Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPemdes Cigayam Banjaranyar Ciamis Terus Benahi Infrastruktur

Pemdes Cigayam Banjaranyar Ciamis Terus Benahi Infrastruktur

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com).- Pemerintah Desa / Pemdes Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, terus berbenah membangun infrastruktur jalan lingkungan. Pembangunan tersebut didanai dari anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019.

Sekretaris Desa Cigayam, Entis Sutisna, kepada HR Online, membenarkan upaya yang dilakukan pihaknya.

Entis menuturkan, Pemdes Cigayam akan terus membuat terobosan di sektor pembangunan demi terwujudnya peningkatan sarana ekonomi masyarakat. 

“Pemdes Cigayam pada tahun anggaran 2019, alhamdulillah sudah menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan. Khususnya yang didanai dari dana desa maupun bantuan keuangan lainnya,” katanya.

Dalam hal ini, kata Entis, upaya peningkatan sarana infrastruktur menjadi salah satu prioritas, sehingga bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Entis, selama tahun anggaran 2019, Desa Cigayam telah menyelesaikan beberapa titik pembangunan yang didanai dari anggaran Dana Desa.

“Semua pekerjaan alhamdulillah telah selesai dikerjakan dan diterima oleh pemerintah Kabupaten Ciamis, secara pelaporan dan pemeriksaannya.  Begitupun kegiatan pembangunan ini tak lepas dari peran serta PPK serta semua masyarakat Desa Cigayam yang telah bersatu-padu membangun desa,” katanya.

Lebih lanjut, Entis menuturkan, Desa Cigayam kembali akan fokus terhadap sektor pembangunan melalui anggaran Dana Desa tahun 2020. 

“Insyaallah kita akan terus berupaya untuk menjalankan amanah, demi tercapainya tujuan desa yang mandiri dan berkembang di setiap sektor pembangunan fisik maupun non fisik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PPK Desa Cigayam, Sumarna, mengatakan, selama dirinya dipercaya oleh Pemdes Cigayam, ia mengaku telah melakukan beberapa kegiatan pembangunan sesuai dalam perencanaan.

“Di tahun 2019 kemarin, Desa Cigayam telah mengalokasikan anggaran pembangunan beberapa titik jalan rabat beton serta pembangunan Tembok Penahan Tebing (TPT). Untuk jenis pembangunannya, kami lakukan secara bertahap sesuai anggaran, yaitu tiga tahapan,” katanya.

DD Tahap Pertama

Untuk dana desa tahap pertama, kata Sumarna, anggaran dana desa dialokasikan untuk pembangunan jalan rabat beton di Dusun Pangadegan RT 01.

Kemudian pembangunan rabat beton di Dusun Pangadegan RT 02. Pembangunan rabat beton di RT 02, Cipagadungan dan Pembangunan TPT di Dusun Pangadegan.

DD Tahap Kedua

Selanjutnya, kata Sumarna, untuk tahap dua, anggaran dialokasikan untuk pembangunan rabat beton di Dusun Mekarjaya RT 01, rabat beton di Dusun Mekarjaya RT 06.

Kemudian rabat beton di Dusun Pangadegan RT 04, rabat beton Dusun Mekarjaya RT 02, RT 03 dan RT 04.

Pembangunan TPT di Dusun Pangadegan RT 04, rabat beton di Dusun Sidamulya RT 06,  dan Pembangunan TPT di Dusun Sidamulya RW 06.

Pemdes Cigayam Banjaranyar Ciamis Terus Benahi Infrastruktur

DD Tahap Ketiga

Sedangkan pembangunan fisik DD tahap ketiga, Sumarna menambahkan, diantaranya untuk rabat beton di Dusun Sukadana dan rabat beton di Dusun Purwasari.

Kemudian pembangunan TPT di Dusun Purwasari dan TPT di Dusun Sidamulya, serta pembangunan Plat Deker di Dusun Sidamluya RW 06.

Selain pembangunan fisik, Pemdes Cigayam juga mengalokasikan anggaran penambahan modal Bumdes.

Pada kesempatan yang sama, pengurus BUMDes Desa Cigayam, Ihsyan Permana, menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan evaluasi serta pembenahan guna Bumdes.

“Insyaallah kedepannya, kami akan kelola Bumdes sampai berkembang dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu kami juga selalu transparan dalam hal pengelolaannya,” katanya. (Suherman)