Obat Alami Sakit Maag Paling Ampuh

Obat Alami Sakit Maag Paling Ampuh
Obat alami sakit maag paling ampuh. Foto:Ist/Net

Obat alami sakit maag paling ampuh. Sakit maag kerap dianggap sepele, namun jika terus dibiarkan akan menjadi penyakit yang berbahaya. Apabila kamu mengalami gejala sakit maag seperti, perih, mual dan perut kembung, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan.

Selain menggunakan obat medis, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa meredakan dan mengobati sakit maag (asam lambung) yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di sekitar kita.

Namun sebelum kita uraikan obat alami sakit maag, anda perlu mengetahui apa itu sakit maag? Sakit maag atau asam lambung bisa mendera siapa saja tanpa mengenal batasan usia.

Selain perih, mual, muntah, sering sendawa dan perut kembung, gejala penyakit maag/asam lambung yang semakin parah bisa ditandai dengan perasaan terbakar pada dada, akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan

Obat Alami Sakit Maag Paling Ampuh

Setelah kita jelaskan apa itu sakit maag dan gejalanya, sekarang kita uraikan beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan penyakit asam lambung:

1. Kunyit

Obat alami sakit maag pertama yakni kunyit. Kunyit sudah menjadi obat tradisional yang digunakan orang Indonesia dari jaman dulu sebagai obat maag atau asam lambung.

Kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan minyak atsiri pada kunyit terbagi lagi dalam komponen yakni artumeron, tumerol, alfa atlanton, beta klairofilen, linalol, dan borneol.

Dalam minyak astiri juga terdapat beberapa senyawa lain seperti pati, lemak, protein, kamfer, resin, damar, kalsium, dan zat besi. Sudah banyak orang yang membuktikan, sakit maag (asam lambung) mereka sembuh dengan mengkonsumsi kunyit.

Untuk anda yang ingin membuat obat alami sakit maag dengan ramuan kunyit, berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama ambil 2 rimpang kunyit, lalu bersihkan dengan air sampai bersih, jangan lupa kupas kulit luarnya. Setelah itu, parut kunyit dan peras hasil parutan tersebut sampai mengeluarkan air.

Hasil perasaan kunyit tersebut minum secara rutin pagi hari dan sore hari sampai sakit maag anda reda. Obat alami asam lambung dari kunyit ini tidak seketika menyembuhkan sakit maag anda.

Anda akan merasakan manfaat kunyit untuk sakit maag jika pengobatan dilakukan secara rutin dan teratur agar khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

2. Jahe

Obat alami sakit maag berikutnya yakni jahe. Jahe memiliki kemampuan mengurangi produksi asam lambung, karena memiliki efek gastroprotektif. Jahe juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yang menjadi salah satu penyebab tukak lambung.

Anda bisa menjadikan jahe sebagai teh untuk mengobati sakit asam lambung. Caranyasangat mudah, anda tinggal merebus satu dua ptongan kecil jahe dengan air secukupnya.

Setelah dirasa matang, rebusan jahe tersebut campur dengan gula aren atau madu untuk menambah rasa agar lebih enak. Minum selagi hangat sebelum atau sesudah makan, untuk menurunkan gejala asam lambung yang anda derita.

Perlu diingat, konsumsi jahe sewajarnya saja untuk pengobatan asam lambung. Karena jika terlalu berlebihan bisa memperparah gejalan asam lambung, dengan timbulnya gas dan sensasi rasa terbakar di dada hingga tenggorokan.

3. Lidah buaya

Obat alami sakit maag yang ketiga adalah lidah buaya. Berbagai penelitian menyebut, penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung, merasa gejalanya GERD nya semakin baik setelah konsumsi jus lidah buaya, selama 4 minggu berturut-turut. Anda cukup mengkonsumsi jus lidah buaya rutin sehari sebanyak 10 mililiter saja.

Gejala naiknya asam lambung, seperti mual, muntah dan perut kembung akan membaik setelah anda konsumsi lidah buaya. Zat anti inflamasi yang terkandung dalam lidah buayabagik untuk pengobatan gangguan pencernaan dan mengurangi peradangan pada lambung.

4. Madu

Madu dipercaya sejak zaman dulu sebagai obat alami sakit maag atau asam lambung. Madu berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab rusaknya saluran pencernaan.

Sifat anti inflamasi pada madu, juga mampu mengobati peradangan di bagian esofagus atau kerongkongan yang terluka akibat naiknya asam lambung.

Untuk menjadikan madu sebagai obat asam lambung, anda cukup mengkonsumsinya sehari satu sendok makan sebelum makan. Bisa langsung diminum dengan air hangat, atau dicampur dengan teh dan lainnya.

Madu tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki riwayat sakit diabetes, karena kandungan gula pada madu cukup tinggi, yang bisa menyebabkan kadar gula pada tubuh naik.

5. Mentimun

Mentimun juga merupakan salah satu obat alami sakit maag yang bisa kamu konsumsi. Mentimun dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada perut akibat sakit maag. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung mentah-mentah (lalapan), ditumis, atau dijus.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau dipercaya bisa mengobati sakit maag lantaran mampu menebalkan lapisan lambung yang terkikis asam lambung. Kacang hijau juga ampuh menetralkan kadar asam lambung penyebab sakit maag. Kamu bisa mengomsumsi kacang ijo menjadi bubur kacang.

7. Teh Hijau

Mengandung antioksidan, teh hijau bisa jadi obat alternatif sakit maag. Teh hijau mampu melndungi lapisan lambung serta mengurangi gejala-gejala akibat sakit maag seperti mual-mual dan sakit kepala.

8. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang mengandung senyawa probiotik. Kandungan probiotik ini dipercaya bisa menyembuhkan luka atau pun iritasi pada lambung serta membunuh bakteri yang menyebabkan sakit maag.

Agar sakit maag atau asam lambung tak kambuh lagi, sebaiknya anda hindari berbagai makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti makanan tinggi lemak, makanan yang digoreng, cokelat, kopi, soda, alkohol, buah citrus dan makanan pedas.

Demikianlah kami uraikan beberapa obat alami sakit maag, yang bisa anda coba sendiri. Meski demikian, agar sakit maag yang anda derita cepat sembuh dan mudah kambuh, anda perlu menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat! (Jujang/R8/HR Online)

Loading...