengan menambah sayuran dan buah dalam menu harian Anda.

Ini adalah cara termudah guna meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin serta mineral yang sangat baik.

Sayuran dan buah mengandung vitamin C, folat, kalium, serta kaya akan serat yang bisa menjaga kesehatan usus.

Konsumsi sayuran dan buah setidaknya lima porsi piring dalam sehari untuk mendapatkan beragam vitamin dan serat.

Beberapa sayuran dan buah seperti buncis, kacang-kacangan maupun gandum mengandung serat larut. Kandungan ini akan membantu turunkan kolesterol.

Hindari Konsumsi Makanan Lemak Jenuh

Menurunkan kolesterol tinggi secara alami dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Sarah Franciosci menjelaskan, kandungan lemak tinggi bisa ditemukan dalam susu murni, krim, keju batang, mentega, kue biskuit, kue kering, dan dalam daging berlemak.

Sedangkan, lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan bisa Anda temukan dalam ikan kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, mackerel, dan minyak sayur/zaitun.

Makanan Aternatif Rendah Kolesterol

Menurunkan kolesterol tinggi dengan menghindari makanan tinggi lemak bisa diimbangi dengan asupan makanan alternatif yang rendah kolesterol, seperti yogurt dan selai.

Berhenti Merokok

Berhenti dari kebiasaan merokok juga dapat membantu Anda menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Pasalnya, rokok akan mengganggu kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan agar Anda berhenti merokok.

Penelitian menemukan, kebiasaan merokok bisa turunkan HDL atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh, dan juga pembuluh darah menjadi lebih kaku.

Kalau hal itu terjadi, maka risiko Anda terkena stroke dan penyakit jantung akan semakin meningkat.

Kontrol Berat Badan

Rutin mengontrol berat badan juga perlu Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

Kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Oleh karena itulah, bagi mereka yang memiliki obesitas disarankan untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat, demi menurunkan kolesterol.

Beberapa langkah untuk menurunkan kolesterol tinggi tersebut di atas dapat Anda lakukan dari sekarang.

Jangan lupa, periksa kadar kolesterol dalam tubuh Anda secara rutin sesuai dengan anjuran dari dokter. (Eva/R3/HR-Online)