OnePlus Bullets Wireless Z, Earphone Anti Air dengan Teknologi Warp Charge

earphone OnePlus Bullets Wireless Z
Earphone OnePlus Bullets Wireless Z. Foto : OnePlus

OnePlus Bullets Wireless Z merupakan salah satu aksesori besutan startup pabrikan ponsel dari Tiongkok. Aksesori audio Bullets Wireless Z ini diperkenalkan bersamaan dengan HP OnePlus 8 dan 8 Pro.

Kehadiran Bullets Wireless Z dari OnePlus ini, bisa menjadi pesaing dua wireless headphone Oppo Enco W31 dan Enco M31, yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Wireless earphone seri Z itu sekaligus menjadi pendukung dari smartphone besutan OnePlus, yang harganya dijual relatif ramah di kantong.

Meski harganya tidak bikin kantong bobol, namun earphone Bullets Wireless Z dibekali dengan fitur terkini, dan berkualitas baik serta desain yang menarik.

Sebagai penerus dari Bullet Wireless 2 yang diluncurkan tahun lalu, tentu fitur dan spek yang dibawa lebih bagus atau mengalami peningkatan.

Desain OnePlus Bullets Wireless Z

Dari segi bentuk serta dimensinya nyaris identik dengan versi sebelumnya. Bullets Wireless Z sendiri berdesain magnetik.

Jadi, karena bukan earphone true wireless stereo, tapi tetap koneksi dengan kabel dan neckband, maka perangkat ini bisa ditempelkan atau dikalungkan ketika tidak dipakai.

Sedangkan untuk bahan atau material memakai plastik guna meningkatkan durabilitas, sehingga bisa lebih aman saat dipakai ketika melakukan olahraga di luar ruangan.

Sementara bagian warna hadir dalam 4 warna yang elegan, seperti oat, hitam, mint dan biru. Tidak seperti varian sebelumnya yang hanya 2 warna.

Fitur

Perangkat Bullets Wireless Z ini rupanya tidak keberatan jika diajak untuk hujan-hujanan. Pasalnya, sudah dibekali dengan sertifikasi IP55, yang artinya antiair.

Sedangkan untuk mengontrol lagu, karena dengan adanya magnet, maka tinggal melepaskan earbud yang satu dengan lainnya untuk melanjutkan mendengarkan lagu.

Jika sudah selesai mendengarkan lagu, maka untuk menghentikan secara otomatis tinggal tempelkan kedua earbud itu.

Selain itu, tersedia juga fitur one-tap connect, yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik smartphone OnePlus yang sudah terkoneksi dengan Bullets Wireless Z ini.

Baterai

Dari segi baterai, Bullets Wireless Z lebih baik dari seri sebelumnya. Baterainya itu bisa bertahan sampai 20 jam nonstop, dalam sekali isi ulang.

Sebagai perbandingan, untuk seri Bullets Wireless 2 hanya bisa bertahan sampai 14 jam lamanya.

Sementara untuk pengisian daya bisa memakai port USB-C atau juga dapat terkoneksi dengan Bluetooth 5.0.

Salah satu kelebihan di sektor baterainya ini, adalah earphone nirkabel tersebut menghadirkan teknologi Warp Charge atau fast charging.

Sehingga, dengan isi ulang dalam waktu 10 menit, dapat mendengarkan lagu sampai 10 jam non-stop.

Sedangkan apabila baterainya itu terisi penuh, maka perangkat besutan OnePlus ini bisa memutar musik sampai 20 jam lamanya tanpa berhenti.

Audio

Salah satu kekurangan dari Bullets Wireless Z besutan OnePlus ini adalah di bagian audio atau kualitas suaranya.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang mengemas dynamic driver plus balanced armature driver berdiameter lebih besar yakni 10 mm.

Sedangkan, Bullets Wireless Z secara teknis dibekali driver audio atau dynamic driver dengan diameter 9,2 mm.

Akan tetapi, untuk menambal kekurangannya itu, OnePlus menghadirkan fitur terbaru yaitu low latency mode.

Fitur ini lumayan penting untuk pengguna ponsen Android yang ingin bermain game dengan memakai earphone nirkabel ini.

Jadi, dengan adanya dukungan codec sampai aptX HD, maka suara yang dihasilkan tetap berkualitas terbaik.

OnePlus Bullets Wireless Z sendiri dijual lebih murah daripada generasi sebelumnya yaitu Bullets Wireless 2. Untuk harga Bullets Wireless Z dibanderol 49,95 dollar AS atau sekitar Rp 770 ribuan. (Adi/R5/HR-Online)