Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisPAN Bagikan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer di Pasar-pasar Ciamis

PAN Bagikan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer di Pasar-pasar Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- PAN bagikan masker dan hand sanitizer ke pasar-pasar yang ada di Kabupaten Ciamis.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ciamis, membagikan ribuan masker dan juga hand sanitizer di Pasar Ciamis, Kamis (9/4/2020).

Selain masker dan hand sanitizer, sejumlah kader PAN juga membagikan pamflet cara membersihkan tangan kepada warga di pasar. Pedagang, pembeli dan juga para tukang ojek di pasar kebagian masker. Bantuan diberikan dalam rangka penanganan wabah virus Corona Covid 19.

Sekertaris DPD PAN Ciamis, Sugianto, ketika ditemui HR, Selasa,(9/4/2020), mengatakan, pemberian masker dan hand sanitizer ini tiada lain untuk membantu warga menjaga kesehatan dalam kondisi wabah virus Corona saat ini.

“Pembagian masker dan hand sanitizer ini rencananya kita empat hari, dimulai hari Selasa hingga Jum’at mendatang dengan jumlah keseluruhan masker yang diberikan sekitar lima ribu dan pembersih tangan juga sama jumlahnya,” ungkapnya.

Kata Sugianto, sasarannya para pedagang di pasar-pasar setiap kecamatan, tidak hanya itu, masker dan hand sanitizer juga diberikan kepada warga lain yang melintas di jalan.

Menurut Sugianto, sekarang masker sangat penting untuk digunakan warga, setelah pemerintah Ciamis mewajibkan warganya memakai masker ketika keluar rumah. Hal tersebut yang mendorong PAN dengan sukarela memberikan masker.

“Saat ini masker menjadi hal wajib yang harus digunakan seluruh warga Kabupaten Ciamis,  terlebih jika bepergian keluar rumah, sehingga masker ini bisa melindungi diri dari wabah virus Corona yang mana kabupaten Ciamis ini sedang melakukan penanganan,” jelasnya.

Sugianto melanjutkan, untuk masker yang dibagikan di hari pertama, jumlahnya 1200 masker dan 1000 botol hand sanitizer isi 60 mililiter. Pembagian hari pertama dilakukan di pasar Bojongjengkol Kecamatan Cihaurbeuti, lalu diteruskan ke pasar Panjalu dan Cipaku.

Hari kedua, masker dibagikan di pasar Banjarayar, Banjarsari dan Pamarican. Sementara hari ketiga, pembagian masker dilakukan di pasar Rancah, Rajadesa, dan besok langsung ke pasar Ciamis.

Dia berharap bantuan yang diberikan kepada warga bisa bermanfaat dan sebagai pelindung diri dari ancaman wabah virus Corona. Selain itu juga membuat warga selalu menjaga kesehatan.

“Pembagian ini dilakukan secara serentak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, hal itu guna menghindari adanya kerumunan warga dan secara langsung kita mendatangi pedagang yang akan diberikan masker dan pembersih tangan,” jelasnya.

Kata dia, kondisi pasar sekarang sangat berbeda sekali ketika pandemik virus Corona, karena banyak lapak dagangan yang kosong, sehingga tidak terlihat kerumunan pembeli.

“Kami juga memberitahukan kepada setiap warga untuk senantiasa menjaga kesehatan salah satunya dengan membiasakan mencuci tangan setelah atau sebelum aktifitas, terutama warga pasar pastinya setiap hari terkena kotoran,” tandasnya. (Es/R7/HR-Online)