Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisPasien Positif Corona di Ciamis Membaik dan Sudah Bisa Bicara

Pasien Positif Corona di Ciamis Membaik dan Sudah Bisa Bicara

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kabar yang mengatakan pasien positif Corona di Ciamis meninggal adalah kabar bohong. Hal itu ditegaskan oleh dr Bayu Yudiawan, juru bicara Covid-19 Center Ciamis, saat konferensi pers, Kamis (2/4/2020).

“Kabar bahwa pasien positif Corona meninggal, itu tidak tepat, pasien masih stabil, ada penyakit stroke dengan usia lanjut,” katanya.

Namun, Bayu mengatakan, kondisi pasien sempat memburuk karena Hemoglobin rendah, namun setalah dilakukan tindakan, kondisi pasien stabil, bahkan sudah bisa bicara.

“Sempat inval karena HB (Hemoglobin) rendah, setelah transfuse beberapa labu keadaannya sudah baik dan bisa bicara,” kata dr Bayu.

Sementara itu, beberapa tindakan dilakukan oleh tim gugus penanganan Covid-19 Ciamis setelah adanya pasien positif Corona di Ciamis.

“Ada beberapa hal yang menjadi tindak lanjut setelah dilakukan tracing dan kajian epidemilogi, ada kontak erat dengan pasien positif selama masa inkubasi,” kata dr Bayu.

Saat ini, lanjut dr Bayu, sebanyak 20 orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif Corona di Ciamis mengkuti rapid tes.

“Ada kontak erat dengan pasien positif selama masa inkubasi (14 hari) sebanyak 20 orang, dilakukan rapid diagnostic test, meskipun hasil belum didapatkan dan belum pasti, tapi karena ditakutkan terpapar Covid-19, maka demi kehati-hatian ada upaya pencegahan,” terangnya.

Bayu mengatakan, saat ini ada dua dusun yang melakukan protap isolasi mandiri di rumah dengan koordinasi aparat dan tokoh masyarakat setempat.

“Ada satu dusun yang kita lakukan protap isolasi mandiri di rumah dengan koordinasi aparat dan tokoh masyarakar setempat dan dusun lainnya di tempat asal atau tempat yang didiami oleh pasien positif tersebut,” ungkap Bayu.

Sebelumnya, santer terdengar kabar pasien positif Corona di Ciamis meninggal dunia. Kabar tersebut merebak di media sosial Facebook sampai pesan WhatsApp.

Kabar meninggalnya pasien positif Corona itu merebak setelah Bupati Ciamis, mengumumkan adanya pasien positif terpapar Corona dari anaknya yang datang dari zona merah.

Pasien diketahui merupakan seorang perempuan berusia 72 tahun dan memiliki riwayat penyakit penyerta, yakni sakit stroke. (ES/R7/HR-Online)