Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisPermudah Kordinasi Penanganan Covid-19, Pemdes Jalatrang Ciamis Bentuk Gugus Tugas

Permudah Kordinasi Penanganan Covid-19, Pemdes Jalatrang Ciamis Bentuk Gugus Tugas

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sebagai upaya pencegahan dan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Ciamis, Pemerintahan Desa Jalatrang membentuk Gugus Tugas Penanggulangan/ kesiapsiagaan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Pembentukan gugus tugas penanggulangan Covid-19 ini dilaksanakan Senin (30/3/2020) dan ditandai dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Jalatrang Nomor: 440/Kpts 5 -Ds./III/2020.

Pjs Kepala Desa Jalatrang yang juga Ketua Gugus Tugas Penanggulagan Covid-19 Desa Jalatrang, Arif Riswanto, SE, mengatakan, dibentuknya gugus tugas tersebut merupakan hasil musyawarah dengan BPD dan tokoh agama serta bidan desa yang ada di Desa Jalatrang.

“Pembentukan gugus tugas penanggulangan Covid-19 ini untuk memperlancar proses koordinasi untuk menentukan langkah-langkah dalam pencegahan serta penanggulangan virus corona di Desa Jalatrang,” ujarnya.

Dalam pembentukan gugus tugas tersebut, pihaknya melibatkan berbagai unsur yang ada di wilayah Desa Jalatrang, dari mulai Babinsa, Babinkamtibmas, Perangkat Desa, Kepala Dusun, BPD, LPM, Bidan Desa, RW, RT, Kader, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna.

“Diharapkan dengan terbentuknya Gugus Tugas tersebut dapat mempercepat penanganan penyebaran virus Corona di wilayah Desa Jalatrang,” katanya.

Setelah terbentuknya Gugus Tugas, pihaknya langsung bergerak dengan melakukan penyemprotan disinfektans ke fasilitas-fasilitas umum seperti masjid, madrasah, sekolah dan lainnya yang dilaksanakan serempak ke tiap dusun.

Sementara itu, Ketua Bidang Pemantauan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Desa Jalatrang, Hj. Ai Marlina, Am.Keb, berharap kepada semua masyarakat, khususnya yang pulang dari perantauan, agar mengikuti dan patuh terhadap aturan pemerintah terkait protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Menurut dia, sampai saat ini untuk di wilayah Desa Jalatrang sudah ada 106 orang ODP yang terdata dan terlapor di Gugus Tugas Desa Jalatrang.

“Penanganan COVID-19 ini harus menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintahan, lembaga terkait dan juga tingkat kesadaran masyarakat dalam mengikuti aturan pemerintah, sehingga kita semua cepat keluar dari permasalahan ini,” ucapnya. (Jujang/Koran HR)