Update 22 April 2020; Pasien Positif Covid-19 di Kota Banjar Bertambah Jadi 7 Orang

Pasien Positif Covid
Sumber data: Tim Terpadu COVID-19 Crisis Center Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pasien positif Covid-19 atau virus Corona di Kota Banjar, sampai Rabu (22/4/2020) pukul 14.00 WIB, kembali bertambah menjadi tujuh orang.

Juru bicara Covid-19 Crisis Center Kota Banjar, Tomy Subagja, menuturkan, tujuh orang pasien positif Corona itu, 4 orang masih dalam perawatan, 2 orang sembuh dan 1 meninggal dunia.

“Untuk 2 orang yang sembuh berasal dari Kota Banjar 1 orang dan luar Banjar,” tuturnya kepada HR Online via pesan singkat, Rabu (22/4/2020).

Tomy menjelaskan, bahwa penambahan 1 orang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR.

“Pasien positif Covid-19 yang baru itu berjenis kelamin perempuan, usia 23 tahun, dengan alamat Lingkungan Cikabuyutan Barat, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman,” jelas Tomy.

Sementara itu, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Banjar mengalami penurunan dari hari sebelumnya yang mencapai 68 orang. “ODP untuk hari ini berjumlah 61 orang,” katanya.

Namun, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami kenaikan jika dibandingkan hari Selasa (21/4/2020), dengan jumlah 36 orang.

Sedangkan PDP hari ini mencapai 44 orang, dengan rincian 26 orang dari Kota Banjar, dan 18 orang luar Banjar.

Perubahan status terjadi pada orang tanpa gejala (OTG), yang di hari sebelumnya mencapai 89 orang kini sampai 86 orang.

“Terjadi perubahan status atas 3 orang, yang semula OTG kini menjadi PDP,” terang Tomy.

Berdasarkan konfirmasi terakhir dari 86 OTG tersebut, terdiri atas 75 orang berdomisili di Kota Banjar. Sedangkan sisanya 11 orang berdomisili di luar Kota Banjar.

“Sehingga OTG yang menjadi wajib pantau oleh Dinas Kesehatan Kota Banjar saat ini berjumlah 75 orang,” ucapnya.

Data Pasien Positif Covid-19 Terbaru Dibantah

Kepala Puskesmas Pataruman 1 Kota Banjar, dr. Ika, membantah data Covid-19 terbaru dari Crisis Center Kota Banjar.

Dalam data resmi dari Crisis Center Kota Banjar, menyebutkan bahwa pasien positif Covid-19 terbaru itu adalah perempuan usia 23 tahun, dari Lingkungan Cikabuyutan Barat, Kelurahan Hegarsari, Kec Pataruman.

Namun, menurut dr. Ika, orang yang positif itu merupakan warga Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar, bukan Kelurahan Hegarsari.

Sementara saat HR Online mengkonfirmasi ke Kepala Puskesmas Banjar 1, dr sari Wiharso, menjawab belum pasti. “Masih ditelusuri oleh kami,” jawabnya singkat.

Namun yang pasti, lanjutnya, saat ini tim Puskesmas Banjar 1 sedang melakukan tracking atau penelusuran kontak erat pasien positif Covid-19. (R5/HR-Online)