Negara Bebas Corona Hingga Kini, Ini Daftarnya

Negara Bebas Corona
Ilustrasi negara bebas Corona. Foto : net/ist

Ternyata saat masih ada negara bebas Corona di belahan dunia ini. Meski wabah Covid-19 menyerang ke hampir seluruh negara, namun ada wilayah yang bebas Corona alias nol kasus virus tersebut.

Virus Corona ini sudah mewabah ke berbagai negara, dengan start mulai dari negara Tiongkok, sampai menyerang ke negara lainnya seperti Italia, Amerika Serikat, Korea Selatan sampai Indonesia.

Menurut Worldometers, penyebaran wabah Covid-19 tersebut sudah menyebar ke 200 negara serta wilayah di belahan dunia.

Selain itu, virus yang sedang viral ini sudah menginfeksi lebih dari 780 ribu orang secara global. Dengan angka yang meninggal dunia sampai lebih dari 37 ribu orang, serta yang sembuh mencapai 165 ribu orang lebih.

Akan tetapi, meski virus mematikan ini sudah menyerang secara masif di berbagai negara di dunia, bahkan korban terus dilaporkan meningkat, namun ada beberapa negara bebas Corona sampai saat ini.

Negara yang belum tersentuh atau nihil kasus Corona tersebut, bukan berarti kebal terhadap Covid-19. Namun ada berbagai alasan sehingga negara atau wilayah itu terbebas dari sebaran Coronavirus.

Penasaran negara mana saja? Berikut daftar negara bebas pandemi Corona.

Daftar Negara Bebas Corona

Korea Utara

Jika melihat secara geografis, tentu negara Korea Utara ini sangat besar kemungkinan terpapar virus Covid-19 ini. Pasalnya, Korut berbatasan langsung dengan negara asal Corona yaitu China, serta Korea Selatan yang juga tidak sedikit korban jiwa akibat virus ini.

Walaupun dekat dengan China dan Korsel, namun kenyataannya Korut merupakan negara bebas Corona, alias belum ada laporan terkait kasus tersebut sampai saat ini.

Mengutip dari berbagai sumber, setelah mengetahui virus Corona ini menyerang ke berbagai negara, Korea Utara mengambil langkah untuk menjaga dan melindungi negaranya dari serangan virus tersebut.

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu, mengambil langkah dengan mengontrol ketat tangki air serta reservoir. Selain itu, melakukan disinfeksi secara menyeluruh terhadap mata uang.

Yaman

Negara bebas Corona lainnya adalah Yaman. Sampai sekarang ini, secara resmi negara Yaman mengumumkan bahwa warganya belum ada yang terinfeksi Covid-19.

Saat di negara lain Corona menjadi momok yang menakutkan, namun untuk Yaman malah masalah lebih besar adalah krisis kemanusiaan, yang dikarenakan kelaparan, penyakit serta belum meredanya perang saudara.

Turkmenistan

Turkmenistan menjadi negara bebas Corona hingga saat ini. Langkah yang diambil oleh Turkmenistan agar terbebas dari serangan Covid-19 ini antara lain, melakukan kampanye tentang antisipasi Covid19 kepada warganya.

Selain itu, melakukan pembersihan massal serta melakukan pencegahan yang itu dengan cara membatasi perjalanan.

Bahkan menurut sumber, Turkmenistan membantu negara Iran yang mempunyai 32 ribu lebih kasus Corona, yaitu dengan mengirimkan pasokan makanan ke negara tersebut.

Tajikistan

Negara lainnya yang masih selamat dari serangan virus Corona adalah Tajikistan. Negara sempalan Uni Soviet di yang berada di benua Asia Tengah ini belum melaporkan kasus positif virus Corona.

Walaupun negara tersebut nihil kasus positif Corona, akan tetapi pihak berwenang di Tajikistan melakukan langkah tepat untuk mencegah virus mematikan ini menyerang negaranya.

Langkah tersebut antara lain membatasi pertemuan publik serta pembatasan pada perjalanan selama pandemi wabah ini berlangsung.

Negara Bebas Corona di Benua Afrika

Selain negara di atas, negara di benua Afrika sampai saat ini juga dikabarkan ada yang masih terbebas dari pandemi Corona.

Seperti Komoro yang berada di Afrika Barat. Padahal negara tersebut berbatasan dengan Afrika Selatan yang mempunyai kasus positif Corona lumayan parah. Namun kenyataannya negara itu menyatakan bersih dari pandemi.

Selain itu ada juga negara Burundi serta Malawi yang ada di Afrika Timur. Kedua negara itu juga menyatakan bebas dari wabah Covid-19.

Negara bebas Corona di benua Afrika lainnya yaitu Lesotho, yang berada di wilayah Afrika bagian Selatan. Negara itu dilaporkan belum menemukan satu pun kasus Covid-19.

Negara dan Wilayah Lainnya

Ada negara di wilayah Pasifik Selatan yang juga dikabarkan belum menemukan satu kasus pun terkait wabah virus Corona ini.

Negara bebas Corona di area Pasifik Selatan itu antara lain Vanuatu, Tuvalu, Kepulauan Solomon, Palau, Samoa, Mikronesia Nauru, Kepulauan Marshall serta Kepulauan Cook. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...