ODP/PDP di Ciamis yang Sakit Ringan Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

isolasi mandiri
Ilustrasi isolasi mandiri. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Tidak semua pasien dalam pemantauan maupun pengawasan dirawat di rumah sakit. Jika sakitnya cukup ringan maka diharuskan untuk isolasi mandiri di rumah.

“Sudah mulai diterapkan prosedur dan protokol isolasi mandiri di rumah, baik untuk pemantauan atau pasien yang sedang pengawasan sakit ringan dilakukan isolasi di rumah,” ujar dr Bayu Yudiawan, juru bicara Covid-19 Center Ciamis, Senin (6/4/2020).

Protokol isolasi mandiri yang dijalani ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sakit ringan adalah tidak boleh beraktifitas di luar rumah selama 14 hari. Selain itu juga meminimalisir interaksi dengan keluarga.

“Baik itu ODP atau PDP yang dalam kondisi sakit ringan maka isolasi di rumah, otomatis tidak boleh beraktifitas selama 14 hari, juga interaksi dengan keluarga diminimalisir,” lanjut dr Bayu.

Selain itu, protokol isolasi mandiri adalah dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak dengan orang lain.

“Terapkan physical distancing sejauh 4 kaki atau sekitar 1,5 meter sampai 2 meter,” katanya.

Selama menjalani isolasi mandiri, lanjut dr Bayu, banyak kesulitan yang dihadapi oleh ODP maupun PDP, karena itu dia mengimbau agar masyarakat membantu ODP/PDP dalam menjalani karantina.

“Banyak hambatan isolasi mandiri terutama dalam aktifitas mencari makan dan usaha, masyarakat agar saling gotong royong kepada masyarakat yang terdampak.

Bayu menambahkan, warga Ciamis yang memiliki tetangga dengan status ODP, maka diimbau untuk membantu dan memberikan semangat sampai selesai masa isolasi.

“Mari saling bergotong-royong saling membantu. Bagi tetangga atau warga yang status ODP agar dibantu dan dorong semangat mereka agar selesai melaksanakan isolasi. Bantu mereka secara kebutuhan konsumsi (logistik) disimpan di teras rumahnya untuk membantu,” tandasnya.

Update Data Covid-19 di Ciamis

Sementara itu, data Covid-19 di Kabupaten Ciamis menunjukkan, saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Ciamis sebanyak 1.284 orang, dimana 264 diantaranya telah selesai melewati masa pemantauan, sisanya sebanyak 1.020 orang masih menjalani masa pemantauan.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Ciamis sebanyak 10 orang. Tiga orang diantaranya selesai masa pengawasan. Sementara sisanya 6 orang masih dalam pengawasan dan perawatan. Selain itu, terdapat 1 orang PDP di Ciamis meninggal dunia, namun hasil rapid tes menunjukkan negatif Covid-19.

Satu orang pasien dinyatakan positif Covid-19, saat ini pasien dirawat di rumah sakit di luar Kabupaten Ciamis.

Selain ODP, PDP dan pasien positif Covid-19, ada juga 20.733 orang pemudik yang dalam pemantauan atau berstatus Migrasi Dalam Pemantauan.  (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...