Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisMeski Harga Stabil, Omset Penjualan Telur Ayam di Ciamis Turun Drastis Akibat...

Meski Harga Stabil, Omset Penjualan Telur Ayam di Ciamis Turun Drastis Akibat Corona

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Harga telur ayam di Ciamis saat ini terbilang stabil. Salah seorang penjual telur Dodi (49) mengatakan, harga jual telur ayam ke pedagang di pasar saat ini Rp 22.500/kilogram. Kata dia, harga tersebut terbilang sangat stabil di saat pandemi corona.

“Jika harga daging ayam kemarin sempat anjlok, harga telur tetap stabil, paling turun Rp 500/kilogram,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

Meski harga stabil, Dodi mengaku omset penjualan telur ayam mengalami penurunan cukup drastis. Sebelum ada wabah corona, dalam satu hari Dodi bisa mengeluarkan 20 sampai 30 peti telur berisi 15 kilogram telur ayam. Namun semenjak ada virus corona, dalam sehari Dodi hanya mampu mengeluarkan 10 peti saja.

“Sekarang hanya memenuhi kebutuhan pedagang di pasar saja, biasanya kan sama warung nasi atau rumah makan. Sedangkan saat ini kan rumah makan banyak yang tutup,” kata Dodi.

Di pasar Ciamis juga saat ini telur ayam kurang laku. Dodi yang biasa menjual sekitar 15 peti telur ke pedagag pasar, kini hanya mampu menjual 6 peti telur ayam saja.

“Orang yang ke pasar saat ini masih sedikit gara-gara corona, pantas saja penjualan telur jadi menurun,” ucapnya.

Dodi berharap pandemi corona bisa segera berakhir dan aktivitas bisa berjalan seperti biasanya.

Seorang pengunjung pasar Ciamis yang kebetulan tengah membeli telur, Rahma (24) mengakui jika harga telur tidak berubah meski saat ini terjadi wabah virus corona.

“Satu kilogram telur sekarang masih Rp 24.000/kilogram, ya masih normal tidak seperti daging ayam yang kemarin sempar anjlok,” ujarnya.

Menjelang bulan puasa, dia berharap harga telur dan kebutuhan pokok lainnya di pasar Ciamis bisa tetap stabil. (Jujang/R8/HR Online)