Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita CiamisPeduli Jalan Rusak, Warga Sindangjaya Ciamis Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

Peduli Jalan Rusak, Warga Sindangjaya Ciamis Lakukan Perbaikan Secara Swadaya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-  Warga Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, memperbaiki jalan di lingkungan tersebut secara swadaya.

Kepala Dusun Sindangjaya, Jajang mengatakan, perbaikan akses jalan yang berada di wilayah dusunnya itu merupakan inisiatif warga.

Sementara biaya dan tenaga untuk segala kebutuhan perbaikan jalan, dilakukan secara swadaya dan gotong royong.

“Alhamdulilah, berkat peranserta dan partisipasi masyarakat, perbaikan jalan bisa terselesaikan,” kata Jajang kepada HR Online, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, meski jalan tersebut berada di penghujung desa, namun akses jalan tersebut sangat produktif.

Sehingga, melihat akses jalan mengalami kerusakan dan sulit dilewati kendaraan, maka warga Dusun Sindangjaya langsung bermusyawarah untuk memperbaikinya.

“Menyadari akan pentingnya akses jalan yang memadai, warga masyarakat rela mengorbankan harta dan tenaganya,” ucapnya.

Pasalnya, lanjut Jajang, jika jalan tersebut rusak dan sulit dilalui oleh kendaraan bukan hanya mobilitas menjadi tersendat, namun tentu juga akan memperlambat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Maka dengan kondisi jalan yang sudah baik, bukan hanya urusan pemerintahan saja yang akan menjadi lancar, akan tetapi dapat mendongkrak laju roda perekonomian masyarakat.

Sebab, katanya, akan memudahkan masyarakat membawa hasil pertanian ke pasar, atau para pedagang keliling.

“Jadi, baik buruknya akses jalan, akan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Oline)